Penyebab dan Cara Cepat Atasi Mimisan

rina

Penyebab dan cara cepat atasi mimisan - Anda pernah mengalami mimisan? Apa yang anda rasakan ketika mimisan? Biasanya jika orang tersebut tidak pernah mimisan akan merasa kaget dengan keluarnya darah dari dalam hidung. Sebenarnya terjadinya mimisan ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Ada yang karena masalah ringan, dan ada juga karena masalah berat seperti penyakit tertentu yang ada didalam tubuh.

Mimisan atau epistaksin ini biasanya sering terjadi pada balita, anak-anak, sampai orang dewasa. Ketika ada seorang anak mengalami mimisan, biasanya orang sekitarnya langsung panik akan terjadi apa-apa. Sebenarnya pada dasarnya mimisan bukanlah karena penyakit serius. Tapi ingat, meski bukan penyakit serius, jika hal ini terjadi terus menerus maka harus waspada dan periksalah ke dokter. Sebab, jika terjadi terus-menerus bisa saja dikarenakan adanya penyakit serius dalam tubuh.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah mimisan? Untuk mengatasinya tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan alami disekitar anda. Namun sebelum mengatasinya, anda harus tahu dulu apa penyebab terjadinya mimisan pada anda maupun orang terdekat anda.
Penyebab dan Cara Cepat Atasi Mimisan
Penyebab dan Cara Cepat Atasi Mimisan

Penyebab mimisan

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya mimisan. Mungkin hal ini sering tidak disadari oleh banyak orang. Untuk menghindari agar tidak terjadi mimisan yang kedua atau kesekian kalinya, ketahuilah berikut ini beberapa penyebab terjadinya mimisan:
  • Flu
  • Alergi pada hal tertentu (seperti: makanan, benda, hewan, lingkungan, dll)
  • Adanya penyakit tumor
  • Trauma terhadap suatu hal
  • Cuaca panas
  • Penderita sinus
  • Tekanan darah yang meningkat
  • Kelainan konegenintal
  • Gejala penyakit tertentu

Cara mengatasi mimisan

1. Duduk

Jika anda mengalami mimisan secara tiba-tiba, maka segeralah untuk duduk. Hal ini bertujuan agar hidung bisa lebih tinggi dari jantung. Jangan sampai anda tidur terlentang, sebab aliran darah ke hidung akan bertambah deras, dan darah pun bisa tertelan ke belakang. Ini bahkan bisa berbahaya bagi tubuh anda.

2. Menggunakan daun sirih

Ini merupakan cara tradisional yang sering digunakan oleh orang zaman dahulu. Daun sirih telah dipercaya dapat mengatasi masalah mimisan. Anda bisa mengambil daun sirih yang telah dicuci bersih. Lalu gulungkan hingga sekiranya pas untuk masuk hidung anda. Kemudian sumpalkan gulungan daun sirih tadi pada hidung anda. Tunggu selama 15-20 menit sampai darah berhenti mengalir dari hidung.

3. Menggunakan es batu

Anda juga bisa meredakan darah yang keluar dari hidung anda dengan menggunakan es batu. Anda cukup membungkus es batu dengan lap atau kain, lalu kemudian tempelkan diantara kening dan hidung anda atau orang terdekat anda yang mimisan. Es batu yang ditempelkan ini akan membantu mengecilkan pembuluh darah sehingga keluarnya darah akan terhenti.

4. Pecet cuping hidung

Dengan menggunakan ibu jari dan pencet cuping hidung anda sambil memijat dengan lembut, ingat jangan terlalu keras saat menekannya. Tahanlah kurang lebih 3-5 menit. Jangan menidurkan atau menundukkan kepala anda karena akan membuat aliran darah yang keluar semakin deras. Hindarilah menengadahkan kepala juga, karena akan membuat darah kembali dan masuk ke sinus, ini akan membahayakan.

Periksakan ke dokter jika

  1. Mimisan sering terjadi.
  2. Memasukkan sesuatu ke hidung yang mimisan lalu anda tidak bisa mengeluarkannya.
  3. Ada pendarahan dari tempat lain seperti gusi dan lainnya.
  4. Anda merasa curiga dari mimisan yang anda alami, misal curiga karena efek samping dari obat atau terjadi setelah minum obat.
  5. Darah yang keluar dari hidung terlalu banyak dan membuat lemas serta pusing.
  6. Mimisan terjadi setelah terbentur sangat keras.
  7. Pendarahan tidak kunjung berhenti meskipun telah ditekan hidungnya selama 10 menit. 
Demikianlah informasi tentang Penyebab dan Cara Cepat Atasi Mimisan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.