Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kecantikan

rina

Manfaat buah bit untuk kesehatan dan kecantikan - Buah bit mungkin merupakan buah yang terdengar agak asing di kalangan sebagian orang. Buah bit ini biasanya digunakan sebagai pewarna makanan. Hal ini karena buah bit memiliki zat pewarna alami yang sangat bagus dan aman. Namun selain bermanfaat sebagai pewarna alami, buah bit juga menyimpan banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.

Jika berbicara tentang buah bit. Buah bit pada dasarnya bukanlah buah yang berasal dari bunga, melainkan umbi yang berada didalam tanah seperti ubi. Buah ini bukan asli dari Indonesia, melainkan berasal dari wilayah Eropa, namun sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Sebenarnya buah bit ini memiliki banyak manfaat yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang. Baik itu manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Buah bit mengandung berbagai zat alami yang tidak berbahaya bagi tubuh. Itu sebabnya buah bit dijadikan pewarna alami makanan. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan dan kecantikan:
Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah bit untuk kesehatan

1. Pewarna makanan alami

Buah bit memiliki kandungan betanin yang dapat menghasilkan warna merah cemerlang. Warna merah cemerlang ini biasa digunakan untuk pewarna alami makanan seperti es krim, mewarnai telur paskah, jeli, dan lainnya.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Jika anda memiliki masalah pencernaan, anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan buah bit. Kandungan didalamnya dapat membantu melancarkan pencernaan anda. Gangguan pencernaan seperti nyeri, diare, disentri, bisa diatasi dengan mengkonsumsi jus buah bit. Anda bisa meminumnya sebelum sarapan. Untuk hasil maksimal bisa tambahkan madu satu sendok makanan.

Baca juga : Daftar makanan untuk melancarkan sistem pencernaan

3. Menjaga stamina tubuh

Jus buah bit juga dapat membantu anda untuk memulihkan stamina dan menjaganya agar tidak cepat habis. Jika anda ingin beraktivitas di pagi hari, anda bisa meminum jus buah bit sebelumnya agar stamina anda tetap terjaga dan tidak mudah lelah. Bukan hanya itu, aliran darah dalam tubuh anda bisa tetap lancar.

4. Mencegah anemia

Buah bit juga mengandung zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Zat besi dalam buah bit bisa mencegah anemia. Zat besi tersebut akan meregenerasi sel darah merah dan menyuplai oksigen yang sangat bermanfaat untuk kesehatan sel darah merah dalam tubuh anda.

5. Menjaga kesehatan ginjal dan kandung empedu

Anda juga bisa membersihkan ginjal anda secara rutin dan alami. Yaitu dengan mengkonsumsi jus buah bit secara rutin. Buah bit berkhasiat membersihkan ginjal dan kantung empedu. Sehingga racun yang berada didalamnya dapat dikeluarkan dengan mudah.

6. Menghancurkan sel tumor dan sel kanker

Jus bit bersifat antioksidan yang dapat membantu mengatasi masalah tumor dan kanker. Ya, sifat antioksidan tersebut akan menghentikan perkembangan sel tumor serta sel kanker. Anda bisa membuat jus ini dengan cara mencampurkan semua bahan seperti 2 wortel, setengah bit, 3 batang seledri, 30 gram bayam, dan 4 batang parsely. Jus semua bahan dan minumlah.

7. Menurunkan tekanan darah

Anda juga bisa menurunkan tekanan darah anda dengan memanfaatkan jus buah bit. Buah bit mengandung zat kimia alami yaitu nitrat yang diubah menjadi nitrit yang dapat membantu membuat otot menjadi lebih rileks dan dapat menurunkan aliran darah.

Baca juga : Penyebab dan cara alami menurunkan tekanan darah tinggi

8. Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang tinggi bisa menjadi sebab datangnya berbagai macam penyakit. Namun anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan buah bit. Sifat antioksidan pada buah bit dapat menurunkan kolesterol secara efektif. Konsumilah jus buah bit secara rutin agar terhindar dari peningkatan kolesterol.

Baca juga : Cara alami menurunkan kolesterol yang tinggi

Manfaat buah bit untuk kecantikan

1. Memutihkan kulit wajah

Selain dapat meningkatkan kesehatan, buah bit juga bisa anda gunakan untuk perawatan kulit anda. Anda bisa menjadikan buah bit sebagai bahan alami perawatan kulit, yaitu untuk memutihkan kulit wajah anda. Anda cukup menjadikan buah bit sebagai masker kulit wajah anda.

Baca juga : Cara alami mencerahkan kulit wajah dengan cepat

2. Mencegah dan mengatasi jerawat

Anda juga bisa menghilangkan jerawat pada kulit wajah anda dengan menggunakan buah bit. Sifat anti inflamasi pada buah bit ini mampu mengatasi jerawat dan mencegahnya datang kembali. Anda bisa menjadikannya sebagai masker atau meminumnya sebagai jus buah bit.

Baca juga : Cara ampuh atasi jerawat dalam semalam

3. Menyuburkan rambut

Jika ingin memiliki rambut yang sehat dan subur, gunakanlah buah bit untuk perawatan. Buah bit mengandung karotenoid yang dapat meningkatkan ketebalan rambut. Selain itu, rambut menjadi lebih berkilau dan sehat. Sehingga tampak lebih subur.

4. Mengatasi masalah ketombe

Ketombe yang selalu mengganggu dapat anda atasi dengan menggunakan buah bit juga. Anda cukup merebus buah bit dengan sedikit cuka alami. Lalu oleskan pada rambut sertai pijatan lembut pada kulit kepala anda. Kemudian bungkus kepala anda dengan kain dan biarkan semalaman.

Baca juga : Cara alami dan cepat mengatasi ketombe

5. Perawatan rambut

Anda juga bisa melakukan perawatan rambut anda untuk tujuan kesehatan dan kecantikan lainnya. Anda juga bisa membuat rambut anda tampak lebih hitam, lebat, tidak kusut, dan sebagainya. Anda cukup melakukan perawatan menggunakan buah bit ini secara rutin agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.