Cara Alami Agar Luka Cepat Mengering Dan Sembuh

Unknown

Cara Alami Agar Luka Cepat Mengering Dan Sembuh - Kulit merupakan bagian tubuh terluar, sehingga kulit adalah bagian tubuh yang pertama kali dan paling sering mengalami luka akibat tergores benda tajam atau terkena benda asing. Luka pada kulit tentu akan menimbulkan rasa sakit, tidak hanya itu saja, luka juga akan membuat kecantikan kulit menjadi terganggu, terlebih jika masalah luka terdapat pada kulit wajah. Hal ini tentu harus segera kita obati agar luka pada kulit sepat kering dan sembuh.

Setiap orang  memiliki sistem penyembuhan luka yang berbeda-beda, ada yang bisa cepat sembuh ada pula yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun bagaimanapun kita harus mengobati luka pada kulit agar proses penyembuhan berlangsung lebih cepat. Hal ini jika luka dibiarkan dapat berakibat buruk, dan bisa infekti yang nantinya membusuk. Jika sudah demikian, akan lebih sulit untuk kita sembuhkan, belum lagi nantinya akan meninggalkan bekas luka atau belang yang juga sangat menjengkelkan sekali.

Untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit, kita bisa menggunakan obat yang bisa kita beli diapotek terdekat. Namun kita juga dapat menggunakan cara alami, yaitu cara tradisional yang biasa digunakan orang-orang jaman dulu. Meskipun tradisional, namun sangat efektif dalam menyembuhkan luka dan membuat luka cepat kering. Berikut Cara Alami Agar Luka Cepat Mengering Dan Sembuh.
Cara Alami Agar Luka Cepat Mengering Dan Sembuh
Cara Alami Agar Luka Cepat Mengering Dan Sembuh

1. Bubuk kopi

Cara alami pertama untuk membuat luka cepat kering dan sembuh yaitu dengan menggunakan bubuk kopi. Penggunaan bubuk kopi ini memang akan menimbulkan rasa perih, namun sangat efetif untuk membuat luka cepat kering dan sembuh. Cara menggunakannya sangat mudah sekali, yaitu taburkan bubuk kopi pada luka, dan anda bisa melakukannya 3 kali dalam sehari, maka luka akan mengering dan sembuh.

2. Minyak tawon

Minyak tawon memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk mengobati luka agar cepat kering dan sembuh. Minya tawon digunakn sejak jaman dulu sebagai obat tradisional. Minyak tawon juga tidak menimbulkan rasa perih juga rasa kaku pada kulit, sehingga lebih baik ketimbang menggunakan bubuk kopi. Cara menggunakannya yaitu dengan cara mengoleskan minyak tawon pada luka.

3. Tebu atau gula

Kita juga dapat menggunakan tebu atau gula untuk mengobati luka agar cepat sembuh dan kering. Cara menggunakannya juga mudah sekali. Taburkan gula atau air tebu pada luka anda, gula atau air tebu akan membunuh bakteri dan membuat luka cepat kering dan sembuh.

4. Madu

Madu tidak hanya akan membuat kulit cerah, halus dan cantik saja, namun kulit yang terluka juga dapat kita obati dengan menggunakan madu. Caranya juga sangat mudah sekali, kita cukup oleskan madu pada kulit yang terluka, maka luka akan mengering dan sembuh. Madu juga dapat kita gunakan untuk menghilangkan bekas luka dengan cepat.

5. Biarkan luka tetap terbuka

Cara berikutnya yaitu dengan membiarkan luka agar tetap terbuka. Luka yang tertutup akan sulit mendapatkan udara dan cahaya hingga akhirnya menyebabkan luka sulit sembuh. Sebalinya, luka yang sering terbuka dan terkena cahaya akan cepat mengering dan sembuh, namun anda juga tetap harus menjaga kebersihan luka anda.

6. Menghindari makanan yang dapat memperparah luka

Ada beberapa makanan yang dapat membuat luka menjadi parah seperti daging ayam, udang, kacang tanah dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebut biasanya akan membuat luka bernanah dan sulit disembuhkan. Untuk itu baiknya anda hindari makanan-makanan tersebut.

7. Mengkonsumsi makanan yang tepat atau kaya protein

Nah, selain kita harus menghindari makanan yang telah dijelaskan diatas, kita juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat membuat luka cepat sembuh yaitu makanan yang banyak mengandung protein sehingga sel mati pada luka akan diganti dengan sel baru dan luka akan cepat sembuh.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Agar Luka Cepat Mengering Dan Sembuh. Jika anda mengalami luka, anda dapat menjalankan tips diatas agar luka cepat sembuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.