Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya Secara Alami dan Aman

rina

Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya secara alami dan aman - Rambut yang lebat, indah, sehat, dan terawat, tentu menjadi idam-idaman bagi setiap orang, khususnya bagi para wanita yang lebih memperhatikan penampilan. Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan rambut seperti yang diidam-idamkan tersebut?

Untuk mendapatkan rambut yang indah, lebat, dan sehat, tentunya yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan perawatan secara rutin. Dalam melakukan perawatan juga harus memperhatikan petunjuk yang benar. Jika anda salah melakukan perawatan dan menggunakan produk yang tidak cocok, maka bisa menyebabkan rambut rusak dan rontok. Ya, rambut akan rontok lebih banyak dari biasanya. Inilah hal yang sering dialami oleh para wanita.

Kerontokan pada rambut memang bisa disebabkan karena kurangnya perawatan dan juga melakukan perawatan yang salah. Alhasil, rambut menjadi kering, rusak, menipis, dan mudah rontok. Selain itu, ada juga penyebab lain dari rambut rontok. Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok:
Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya Secara Alami dan Aman
Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya Secara Alami dan Aman

Penyebab rambut rontok

  • Kurang nutrisi
  • Rambut kering
  • Perubahan hormon
  • Terlalu sering mencuci rambut
  • Efek samping obat
  • Stres
  • Penyakit anemia
  • Berenang berlebihan atau terlalu lama
  • Sinar matahari dan polusi udara
  • Sering atau terlalu lama mengikat rambut
  • Penyakit tertentu
  • Kehamilan
  • Kebiasaan merokok
  • Infeksi pada kulit kepala

Cara alami mengatasi rambut rontok

Nah, mungkin setelah anda tahu beberapa penyebab dari rambut yang rontok, pasti akan bertanya-tanya bagaimana cara mengatasinya. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasi rambut rontok secara alami dan lebih aman:

1. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya telah dipercaya mampu menjaga kelembaban dan kesehatan rambut. Bahkan telah banyak produk perawatan rambut yang mnggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya. Kandungan yang ada didalamnya bukan hanya membuat rambut menjadi lebih sehat, namun juga lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut dengan baik. Usapkan saja gel lidah buaya pada kulit kepala dan rambut anda. Tunggu 15-20 menit dan bilas dengan air. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Baca juga : Manfaat luar biasa lidah buaya untuk kecantikan rambut

2. Santan

Jika biasanya santan digunakan sebagai campuran bahan masakan, sekarang anda bisa memanfaatkan santan untuk merawat rambut anda agar terbebas dari kerontokan. Kandungan vitamin B, zat besi, kalsium, dan lainnya yang dapat membuat rambut menjadi lebih kuat, sehat, dan lebat. Siapkan santan satu gelas, bersihkan rambut dulu, oleskan santan pada seluruh kulit kepala disertai pijatan perlahan. Diamkanlah selama 1 jam dengan ditutup handuk. Lalu bilas dengan air dingin.

Baca juga : Manfaat santan kelapa untuk kesehatan dan kecantikan rambut dan kulit kepala

3. Teh hijau

Teh hijau memang memiliki rasa yang membuat kita ketagihan jika dikonsumsi. Namun tahukah anda sebenarnya teh hijau dapat anda jadikan bahan alami untuk perawatan rambut? Kandungan antioksidan didalamnya mampu mengurangi kotoran pada rambut dan memberikan efek kesegaran pada kulit kepala anda. Caranya, diamkan teh semalaman hingga basi, lalu basuhkan semua teh pada kulit kepala anda dan rambut anda. Lalu bersihkan dengan air hangat.

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan jeruk nipis juga dapat anda manfaatkan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Cukup usapkan irisan jeruk nipis pada rambut dan kulit kepala anda hingga merata. Tunggu 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

 Baca juga : Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan

5. Menggunakan madu

Madu telah dipercaya akan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari madu adalah mencegah dan mengatasi kerontokan rambut. Anda cukup menjadikan madu sebagai masker rambut alami. Oleskan pada kulit kepala dan lakukan pijatan secara perlahan. Tunggu 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat madu untuk kecantikan rambut

6. Yogurt

Yogurt bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh anda saja, tapi juga sangat baik untuk perawatan rambut anda. Anda bisa memanfaatkan yogurt untuk mengatasi kerontokan. Oleskan yogurt pada kulit kepala dan rambut anda. Tunggu 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Baca juga : Manfaat masker yogurt untuk kecantikan dan cara membuatnya

7. Kemiri

Kemiri memiliki kandungan alami yang dapat membuat rambut menjadi lebih hitam alami, sehat, serta kuat. Sehingga akan terbebas dari kerontokan. Sangrailah kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Lalu kemudian tumbuk hingga halus dan mengeluarkan minyak. Lalu usapkan pada rambut anda merata. Kemudian keramas menggunakan sampho.

8. Minyak lavender

Mungkin biasanya anda menggunakan minyak lavender untuk mengusir nyamuk dari ruangan anda. Namun tahukah anda kalau ternyata minyak lavendir bisa anda gunakan untuk perawatan rambut? Caranya, gunakan minyak lavender untuk anda usapkan pada rambut dan lakukan pijatan perlahan. Kemudian tunggu selama beberapa menit sekitar 15 menit. Bilas dengan air berih.

9. Putih telur

Putih telur biasanya digunakan untuk perawatan kulit wajah. Namun anda juga bisa menggunakannya untuk perawatan kulit kepala dan rambut anda agar terbebas dari kerontokan. Pisahkan kuning dan putih telurnya. Lalu aduklah putih telur hingga membentuk pasta. Gunakan pada rambut anda secara merata. Tunggu beberapa menit dan keramaslah dengan sampho.

Baca juga : Manfaat masker putih telur dan cara membuatnya

10. Bawang putih

Bawang putih buikan hanya digunakan sebagai campuran bumbu masakan saja, tapi juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah kerontokan pada rambut anda. Anda bisa menggunakan bawang putih sebagai masker rambut alami. Haluskan bawang putih dan balurkan pada kulit kepala dan rambut anda merata. Tunggu beberapa saat dan bilas dengan air lalu keramas dengan sampho.

Baca juga : Manfaat dan efek samping bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan

11. Bawang merah

Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Sifat antibakteri pada bawang merah ini dapat anda manfaatkan untuk merawat rambut anda dari kerusakan. Parutlah bawang merah dan saringlah. Lalu oleskan pada kulit kepala anda hingga merata. Tunggu beberapa saat dan bilas dengan air hangat. Jangan lupa keramas.

Baca juga : Manfaat bawang merah untuk kesehatan dan kecantikan

12. Jahe

Jahe memang memiliki rasa dan aroma yang khas sebagai obat tradisional. Selain menyehatkan tubuh, jahe juga dapat membantu mengatasi kerontokan rambut. Anda cukup memarut jahe dan tambahkan minyak wijen. Lalu oleskan pada kulit wajah anda merata. Tunggu beberapa saat sekitar 10 menit. Lalu bersihkan dengan air bersih.

Baca juga : Manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan

Demikianlah informasi tentang  Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya Secara Alami dan Aman. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.