Penyebab dan Cara Cepat Atasi Hidung Tersumbat

rina

Penyebab dan cara cepat atasi hidung tersumbat - Pernahkah anda mengalami hidung tersumbat? Bagaimana rasanya? Pasti sangat dan sangat tidak nyaman, benar kan? Apalagi saat kita akan menjalankan aktivitas seperti kerja. Biasanya selalu melakukan aktivitas kerja dengan semangat, sekarang menjadi tidak semangat dan tidak nyaman karena tersumbatnya hidung.

Ketika hidung tersumbat, bernafas pun susah. Bahkan yang memiliki tekanan darah tinggi ini akan berkaitan. Ya, emosionalnya akan bertambah meningkat. Ingin melakukan ini dan itu terasa menyusahkan. Sebenarnya yang menjadi penyebab tersumbatnya hidung itu hanya hal yang wajar. Yaitu mungkin karena memang cuacanya yang tidak mendukung, misalkan musim hujan atau musim yang tidak tentu. Itu bisa berpotensi menyebabkan hidung tersumbat jika kita tidak bisa menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk mengatasi masalah hidung tersumbat ada banyak cara. Bahkan anda bisa melakukan dengan cara sesimpel mungkin. Yaitu dengan meletakkan hidung anda diatas air hangat dan hiruplah uap air hangatnya. Pasti seketika hidung yang tersumbat akan lancar bernafas. Selain itu, ada juga cara lain yang lebih efektif. Namun sebelum itu, ketahuilah beberapa penyebab hidung tersumbat berikut ini.
Penyebab dan Cara Cepat Atasi Hidung Tersumbat
Penyebab dan Cara Cepat Atasi Hidung Tersumbat

Penyebab hidung tersumbat

  1. Penyakit pileg.
  2. Tingkat kelembaban disekitar yang rendah, sehingga mengakibatkan pembengkakan atau iritasi.
  3. Sinusitis merupakan salah satu penyebab umum terjadinya hidung tersumbat.
  4. Alergi terhadap suatu hal, seperti makanan, minuman, benda, cuaca, lingkungan, dll.
  5. Reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang kuwalahan dalam mengatasi serangan jamur di udara.

Cara mengatasi hidung tersumbat

1. Minyak kayu putih

Jika hidung anda tersumbat, anda bisa menggunakan minyak kayu putih untuk mengatasinya. Tuangkan minyak kayu putih beberapa tetes pada baskom yang berisi air mendidih. Hirup uap airnya selama 10 menit. Setelah itu hidung anda akan terasa lebih lega dan nyaman.

2. Mengkonsumsi air

Menjaga tubuh anda agar tetap terhidrasi merupakan hal yang penting. Hal ini bertujuan untuk membuat tubuh selalu sehat dan terasa fresh. Secara tidak langsung, mengkonsumsi air ini juga dapat membantu meringankan saluran hidung yang teriritasi dan mencegah penyumbatan sinus. Minumlah air dalam keadaan hangat agar lebih cepat mengatasi hidung tersumbat.

3. Minum wedang jeruk hangat

Anda juga bisa menjajal wedang jeruk hangat ketika hidung anda sedang tersumbat. Dengan minum wedang jeruk hangat ini akan dapat membantu meredakan hidung anda yang tersumbat. Apalagi ditambah dengan madu, bukan hanya mengatasi hidung yang tersumbat, tapi juga menambah kekebalan tubuh anda.

4. Makanan pedas

Berbagai macam makanan pedas juga bisa anda coba untuk mengatasi hidung tersumbat. Dengan mengkonsumsi makanan pedas akan membantu mengeluarkan lendir yang menyebabkan tersumbatnya hidung. Lendir tersebut akan keluar dengan sendirinya.

Baca juga : Manfaat dan bahaya cabai  atau makanan pedas untuk kesehatan

5. Teh herbal

Teh herbal adalah salah satu obat paling aman dan mudah dimanfaatkan. Teh herbal ini juga dapat membantu mengatasi hidung anda yang tersumbat. Uap air hangat yang tercampur dengan teh herbal ini akan dapat menenangkan iritasi di saluran hidung. Dan minuman teh herbal hangat ini juga dapat membantu mengencerkan lendir serta memperbaiki drainase hidung.

6. Sup ayam

Sup ayam juga merupakan obat alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi hidung tersumbat. Selain rasanya yang enak, sup ayam juga sangat bermanfaat melegakan hidung anda. Tentunya mengkonsumsi dalam keadaan hangat. Sistein dalam sup ayam dapat meredakan sumbatan pada hidung dan merilis lendir yang pada akhirnya membuka sumbatan hidung.

7. Berkumur dengan air garam

Anda juga bisa menggunakan cara simpel ini untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Cukup masukkan garam secukupnya kedalam wadah yang telah dimasuki air hangat. Lalu gunakan air garam hangat itu untuk berkumur. Cara ini bisa membantu membuka sumbatan pada hidung.

8. Mandi air hangat

Selain berkumur dengan air hangat, anda juga bisa mengatasi hidung tersumbat dengan cara mandi menggunakan air hangat. Air hangat yang digunakan untuk mandi ini dapat menembus hidung dan membuat hidung menjadi lebih lega.

Baca juga : Manfaat dan efek samping mandi dengan air hangat

9. Posisi kepala saat tidur

Saat anda akan tidur, yang perlu anda perhatikan salah satunya adalah posisi kepala. Anda harus meleyakkan kepala lebih tinggi. Gunakan bantal untuk menopangnya. Cara ini bisa membantu mengeluarkan lendir yang terjebak dan menyumbat hidung. Dan cara ini juga akan membuat tidur anda menjadi lebih nyenyak.

10. Mengompres

Siapkan handuk kecil yang telah dicelupkan air hangat. Lalu tempelkan pada batang hidung anda. Posisikan tubuh anda pada posisi yang menurut anda terasa santai. Apabila handuk telah dingin, maka celukanlah lagi handuk tersebut pada air hangat. Lakukanlah cara ini hingga hidung anda yang tersumbat menjadi lebih lega.

11. Mengkonsumsi permen menthol

Cara ini mungkin cara yang menyenangkan bagi anda. Tidak susah dan tidak repot. Anda cukup mengkonsumsi permen menthol sambil melakukan aktifitas anda. Dengan ngemut permen menthol ini dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan dan mengatasi masalah hidung tersumbat.

Demikianlah informasi tentang Penyebab dan Cara Cepat Atasi Hidung Tersumbat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.