Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

citra indah

Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Banyak sekali manfaat dari buah melon yang bisa kita dapatkan, mulai dari manfaat dalam kesehatan ataupun dalam bidang kecantikan. Diantara manfaat buah melon yang paling terkenal yaitu bisa mencegah terjadinya serangan jantung dan mencegah resiko kanker. Dua penyakit ganas yang berbahaya ini bisa diatasi dengan kandungan gizi yang terdapat dalam buah melon. Itu hanya segelintir dari manfaat buah melon, karena masih banyak sekali manfaat-manfaat lain yang belum diketahui. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan dan kecantikan. Anda pasti penasaran bukan dengan isinya? Untuk itu langsung saja anda simak beberapa keterangan yang kami sampaikan ini, semoga bisa bermanfaat. Berikut Manfaat buah melon untuk kesehatan dan kecantikan.
Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

A. Manfaat buah melon untuk kesehatan

1. Membasmi radikal bebas

Buah melon kaya kandungan antioksidan flavonoid seperti betakaratin dan lutein. Kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk membantu melindungi sel-sel dan struktur lainnya dalam tubuh dari radikal bebas. Kemampuan ini bisa membantu dalam perlindungan terhadap usus besar, prostat, payudara, paru-paru dan kanker prankeas.

2. Meredakan mulas

Rasa perut yang mulas terkadang berasal dari makanan yang baru saja dikonsumsinya. Buah melon banyak memiliki kandungan airnya hingga 90% yang bisa memberikan efek menenangkan. Oleh sebab itu melon sangat efektif untuk meredakan sakit maag dan mulas.

3. Menurunkan berat badan

Melon merupakan jenis buah yang memiliki sodium yang rendah, bebas lemak, rendah kalori dan kolesterol  sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi orang-orang yang sedang menjalankan progam diet. Selain itu memakan buah melon juga membuat anda kenyang dan menunda rasa lapar karena kandungan airnya yang cukup tinggi.

Baca juga : Cara cepat dan alami menurunkan berat badan

4. Menyehatkan mata

Sama seperti halnya buah naga dan wortel, buah melon juga menjadi sumber betakarotin yang tinggi, oleh karena itu tidak heran jika buah melon untuk membantu menjaga kesehatan mata, bisa menjaga mata dari berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan mata dan mempertajam penglihatan mata.

5. Melancarkan proses pencernaan

Buah melon kaya akan kandungan serat dann air yang bisa membantu memperlancar proses pencernaan anda. Jika anda memiliki masalah pencernaan seperti susah buang air besar, anda bisa memanfaatkan buah melon sebagai solusi pengobatannya. Caranya yaitu cukup dikonsumsi seperti biasanya.

Baca juga : Daftar makanan untuk melancarkan sistem pencernaan

6. Mencegah diabetes

Selain bisa mengontrol tekanan darah di dalam tubuh, manfaat buah melon lainnya yaitu bisa mengatur kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini karena buah melon mengandung gula alami dan air yang bisa mencegah resiko penyakit diabetes.

Baca juga : Penyebab diabetes diusia muda dan cara mencegahnya

7. Mencegah stroke

Kandungan kalium dalam buah melon bisa berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah di dalam tubuh, maka dari itu buah melon bisa mencegah terjadinya resiko penyakit kanker.Selain itu kandungan tersebut juga bisa mengontrok detak jantung dan tekanan darah.

8. Mencegah serangan jantung

Kandungan adenosine dalam buah melon dipercaya bisa melancarkan peredaran sel darah merah sehingga dapat mencegah dan menghentikan penggumpalan sel darah yang bisa berakibat serangan jantung atau bahkan penyakit stroke.

9. Mencegah penyakit kanker

Banyak buah-buahan yang memiliki khasiat bisa mencegah penyakit kanker, diantaranya yaitu buah melon. Buah melon memiliki kandungan karotenoid, kandungan tersebut berfungsi sebagai pemberi warna pada buah dan sayuran, kandungan tersebut memiliki khasiat bisa mencegah penyakit kanker, khususnya gejala kanker paru-paru dan kanker payudara.

B. Manfaat untuk kecantikan

1. Menyejukkan kulit

Setelah seharian beraktifitas di luar rumah, tidak jarang kulit menjadi gosong dan warna kulit menjadi gelap. Untuk mengatasi keluhan ini anda bisa memanfaatkan buah melon dengan cara mengiris tipis buahnya kemudian membungkusnya dengan kain yang tipis, setelah itu letakkan pada wajah dan diamkan selama sekitar 15 menit maka wajah akan menjadi sejuk dan segar.

2. Mengandung kolagen untuk menyejukkan kulit

Buah melon banyak memiliki kolagen yang bisa membantu mempercepat regenerasi kulit serta pelepasan sel-sel kulit yang mati. Maka dari itu dengan mengkonsumsi buah melon secara rutin bisa membuat kulit menjadi senantiasa segar dan kencang.

3. Dapat mencerahkan wajah

Tidak banyak orang yang mengetahui jika buah melon bisa berkhasiat mencerah kulit wajah. Hal ini dikarenakan buah melon banyak memiliki kandungan airnya. Air alami yang langsung terasa ketika gigitan pertama inilah yang membuat menjadi cerah karena mampu membersihkan sel-sel kulit mati secara menyeluruh.

Baca juga : Cara alami mencerahkan kulit wajah dengan cepat

4. Melembabkan kulit

Kandungan air yang tinggi dalam buah melon juga bisa berkhasiat untuk menghidrasi kulit sehingga kulit bisa terjaga kelembabannya dan selalu tampak segar. Cara perawatannya yaitu siapkan buah melon yang telah dihaluskan kemudian tambahkan dua sendok makan madu murni, aduk kedua bahan tersebut hingga rata, lalu aplikasikan pada wajah sebagai masker. Lakukan langkah tersebut setiap malam sebelum tidur.

Baca juga : Cara alami melembabkan kulit wajah yang kering

5. Melawan penuaan dini

Kandunga zat yang terdapat dalam buah melon dipercaya bisa melawan penuaan seperti garis-garis halus dan keriput di wajah. Cara perawatannya seperti cara melembabkan kulit, namun cukup dilakukan 1-2 kali saja dalam seminggu.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi penuaan dini

6. Mencegah dan menghilangkan jerawat

Jika anda memiliki masalah dengan jerawat, buah melon bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Caranya yaitu haluskan buah melon kemudian tambahkan dua sendok makan air perasan jeruk nipis, bilas wajah terlebih dahulu dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat namun hati-hati untuk menghindari area dekat mata. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan langkah tersebut 1-2 kali dalam seminggu.

Baca juga : Cara ampuh atasi jerawat dalam semalam

7. Menyehatkan rambut dan kulit kepala

Buah melon juga bisa berkhasiat untuk menyehatkan rambut serta mencegah kerontokan rambut. Caranya yaitu haluskan buah melon kemudian campurkan dua sendok madu murni, lalu oleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat secara perlahan. Diamkan selama sekitar 20 menit kemudian keramas menggunakan sampo. Lakukan langkah tersebut dua kali dalam seminggu agar kesehatan rambut selalu terjaga.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Melon tak hanya segar dan lezat, namun juga kaya akan manfaat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.