Penyebab Ketiak Hitam Dan Cara Mengatasinya

Unknown

Penyebab Ketiak Hitam Dan Cara Mengatasinya - Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang biasanye tertutup, oleh sebab itu ketiak sering kali diabaikan dan tidak dirawat seperti halnya bagian tubuh lainnya, hal inilah yang kerap membuat ketiak menjadi gelap dan tidak menarik. Nah, bagi wanita yang sangat mengedepankan penampilan dan kecantikan, tentu masalah ketiak hitam atau gelap adalah masalah serius yang harus segera diatasi. Hal ini dikarenakan masalah ketiak hitam akan menurunkan rasa percaya diri seorang wanita, terlebih ketika mengenakan baju tanpa lengan.

Pada umumnya semua wanita menginginkan ketiak yang putih, cerah dan bersih. Namun karena faktor gaya hidu serta kurangnya dalam menjaga kebersihan membuat ketiak menjadi kusam, gelap dan menghitam. Oke, berbibacar tentang masalah ketiak hitam, kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai penyebab ketika gelap atau hitam yang harus anda hindari serta cara untuk mengatasi maslaah ketiak hitam agar ketika menjadi cerah, bersih dan putih. Berikut penyebab ketiak hitam.
Penyebab Ketiak Hitam Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Ketiak Hitam Dan Cara Mengatasinya

Penyebab ketiak hitam atau gelap

1. Jarang dibersihkan

Penyebab pertama ketiak menjadi gelap atau hitam adalah kerena kebiasaan malas membersihkan ketiak. Ketiak yang kotor juga tempatnya yang tertutup dan lembab membuat ketiak menjadi gelap, kotor serta menghitam.

2. Iritasi atau alergi

Penyebab ketiak gelap atau hitam berikutnya yaitu dikarenakan kulit ketiak mengalami alergi atau iritasi. Masalah alergi atau iritasi ini biasanya disebabkan pemakian deodoran yang tidak sesuai dengan jenis kulit ketiak anda, sehingga kulit terasa gatal atau iritasi. 

3. Mencabut atau mencukur bulu ketiak

Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada ketiak adalah masalah bulu ketiak. Bulu ketiak ini selain membuat wanita menjadi tidak percaya diri juga sering membuat bau tak sedap pada ketiak, oleh sebab itu wanita sering mencukur atau mencabut bulu ketiak. Nah, kesalahan dalam mencukur atau mencabut bulu ketika sering kali menyebabkan ketiak menjadi hitam dan gelap.

4. Kehamilan

Percaya atau tidak, masa kehamilan juga menjadi penyebab ketiak menjadi hitam. Hal tersebut dikarenakan tubuh mengeluarkan banyak melamin saat masa kehamilan, hingga akhirnya membuat bagian tubuh menjadi hitam seperti ketiak.

5. Kumpulan sel kulit mati

Pada ketiak terdapat ribuan lipatan sehingga kulit akan menebal dan menyebabkan banyaknya penumpukan sel kulit mati. Hal inilah yang juga menjadi penyebab ketika menjadi gelap atau hitam.
Cara alami mengatasi masalah ketiak hitam

Cara alami mengatasi ketiak hitam

1. Menggunaka lemon

Lemon merupakan buah yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Lemon kerap digunakan untuk membersihkan dan menghilangkan bau amis pada peralatan dapur. Nah dalam dunia kecantikan, lemon juga sering digunakan untuk masker wajah, lemon sangat ampuh mengatasi masalah pada kulit wajah seperti jerawat, sel kulit mati, noda hitam atau flek hitam, bekas luka dan lain sebagainya. Selain itu kandungan vitamin C pada lemon sangat ampuh sebagai antioksidan untuk mengangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit. Nah, untuk mengatasi masalah ketiak hitam, kita juga dapat menggunakan buah lemon. Lemon akan mengangkat sel kulit mati pada ketiak serta membersihkan ketiak, sehingga ketiak akan menjadi putih dan bersih. Cara menggunakannya mudah sekali, anda bersihkan ketiak anda dengan air, kemudian anda gosokan air perasan lemon pada ketiak secarap perlahan, dan biarkan kering dengan sendirinya. Cara ini juga sangat efektif untuk menghilangkan bau ketiak yang tak sedap.

Baca juga : Manfaat luar biasa lemon untuk kecantikan kulit wajah

2. Mentimun

Cara berikutnya untuk mengatasi ketiak hitam yaitu dengan menggunakan mentimun. Mentimun kaya akan kandungan air sehingga mampu melembabkan dan membersihkan kulit, hal inilah yang membuat mentimun kerap dijadikan sebagai masker wajah. Masalah ketiak hitam dan kotor juga kita bersihkan dengan menggunakan mentimun, caranya iris tipis mentimun, kemudian gosokan pada ketiak dan biarkan air mentimun menempel pada ketiak. Lakukan berulangkali hingga noda hitam pada ketiak hilang dan ketiak menjadi putih dan bersih.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker mentimun

3. Kunyit

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan kunyit. Kunyit ampuh untuk mencerahkan kulit. Dengan demikian kita juga dapat menggunakan kunyit untuk mencerahkan ketiak yang hitam atau gelap. Cara menggunakannya yaitu anda parut kunyit hingga halus atau anda juga dapat menggunkan kunyit bubuk, campurkan dengan sedikit air hingga menjadi pasta, kemudian anda oleskan pada ketiak, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih. Anda bisa melakukannya setiap hari agar hasilnya maksimal.

Baca juga : Manfaat masker kunyit untuk kecantikan dan cara membuatnya

4. Baking soda

Baking soda merupakan salah satu bahan  alami yang efektif sekali untuk mengangkat sel kulit mati atau noda hitam. Hal inilah yang membuat baking soda kerap digunakan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Nah, kita juga dapat menggunakan baking soda untuk mengatasi masalah ketiak hitam. Caranya campurkan baking soda dengan sedikit air, kemudian oleskan pada ketiak, diamka hingga kering dan bilas dengan air hingga.

Baca juga : Manfaat baking soda untuk kecantikan

5. Madu

Madu salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai masker wajah untuk mencerahkan kulit wajah serta mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Khasiat madu untuk kecantikan kulit memang tak perlu diragukan lagi. Dalam mengatasi masalah ketiak hitam atau gelap kita juga dapat menggunakan madu. Caranya anda bersihkan ketiak dengan air, kemudian oleskan madu pada ketiak, diamkan selama 25 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat masker madu untuk kecantikan

6. Scrub menggunakan gula

Cara terbaik untuk mengangkat sel kulit mati atau noda hitam yaitu dengan melakukan scrub, kita dapat menggunakan scrub gula. Begitu juga dengan mengatasi ketiak hitam, kita juga dapat menggunakan scrub gula. Caranya anda campurkan gula dengan sedikit air lalu oleskan dan gosokan pada ketiak selama kurang lebih 5 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih, lakukan berulang kali agar ketiak hitam cepat teratasi.

7. Kentang

Kentang juga merupakan bahan alami yang dapat mencerahkan kulit, begitu juga dengan kulit ketiak, kita dapat mencerahkan kulit ketiak yang hitam atau gelap dengan menggunakan kentang. Cara haluskan kentang dengan cara diblender atau dengan cara diparut, kemudian aplikasikan pada ketiak selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat masker kentang dan cara membuatnya

8. Masker pepaya

Masker pepaya tidak hanya dapat mencerahkan kulit wajah saja, masker pepaya juga dapat mencerahkan bagian kulit lainnya termasuk kulit ketiak. Nah, kita dapat menggunakan masker pepaya untuk mencerahkan ketiak. Caranya mudah, anda haluskan pepaya, kemudian aplikasikan pada ketiak yang sebelumnya sudah anda bersihkan. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker pepaya

9. Susu atau yogurt

Susu atau gogurt memiliki kandungan asam laktat yang sangat banyak sehingga dapat kita manfaatkan untuk mencerahkan kulit, baik kulit wajah, badan maupun kulit ketiak. Dengan demikian, masalah ketiak hitam dapat kita atasi dengan menggunakan masker susu atau yogurt, caranya yaitu anda aplikasikan susu atau yogurt pada ketiak anda, diamkan hingga kering dan bersihkan dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat masker yougurt untuk kecantikan kulit

10. Tawas

Cara terakhir yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ketiak hitam yaitu dengan menggunakan tawas. Caranya yaitu anda campurkan tawas dengan air, kemudian anda oleskan pada ketiak anda. Diamkan agar kering dengan sendirinya dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca juga : Manfaat dan efek samping tawas untuk kehidupan manusia 

Demikianlah informasi tentang Penyebab Ketiak Hitam Dan Cara Mengatasinya. Ketiak mamang bagian tubuh yang tertutup, namun sering kali membuat wanita menjadi tidak percaya diri ketika ketiak gelap atau hitam. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.