Manfaat Luar Biasa dari Beras Merah untuk Kesehatan

rina

Manfaat luar biasa beras merah untuk kesehatan - Nasi adalah salah satu makanan pokok bagi setiap orang. Nasi merupakan salah satu jenis makanan hasil dari olahan beras. Beras itu sendiri memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu beras dijadikan makanan pokok. Selain mengenyangkan juga memiliki banyak manfaat.

Berbicara tentang beras, pernahkah anda mendengar, melihat, atau bahakan mengkonsumsi beras merah? Beras merah sama seperti beras biasa atau beras putih. Hanya saja beras merah lebih memiliki keunggulan dalam segi kandungan gizi. Beras merah memiliki kandungan zat gizi yang tidak dimiliki oleh beras biasa. Memang beras putih terasa lebih enak jika dibandingkan dengan beras merah. Tapi beras merah memiliki manfaat yang lebih dari beras putih.

Mungkin anda bertanya-tanya, apa saja sih manfaat dari beras merah itu? Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari beras merah, baik itu untuk kecantikan maupun kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat luar biasa dari beras merah:

Manfaat Luar Biasa dari Beras Merah untuk Kesehatan
Manfaat Luar Biasa dari Beras Merah untuk Kesehatan

1. Sumber antioksidan

Beras merah adalah salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan berbagai macam vitamin dan mineral didalamnya dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak kesehatan tubuh. Konsumsilah secara rutin.

2. Mengandung mineral penting

Kandungan mineral penting pada beras merah sangatlah baik untuk tubuh. Mineral yang ada didalam beras merah ini dapat membantu menepiskan radikal bebas. Mineral yang dimaksuda yaitu mangan, yang bertugas menyiapkan energi bagi tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Dan juga mineral zinc yang dapat menyembuhkan luka dan menjaga mekanisme pertahanan tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Beras merah sangat cocok untuk anda masukkan kedalam menu diet anda. Sebab beras merah ini sangat baik untuk menurunkan berat badan anda. Sehingga sangat membantu proses diet anda. Beras merah ini juga membantu mencegah perut buncit dan kelebihan kalori. Dan beras merah ini juga bisa mencegah sembelit karena kaya akan serat yang dapat melancarkan pencernaan.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Beras merah kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Sehingg sistem pencernaan anda akan terjaga kesehatannya. Buang air besar bisa lancar dan anda terbebas dari ancaman sembelit. Bukan hanya itu, beras merah juga dapat melancarkan metabolisme tubuh anda. Maka dari itu konsumsilah secara rutin.

Baca juga : Daftar makanan untuk melancarkan sistem pencernaan

5. Menjadikan perut kenyang lebih lama

Kalau biasanya anda makan makanan lainnya merasa tidak kenyang-kenyang, dengan mengkonsumsi nasi dari beras merah anda akan lebih cepat merasa kenyang dan juga kenyang lebih lama. Hal ini sangat baik untuk diet anda. Karena kalau anda kenyang lebih lama tentu akan terhindar dari kebiasaan ngemil dan sebagainya.

6. Membantu penderita asma

Jika anda memiliki gangguan asma, anda bisa mengkonsumsi nasi dari beras merah ini. Beras merah merupakan sumber dari magnesium. Magnesium termasuk dalam mineral yang dapat membantu mengatur pola pernapasan setiap orang. Sehingga sangat baik untuk pendertia asma. Namun alangkah baiknya untuk konsultasi dokter dulu sebelum mengkonsumsi beras merah bagi penderita asma.

7. Baik untuk penderita diabetes

Anda juga bisa memasukkan beras merah kedalam menu harian anda. Sebab, beras merah sangat rendah kalori dan tinggi serat, sehingga sangat baik untuk menyembuhkan dan mencegah diabetes. Konsumsilah secara rutin agar terhindar dari penyakit diabetes.

8. Mencegah batu empedu

Makanan yang tinggi akan kandungan seratnya sangatlah baik untuk proses pencegahan penyakit batu empedu. Beras merah tinggi serat, sehingga bisa anda pilih untuk makanan sehari-hari anda. Serat tersebut dapat melarutkan sisa akanan yang dapat membantu membentu empedu yang sehat.

9. Menurunkan kadar LDL dan meningkatkan HDL

LDL adalah jenis kolesterol jahat yang merugikan tubuh. Sedangkan HDL adalah kolesterol baik yang diperlukan tubuh. Jika anda memiliki masalah kolesterol seperti diabetes, anda perlu mengkonsumsi beras merah secara rutin. Beras merah ini akan membantu mengurangi kadar LDL dalam tubuh anda.

10. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh sebagaian besar orang. Namun penyakit jantung ini bisa dicegah dengan berbagai cara, salah satunya dengan rutin mengkonsumsi beras merah. Beras merah akan menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh anda. Sehingga kesehatan jantung akan lebih terjaga.

11. Menjaga kesehatan tulang

Beras merah juga mengandung magnesium, vitamin D, dan kalsium yang memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh seperti tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi beras merah secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan dan memperkuat tulang dan gigi anda.

12. Dapat mencegah kanker

Sama halnya dengan penyakit jantung, kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti. Namun anda bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi nasi dari olahan beras merah. Beras merah mengandung polifenol yang dapat mencegah kanker usus besar. Selain itu, serat dan antioksidan didalamnya juga dapat menghindarkan tubuh dari jenis kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

13. Membuat kulit lebih awet muda

Selain baik untuk kesehatan tubuh, beras merah juga sangat baik untuk kecantikan kulit anda. Sudah banyak produk kecantikan kulit yang berbahan dasar beras merah. Sebab, kandungan nutrisi didalamnya dapat membuat kulit tampak lebih lembut, halus, dan awet muda. Anda bisa membuat bahan untuk perawatan kulit dengan cara membuat air tajin beras merah dan usapkan pada kulit anda secara merata. Lakukan dengan rutin.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi penuaan dini

Demikianlah informasi tentang Manfaat Luar Biasa dari Beras Merah untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.