Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

rina

Makanan yang baik untuk penderita diabetes - Diabetes adalah suatu kondisi dimana kadar gula darah dalam tubuh seseorang mengalami peningkatan diatas normal atau rata-rata. Penderita diabetes atau kencing manis ini memang harus benar-benar menjaga pola hidup dan berhati-hati agar gula atau glukosa dalam darah tidak melonjak naik.

Berbicara tentang penyakit diabetes, memang sangat menyusahkan dalam hal makanan. Sebab, kita harus bisa mengatur pola makan sebaik mungkin, seperti menghindari makanan manis dan sebagainya. Pasalnya, kadar gula darah yang tinggi setelah makanan dapat memicu timbulnya komplikasi makrovaskuler seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah.

Namun, semua ancaman itu bisa diturunkan dengan mudah bila tetap menjaga pola hidup dan pola makannya dengan baik. Lantas, makanan apa saja yang sebenarnya baik untuk dikonsumsi penderita diabetes? Berikut ini beberapa makanan untuk penderita diabetes:

Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes
Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Anda bisa mengganti minyak mentega dengan minyak zaitun untuk berbagai keperluan memasak. Dengan mengganti minyak tersebut dan beralih ke minyak zaitun bahkan bisa menurunkan resiko diabetes lebih dari 50%. Belum lagi minyak zaitun ini kaya akan antioksidan dan lemak tak jenuh yang baik untuk mengurangi penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

2. Bawang putih

Bawang putih memang belum diketahui secara jelas tentang manfaatnya terhadap penderita diabetes. Namun bawang putih diketahui dapat menurangi kolesterol darah, mencegah kemungkinan pembekuan darah, mengurangi resiko stroke, dan menurunkan tekanan darah, yang semuanya berhubungan dengan penyakit diabetes.

3. Bawang merah

Sedangkan bawang merah memiliki kandungan antioksidan seperti quercetin, capsaicin, dan flavonoid yang dapat mencegah berbagai penyakit kanker. Selain itu, bawang merah jug baik untuk kesehatan jantung. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Bawang merah dapat mengurangi resiko terkena penyakit kronis seperti diabetes.

4. Putih telur

Putih telur adalah salah satu makanan yang mengandung protein yang menyehatkan tubuh. Putih telur ini sangat rendah karbohidrat, sehingga tidak akan berpengaruh pada kadar gula darah. Bahkan berdasarkan penelitian menjelaskan kalau putih telur ini dapat membantu mencegah timbulnya diabetes tipe 2.

5. Oatmeal

Oatmeal kaya akan kandungan serat larutnya. Kandungan serat ini tentu dapat membantu mengurangi rasa lapar. Selain itu, oatmeal juga membantu penyerapan karbohidrat, sehingga kadar gula darah dapat stabil. Dengan mengkonsumsi oatmeal secara rutin akan dapat membantu mengurangi resiko diabetes, mengurangi resiko penyakit jantung, dan juga penyakit kolesterol tinggi.

6. Brokoli

Berdasarkan studi yang telah dilakukan di Warwick University yang dimuat dalam jurnal 'Diabetes' menjelaskan bahwa brokoli memiliki kandungan sulforaphane yang merupakan senyawa yang dapat memperbaiki dan melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat diabetes.

7. Blueberry

Blueberry merupakan buah yang termasuk dalam jenis buah berry. Bluerberry ini sangat kaya akan serat yang dapat menghilangkan lemak dari dalam tubuh dan dapat mengendalikan kadar gula darah. Mengkonsumsi buah bluerberry setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah, mengatasi depresi, dan meningkatkan daya ingat. Hal ini karena blueberry mengandung antosianin, senyawa kimia yang mengecilkan sel lemak dan menstimulasi produksi adiponektin.

8. Bayam

Kandungan lutein pada sayuran bayam ini dapat membantu menormalkan kembali kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Dan bayam ini juga mengandung zat besi yang juga sangat baik untuk kesehatan. Konsumsilah secara rutin meski bagi penderita diabetes. Namun jangan berlebihan.

9. Beras merah

Beras merah diketahui dapat membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk penderita diabetes dibandingkan dengan beras putih. Beras merah kaya akan kandungan serat yang dapat mendukung penstabilan gula darah. Untuk itu, pilihlah beras merah untuk dikonsumsi agar lebih aman.

10. Cokelat hitam

Memamng cokelat dikenal dengan makanan yang banyak mendatangkan penyakit seperti kegemukan dan obesitas. Namun tidak semua cokelat seperti itu. Bahkan cokelat hitam pun baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Cokelat ini kaya akan flavonoid yang dapat meningkatkan sensivitas insulin, mengurangi resistansi insulin, dan mempercepat pengolahan glukosa darah. Bahkan mengkonsumsi cokelat dapat membantu kenyang lebih lama. Tapi ingat, jangan berlebihan.

11. Ikan

Ikan sangat kaya akan kandungan protein, serat omega, dan juga kandungan lainnya yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan omega 3 pada ikan ini dapat membantu mengatasi peradangan yang dapat memperburuk diabetes. Sehingga bisa dipastikan kalau ikan adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

12. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan serat yang dapat membantu proses penyerapan dan mengelola glukosa. Bahkan berdasarkan penelitian menyebutkan bahwa kacang-kacangan dapat membantu mencegah stroke, serta mengatur pelepasan insulin dari dalam tubuh. Dengan begitu, kacang-kacangan cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

13. Ubi jalar

Penelitian menyebutkan bahwa ubi jalar mampu mengurangi HbA1c sebanyak 0.3 hingga 0.75% dan juga mempercepat pemrosesan glukosa darah sebanyak 10-15 poin. Kandungan antosianin pada ubi jalar juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Anda bisa mengkonsumsi ubi jalar sebagai pengganti kentang karena memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah.

14. Kunyit

Kunyit telah dipercaya oleh banyak kalangan akan manfaat dan khasiatnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan kunyit dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dalam tubuh. Kunyit mengandung curcumin yang dapat mengatur metabolisme lemak serta bekerja pada sel lemak, sel pankreas, sel ginjal, sel otot,  secara langsung dengan meredakan peradangan. Sehingga kunyit sangat baik untuk dikonsumsi baik bagi penderita diabetes maupun bagi orang yang tidak menderita diabetes.


Makanan yang wajib dihindari penderita diabetes

Meskipun ada banyak makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes, tapi kita juga harus memperhatikan makanan apa saja yang sebenarnya perlu kita hindari bila kita menderita penyakit diabetes. Berikut ini beberapa makanan yang wajib dihindari penderita diabetes:
  • Nasi putih
  • Roti tawar
  • Makanan yang terbuat dari gandum
  • Masakan sayuran yang dicampur garam, keju saus, gula, atau gula dalam jumlah banyak
  • Buah-buahan kaleng yang mengandung gula
  • Produk susu tinggi lemak
  • Daging berlemak
  • Jeroan
  • Kulit ayam
  • Popcron
  • Gorengan
Demikianlah informasi tentang Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.