Gejala dan Cara Mengatasi Anemia atau Kurang Darah

Gejala dan cara mengatasi anemia atau kurang darah - Kekurangan darah atau anemia adalah suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah (hemoglobin) dalam darah berada di bawah normal. Hemoglobin memiliki fungsi mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh tubuh. Jika hemoglobin mengalami penurnan jumlah, maka oksigen yang diantarkan tidak akan maksimal. Inilah yang menyebabkan penderita anemia terkadang merasa sangat pusing dan lemas.

Anemia yang terjadi pada tubuh seseorang bisa disebabkan oleh banyak hal. Kekurangan asupan zat besi juga bisa menyebabkan penyakit anemia. Bahkan penyakit kronis seperti kanker, gagal ginjal, HIV/AIDS dan penyakit kronis lainnya juga bisa menyebabkan terjadinya anemia. Oleh sebab itu kita harus pola hidup kita agar tetap terjaga kesehatannya dan tidak mudah terserang penyakit seperti anemia dan penyakit lainnya. Salah satu cara untuk mencegah anemia adalah mengontrol asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi

Anemia biasanya akan menimbulkan gejala-gejala tertentu pada penderitanya. Gejala ini bervariasi, dan terkadang ada yang berbeda mengalami gejalanya. Maka dari itu anda harus tahu apa saja gejala dari anemia. Berikut ini beberapa gejala-gejala terjadinya anemia atau kurang darah:
Gejala dan Cara Mengatasi Anemia atau Kurang Darah
Gejala dan Cara Mengatasi Anemia atau Kurang Darah

Gejala anemia

1. Sering kelelahan

Jika anda sering merasakan kelelahan, mungkin saja jumlah sel darah merah dalam tubuh anda sangat rendah. Sebab, sel darah merah yang rendah atau dibawah batas normal dapat menyebabkan energi tubuh menjadi berkurang. Karena energi pada tubuh bergantung pada oksidasi dan sel darah merah. Semakin rendah sel darah merah maka akan semakin berkurang pula oksidasi dalam tubuh.

2. Wajah pucat

Anemia akan membuat wajah anda mudah pucat. Bahkan di saat-saat tak terduga pun tiba-tiba wajah anda berubah menjadi pucat tanpa anda ketahui penyebab pastinya. Biasnaya kulit juga akan ikut berubah putih kekuning-kuningan.

3. Sering mual

Apakah anda sering mual di pagi hari, bisa jadi ini adalah salah satu gejala anda terkena penyakit anemia atau darah rendah. Segerala periksakan ke dokter apabila anda sering mengalami mual di pagi hari agar mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

4. Kelopak mata pucat

Bukan hanya wajah saja yang pucat, kelopak mata anda juga akan mengalami pucat jika anda terserang anemia. Cobalah renggangkan kelopak mata anda bagian bawah, bila anda melihat bagian dalam kelopak mata berwarna pucat, maka bisa jadi ini gejala anemia.

5. Ujung jari pucat

Cobalah untuk menekan ujung jari anda, biasanya daerah tersebut akan berubah menjadi merah jika dipencet. Tapi jika anda mengalami anemia, ujung jari anda akan berwarna putih pucat ketika ditekan.

6. Sakit kepala

Sakit kepala juga merupakan gejala dari anemia. Ini disebabkan kurangnya sel darah merah yang membuat otak kekurangan pasokan oksigen. Berhati-hatilah dan selalu jaga kesehatan. Jangan sampai sel darah merah anda berada dibawah normal.

7. Denyut jantung tidak teratur

Bukan hanya ketika beraktivitas saja, bahkan ketika anda bersantai atau sedang mengobrol dengan orang lain, denyut jantung anda tidak beraturan dan cenderung meningkat. Hal ini disebabkan karena jantung anda kekurangan pasokkan oksigen.

8. Sesak napas

Jumlah sel darah merah yang dibawah batas normal membuat tingkat oksigen dalam tubuh menjadi menurun. Hal ini mengakibatkan penderita anemia mudah mengalami sesak napas. Baik ketika melakukan aktivitas berat maupun ringan.

Baca juga : Penyebab sesak nafas dan cara mengatasinya

9. Rambut rontok

Jika kulit kepala tidak tercukupi nutrisi dan zat gizi dari makanan yang dikonsumsi, anda akan mengalami penipisan rambut dengan cepat. Anda jangan membiarkan hal ini terjadi. Rambut yang selalu rontok bisa saja ini gejala dari anemia.

Baca juga : Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya

10. Menurunnya kekebalan tubuh

Anemia membuat pasokkan oksigen dalam tubuh anda menjadi berkurang, sehingga energi dalam tubuh menjadi berkurang pula. Alhasil, sistem imun tubuh menjadi menurun. Jika sistem imun tubuh anda menurun, maka bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Cara mengatasi anemia

Setelah anda mengetahui beberapa gejala terjadinya anemia, sekarang saatnya anda juga mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah penyakit anemia. Anemia harus segera ditangani agar tidak menimbulkan berbagai macam masalah. Berikut ini beberapa cara mengatasi anemia:

1. Konsumsi daging dan seafood

Daging dan seafood kaya akan kandungan vitamin B12 dan asam folat yang dapat meningkatkan produksi sel darah dalam tubuh. Oleh sebab itu sangat penting bagi anda mengkonsumsi daging dan seafood. Tapi ingat, konsumsi secara cukup dan jangan berlebihan.

2. Makanan dengan zat besi

Berbagai macam makanan yang mengandung zat besi dapat anda pilih untuk membantu mengatasi anemia. Makanan seperti bayam, sayuran berdaun hijau, hati, beras merah, kurma, anggur, dan lainnya bisa anda konsumsi secara teratur agar kadar hemoglobin dalam tubuh anda tetap stabil. Sebab, hemoglobin tersusun atas zat besi dan protein.

3. Gula merah

Anda juga bisa mengkonsumsi gula merah untuk meningkatkan sel darah merah anda. Gula merah kaya akan kandungan zat besi yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Anda mencampurkan gula merah pada teh atau sebagai pemanis makanan.

4. Kacang hijau

Kandungan vitamin B1, B12, dan niacin pada kacan hijau ini dapat anda manfaatkan untuk mengatasi anemia. Anda cukup menyediakan secangkir kacang hijau dan cucilah. Setelah itu campur dengan 2 gelas air. Kemudian rebuslah hingga mendidih. Setelah didiamkan dan hangat, minumlah air rebusan tersebut 2x sehari.

5. Daun kacang panjang

Anda juga bisa memanfaatkan kacang panjang untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh anda. Cukup cuci bersih setengah genggam daun kacang panjang. Lalu asapkan daun tersebut sebentar. Konsumsilah sebagai urap pada saat anda makan. Konsumsi 2x dalam sehari.

6. Daun bawang merah

Daun bawang merah juga bermanfaat untuk meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Untuk membuatnya, rebus daun bawang merah bersama sebutir telur. Lalu konsumsilah rebusan daun bawang merah dengan rebusan tersebut. Anda cukup mengkonsumsi 2x sehari agar anemia bisa sembuh.

7. Tomat

Tomat kaya akan kandungan vitamin C dan lycopene. Vitamin C tersebut dapat membantu dalam penyerapan zat besi dalam darah. Sehingga masalah anemia bisa cepat teratasi. Konsumsilah tomat secara rutin setiap harinya.

Baca juga : Manfaat luar biasa tomat untuk kesehatan

8. Organ hewan

Organ hewan seperti jeroan bisa anda pilih untuk mengatasi anemia. Salah satunya adalah hati, hati mengandung zat besi yang sangat tinggi. Bukan hanya itu jeroan juga mengandung vitamin B12, seng, dan fosfor. Dengan mengkonsumsi jeroan secara cukup dapat membantu meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Sehingga akan lebih stabil.

9. Kurma

Kurma memang buah yang memiliki banyak khasiat. Kandungan zat besi, vitamin C, B kompleks, dan antioksidan, dapat membantu menyembuhkan anemia yang anda alami. Cukup rebus kurma dan susu. Lalu minumlah seara rutin setiap harinya.

Baca juga : Manfaat menakjubkan buar kurma untuk kesehatan

10. Umbi-umbian

Umbi-umbian juga termasuk dalam golongan makanan yang dapat membantu mengatasi masalah anemia. Kandungan asam folat, kalium, dan serat yang tinggi didalamnya dapat membantu mengatasi anemia. Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus, dibuat kolak, atau juga sebagai campuran jus.

11. Madu

Sudah tidak diragukan lagi khasiat yang dimiliki oleh madu. Bahkan telah banyak gangguan penyakit yang bisa atasi dengan mengkonsumsi madu. Kandungan zat besi, vitamin, dan mineral penting lainnya, bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi secara langsung atau sebagai campuran makanan atau minuman.

12. Pisang

Buah pisang kaya akan kandungan zat besi, vitamin, dan mineral yang dapat membantu mengatasi masalah anemia. Konsumsilah secara rutin setiap harinya agar sel darah merah anda bisa stabil. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung ataupun diolah menjadi kolak, jus, dan sebagainya.

Baca juga : Manfaat buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan

13. Apel

Apel juga mengandung zat besi, mineral, dan vitamin. Anda bisa memanfaatkan apel untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh anda. Sehingga anda akan terhindar dari anemia. Konsumsilah apel secara rutin setiap harinya untuk mengatasi anemia. Anda bisa mengkonsumsi dengan cara dijus atau dimakan secara langsung.

Demikianlah informasi tentang Gejala dan Cara Mengatasi Anemia atau Kurang Darah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.