Cara Alami Mengobati Diabetes atau Kencing Manis

rina

Cara alami mengobati diabetes atau kencing manis - Diabetes atau kencing manis adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kenaikan kadar gula darah didalam tubuhnya. Kenaikan kadar gula darah ini melebihi batas normal. Sehingga menyebabkan terjadinya kencing manis atau diabetes.

Penyakit diabetes atau kencing manis ini disebabkan oleh kurangnya insulin, hal ini dikarenakan tubuh tidak mampu memanfaatkan insulin. Jika tidak segera ditangani atau diobati, diabetes ini bisa menyebabkan penurunan berat badan, penglihatan semakin kabur, luka sulit sembuh, sakit kepala, dan gatal. Itu sebabnya mengapa penderita diabetes harus segera mengobatinya.

Penyakit diabetes bisa menyebabkan penderitanya mengalami komplikasi penyakit yang cukup lama. Oleh sebab itu, segeralah obati kencing manis dengan obat yang cocok. Tentunya dengan obat-obat alami yang menggunakan bahan-bahan alami. Namun sebelumnya, ketahuilah berikut ini beberapa faktor penyebab diabetes.
Cara Alami Mengobati Diabetes atau Kencing Manis
Cara Alami Mengobati Diabetes atau Kencing Manis

Faktor penyebab penyakit diabetes

  • Faktor keturunan
  • Obesitas atau kegemukan yang biasa terjadi pada usia 40 tahunan
  • Terjadinya kerusakan pada sistem pankreas
  • Kadar kolesterol yang terlalu tinggi
  • Tekanan darah yang tinggi
  • Kebiasaan merokok dan sering mengalami stres
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat
  • Gaya hidup yang kurang sehat dan terlalu sering mengkonsumsi makanan instan atau junkfood.

Cara alami mengobati diabetes

1. Mengkudu

Buah mengkudu mengandung proxeroni yang merupakan zat pembentuk alkaloid untuk membuka pori-pori sel, sehingga nutrisi akan mudah menyerap ke dalam tubuh. Kemampuan inilah yang dapat membantu mengobati diabetes. Caranya, blender satu buah mengkudu, kemudian peras airnya dan masukkan air atau ekstrak mengkudu kedalam gelas. Anda bisa menambahkan madu jika anda tidak tahan dengan bau dan rasanya. 

2. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang bisa anda gunakan sebagai obat alami diabetes. Kandungan alami yang ada didalam kunyit mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga diabetes pun bisa teratasi. Caranya, rebuslah satu rimpang kunyit dengan setengah sendok garam dan dengan air satu liter. Setelah mendidih lalu disaring dan tunggu hingga dingin. Minumlah setengah gelas saja, dua kali dalam seminggu.

3. Buncis

Buncis juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah diabetes dengan mudah. Sayuran yang satu ini bisa anda dapatkan dengan mudah di pasar dan juga dengan harga yang murah. Cara membuatnya, rebuslah buncis sebanyak 1/2 kg dengan 1 sampai 3 gelas air bersih. Setelah matang, saringlah dan minum air rebusannya. Lakukan cara ini sampai gula darah dalam tubuh anda normal.

4. Jus sayur pare

Jus pare ini bisa anda buat sendiri atau bisa beli di toko jus, biasanya menyediakan jus pare. Meski rasanya pahit, namun jus pare memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Salah satunya sangat baik untuk mengobati diabetes. Jus pare mampu memperbaiki setiap sel yang ada di organ-organ penting manusia. Caranya, anda cukup menyiapkan pare secukupnya dan di jus hingga lembut, lalu minumlah. Anda juga bisa menambahkan madu jika tidak tahan dengan rasanya.

5. Tanaman mahkota dewa

Tanaman herbal ini merupakan salah satu tanaman yang bermanfaat mengobati berbagai macam penyakit seperti diabetes. Caranya, siapkan 3-5 potong tangkai tanaman mahkota dewa. Tambahkan 3 lembar daun salam dan cuci hingga bersih. Rebus dengan air 3 gelas. Setelah mendidih lalu minumlah air rebusan itu setiap hari.

6. Tanaman brotowali

Tanaman brotowali juga merupakan tanaman yang sudah lama dikenal masyarakat sebagai obat herbal. Kandungan didialamnya mampu mengobati penyakit seperti diabetes. Caranya, ambil tanaman batang brotowali kurang lebih sebesar jari atau 10cm. Tambah satu genggam akar pepaya, dan kemudian rebuslah semua bahan. Setelah mendidih, tunggu hingga hangat dan minumlah air rebusannya.

7. Daun kemangi

Daun kemangi adalah salah satu tanaman alami yang dapat mengatasi masalah diabetes. Biasanya orang mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan yang disandingkan dengan makanan lainnya seperti ikan lele goreng atau ayam goreng dan lain sebagainya. Selain nikmat, daun kemangi memiliki manfaat baik mengatasi diabetes. Caranya, anda cukup memakannya secara langsung sebagai lalapan atau bisa diolah sesuka anda. 

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Mengobati Diabetes atau Kencing Manis. Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit serius yang harus mendapatkan perhatian khusus. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.