Cara Alami Mengobati Sakit Maag Dan Pantangan Sakit Maag

citra indah

Cara Alami Mengobati Sakit Maag Dan Pantangan Sakit Maag - Hampir setiap orang pernah mengalami gangguan maag, maag tersebut adakalanya yang sifatnya ringan karena bisa mereda dengan sendirinya, namun adakalanya juga maag yang akut atau kronis apabila disertai dengan adanya bakteri yang masuk ke dalam dan hidup dalam dinding lambung, lalu penderita mengalami gejala seperti muntaber dan lambung meradang. Penyakit maag merupakan jenis penyakit yang membuat lambung menjadi terasa nyeri. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa cara alami mengobati sakit maag dan pantangan sakit maag. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Cara Alami Mengobati Sakit Maag Dan Pantangan Sakit Maag
Cara Alami Mengobati Sakit Maag Dan Pantangan Sakit Maag

A. Cara alami mengobati sakit maag

1. Ramuan kacang kedelai

Siapkan kacang kedelai secukupnya, sangrai tanpa minyak kemudian tumbuk hingga halus, lalu seduh dengan air hangat dan diminum tiga kali dalam sehari. Untuk pencegahannya anda bisa mengkonsumsinya sekali dalam sehari.

2. Biji pepaya

Jemur biji pepaya sampai kering kemudian tumbuk hingga halus, kemudian seduh dengan air hangat, minum ramuan tersebut secara teratur agar maag yang anda derita lama kelamaan akan sembuh dengan sendirinya.

3. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman yang dikenal bisa mengatasi sakit perut, termasuk sakit maag. Caranya yaitu parut kunyit kemudian peras hingga airnya keluar. Kemudian minum air perasan kunyit tersebut, untuk hasil yang lebih bagus anda juga bisa mencampurkan dengan madu murni secukupnya.

4. Daun jambu biji

Daun jambu biji selain bisa mengatasi diare juga dipercaya bisa mengatasi penyakit maag, caranya sangat mudah, yaitu dengan merebus daun jambu biji lalu minum air rebusan tersebut tiga kali dalam sehari secara teratur untuk mengatasi penyakit maag.

5. Madu dan lidah buaya

Khasiat madu untuk menjaga kesehatan sudah tidak diragukan lagi, selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh juga bisa berkhasiat untuk melindungi lambung dari bakteri dan kuman. Sedangkan lidah buaya mengandung minyak atsiri yang bisa berkhasiat untuk memperlancar sistem pencernaan.  Cara mengobati penyakit maag dengan kedua bahan tersebut yaitu:
* Siapkan 500 gram lidah buaya
* kemudian potong dan cuci bersih sampai hilang lendirnya.
* Setelah bersih kemudian haluskan lidah buaya dengan menggunakan blender untuk dibuat jus.
* Tambahkan madu murni secukupnya.
* Minum ramuan tersebut dua kali dalam sehari.

Baca juga : Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan

6. Buah alpukat dan daunnya

Buah alpukat banyak mengandung vitamin A, B komplek, D dan juga E yang bisa mengatasi sakit maag. Cara pengobatannya cukup mudah yaitu dengan mengkonsumsi alpukat dalam keadaan mentah. Anda juga bisa membuatnya sebagai jus namun jangan tambahkan gula.

Pantangan penderita sakit maag

1. Produk susu

Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang bagus, namun meskipun begitu anda juga harus tetap membatasi konsumsi susu ataupun produk-produk olahan susu lainnya. Sebagai tambahan, ada baiknya anda mengkonsumsi yang rendah atau bebas lemak agar tidak banyak asam lambung yang diproduksi.

2. Cabai

Makanan pedas semacam cabai rawit dan saus sambal bisa memperburuk gejala grastitis. Bukan hanya itu, kenaikan asam lambung yang disebabkan oleh makanan pedas juga bisa menyebabkan maag. Selaput lambung yang sudah rusak akan terus memberontak jika terkena makanan yang sangat pedas.

3. Daging

Kebanyakan jenis daging bisa ditoleransi dengan baik meskipun anda memiliki penyakit maag, pilihan daging yang terbaik yaitu daging tanpa lemak, daging yang lembut, daging unggas tanpa kulit, ikan dan kerang. Hindari cara pengolahan daging dengan cara digoreng atau dibumbu pedas. Pengolahan daging dengan cara dipanggang merupakan langkah yang baik buat penderita maag.

4. Makanan olahan

Banyak dokter yang merekomendasikan agar pasien penderita maag menghindari makanan olahan yang mengandung gula ( selain lemak trans ). Roti putih, mie dan pasta merupakan contoh jenis makanan olahan yang sanggup mengiritasi selaput lambung.

5. Gorengan

Makanan yang diolah dengan cara digoreng memang sangat renyah, nikmat dan gurih. Namun buat anda yang terkena penyakit maag sebaiknya menghindari mengkonsumsi gorengan terlalu banyak. Karena makanan yang digoreng bisa mempengaruhi naiknya gas asam di dalam lambung. Oleh karena itu mengkonsumsi gorengan bisa memicu rasa nyeri pada kerongkongan dan ulu hati.

6. Minuman bersoda

Minuman bersoda bukanlah minuman yang sehat dan pantas dikonsumsi sebagai minuman harian. Sebab minuman bersoda bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan dosis tinggi. Jenis minuman berkarbonasi ini bisa memicu naiknya kadar asam di dalam lambung. Efek karbonasi juga bisa menyebabkan gangguan perut seperti perut kembung sehingga anda merasa tidak nyaman.

7. Kopi dan teh

Orang yang sudah kecanduan minum kopi pasti sulit untuk bisa meninggalkannya, karena kopi sudah menjadi teman sehari-hari. Namun jenis minuman ini tidaklah cocok bagi penderita maag. Bukan hanya kopi, teh juga memiliki kandungan kafein yang bisa memicu gangguan pada lambung. Kurangi konsumsi kopi dan teh. Lebih baik memperbanyak konsumsi air putih karena lebih menyehatkan.

8. Cokelat

Coklat juga merupakan makanan pantangan bagi penderita maag. Kandungan kafein dan stimulan lain seperti theobromine yang terdapat pada coklat bisa memicu naiknya kadar asam di dalam lambung, maka dari itu coklat tidak baik buat penderita asam lambung.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Mengobati Sakit Maag Dan Pantangan Sakit Maag. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.