Cara Alami, Cepat, dan Aman Atasi Diare

rina

Cara alami, cepat, dan aman atasi diare - Diare adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami gangguan pada pencernaannya, yang permasalahan utamanya yaitu terletak pada penyerapan air di usus besar yang tidak berjalan dengan normal atau tidak bekerja secara maksimal.

Biasnya, orang yang mengalami masalah diare akan mengalami susah BAB atau buang air besar. Jika hal itu sering anda alami, periksakanlah ke dokter secepatnya untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Sebab, jika dibiarkan bisa menjadi pemicu datangnya berbagai macam penyakit lainnya. Agar anda bisa melakukan pengobatan dan pencegahan lebih cepat, kenalilah gejala-gejala diare.

Biasanya diare ini akan memunculkan beberapa gejala seperti perut terasa mulas, muncul suara di perut, buang air besar terus menerus bahkan sampai lebih dari 3 kali dalam sehari. Jangan sampai anda membiarkan masalah kesehatan seperti diare. Atasilah dengan berbagai cara yang aman. Anda bisa mengatasi diare dengan bahan-bahan alami, selain lebih cepat dan efektif, cara ini juga aman. Berikut ini beberapa cara alami, cepat, dan aman atasi deare:

Cara Alami, Cepat, dan Aman Atasi Diare
Cara Alami, Cepat, dan Aman Atasi Diare

1. Yogurt

Untuk mengatasi diare, anda bisa memilih yogurt sebagai obatnya. Bagi penderita diare, makanan yang bisa dimakan dengan cepat juga bisa dikeluarkan kembali dengan cepat pula. Yogurt memiliki kandungan yang dapat membantu memerangi dan membunuh bakteri serta virus yang menyebabkan diare. Dengan demikian, anda akan terbebas dari diare.

2. Mengompres dengan air hangat

Biasanya penderita diare akan merasakan sakit pada bagian perut. Untuk menghilangkan rasa sakit ini, anda bisa melakukannya dengan cara mengompres menggunakan air hangat. Sambil berbaring, kompreslah dengan air hangat agar perut terasa lebih baik.

3. Kaldu dan garam

Anda juga bisa memanfaatkan kaldu dan juga garam untuk mengatasi masalah diare. Caranya cukup mencampurkan air kaldu dengan garam dan aduk hingga rata. Sebalum anda meminumnya, hiruplah kaldu hangat tersebut dan rasakan aroma kehangatannya. Kemudian minumlah.

4. Minum rebusan daun jambu biji

Daun jambu memang telah lama dikenal sebagai daun yang memiliki banyak khasiat. Daun jambu ini juga memiliki khasiat baik salah satunya adalah untuk mengatasi masalah diare. Daun jambu mengandung zat flavonoid yang akan mengurangi cairan didalam feses secara perlahan. Cukup siapkan 15 daun jambu yang bersih, setengah liter air bersih, satu sendok teh garam. Kemudian rebuslah bersama air dan garam. Lalu minum 3 kali sehari.

5. Blueberry

Anda juga bisa memanfaatkan blueberry yang kering untuk mengatasi diare. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan akra dari blueberry untuk mengatasi diare. Cara ini sangat efektif dan aman. Cukup merebus buah atau akar blueberry atau dua-duanya yang telah kering menggunakan air garam. Dan minumlah.

6. Memakan salak

Selain memiliki rasa yang khas, salak juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat membantu mengatasi masalah diare. Kandungan serat didalamnya dapat membantu mengeraskan feses yang cair, sehingga cocok untuk dikonsumsi penderita diare. Pilihlah salah yang memiliki rasa sepat yang lebih cocok mengatasi diare.

7. Sereal

Sereal terbuat dari gandum atau tepung tapioka yang memiliki manfaat baik untuk mengatasi diare. Tepung tapioka ini bisa diserap oleh penderita diare dibandingkan dengan makanan lainnya. Konsumsilah sereal jika anda memiliki masalah kesehatan seperti diare.

8. Teh chamomile

Teh chamomile juga bisa anda pilih untuk pengobatan diare. Kandungan zat flavonoid didalamnya dapat membantu mengatasi dan mengurangi cairan dalam feses si penderita diare. Sehingga sangat cocok untuk anda jika anda memiliki masalah dengan diare.

Makanan yang wajib dihindari

Selain mengatasi diare, anda juga harus tahu bagaimana cara menghindarinya atau mencegahnya. Salah satu cara menghindari atau mencegah diare adalah dengan menjauhi atau tidak memakan makanan seperti berikut ini:
  • Makanan olahan susu kecuali yogurt. Misalnya, keju, susu murni, dan juga kopi susu.
  • Makanan berminyak. Seperti ayam goreng, tempe goreng, dan macam-macam gorengan.
  • Makanan dan minuman berkafein. Seperti makanan atau minuman berbahan dasar kopi dan cokelat.
  • Makanan dengan kandungan tinggi gula. Seperti manisa, permen, dan lain sebagainya.
  • Makanan asam. Misalnya rujak dan berbagai macam asinan dan manisan.
Demikianlah informasi tentang Cara Alami, Cepat, dan Aman Atasi Diare. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.