Cara Alami Melancarkan Menstruasi yang Tidak Teratur

rina

Cara alami melancarkan menstruasi yang tidak teratur - Menstruasi adalah keluarnya darah haid dari dalam rahim seorang wanita secara periodik yang dipengaruhi oleh hormon. Pendarahan haid biasanya berlangsung selama 3 hari sampai 1 minggu, dan paling lama 15 hari. Jika melebihi 15 hari maka ada masalah pada kesehatan tubuh.

Berbicara tentang haid atau menstruasi, itu merupakan suatu hal yang wajar dialami oleh setiap wanita. Karena keluarnya darah haid bisa menjadi tanda kenormalan. Namun anda juga harus ingat, tanggal keluarnya darah haid pada setiap wanita memang berbeda-beda. Yang terpenting anda harus bisa mengira-ngira setiap tanggal berapa darah haid akan keluar. Sebab, ada juga wanita yang keluarnya darah haid tidak sesuai dengan tanggal biasanya, atau yang biasa disebut tidak teratur.

Haid yang tidak teratur atau tidak lancar ini secara umum disebabkan karena kadar hormon estrogen dan progresteron perempuan yang tidak seimbang. Selain itu, berikut ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi kelancaran haid atau menstruasi:
Cara Alami Melancarkan Menstruasi yang Tidak Teratur
Cara Alami Melancarkan Menstruasi yang Tidak Teratur

 Hal yang mempengaruhi menstruasi

1. Karena stres

Banyaknya masalah yang menjadi beban pikiran membuat kesehatan tubuh menjadi terganggu, salah satunya adalah siklus menstruasi. Menstruasi yang dialami menjadi berubah-ubah waktunya. Kondisi pikiran yang tidak stabil ini akan berpengaruh pada hormon estrogen, progresteron, dan penurunan gonadotropin relasing hormone yang menyebabkan lambatnya menstruasi.

2. Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa siklus periodik menstruasi menjadi tidak teratur atau tidak lancar. Yang mempengaruhi yaitu obat-obatan, gaya hidup, perimenopause, sakit, tiroid, dan sindrom polikistik ovarium.

3. Karena adanya penyakit

Adanya penyakit dalam tubuh memang dapat menjadi pengaruh tidak teraturnya siklus menstruasi. Tidak teraturnya menstruasi karena penyakit adalah karena pentakit yang terdapat pada saluran reproduksi. Seperti penyakit kista, polip, fibroid, infeksi, kelainan genetik, endometriosis, dan sindrom polikistik ovarium.

Cara alami melancarkan haid

Jika anda merasa siklus menstruasi anda tidak lancar atau tidak teratur, anda jangan langsung panik. Anda bisa mengatasinya dengan cara-cara alami. Selain efektif, cara-cara ini sangat aman untuk anda coba lakukan. Berikut ini ara alami untuk melancarkan haid:

1. Mengkonsumsi jus pepaya

Pepaya bisa anda manfaatkan untuk membantu melancarkan haid. Kandungan alami pada pepaya ini bisa anda manfaatkan mengatasi haid yang tidak teratur. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dijadikan jus atau dimakan secara langsung. Konsumsilah secara teratur.

2. Rajin mengkonsumsi anggur

Anggur adalah salah satu bauh yang memiliki khasiat baik untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan sistem reproduksi, yaitu melancarkan haid. Konsumsi anggur secara rutin dapat membantu melancarkan haid setiap bulannya. Jadi tidak perlu takut haid tidak teratur atau tidak lancar.

3. Jus lidah buaya

Lidah buaya bukan hanya dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan rambut saja, tapi juga dapat dijadikan obat alami untuk melancarkan haid. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dijadikan sebagai jus. Jus lidah buaya ini sangat efektif mengatasi haid yang tidak teratur.

4. Makanan asam

Berbagai macam makanan asam seperti asam jawa, baik itu berupa minuman atau permen dapat membantu melancarkan haid anda. Asam jawa ini juga dapat membantu mengencerkan darah haid yang keluar. Sehingga tidak takut darah akan menggumpal.

5. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan kaya akan kandungan lemak baik dan asam omega 3. Kandungan tersebut dapat membantu melancarkan haid. Untuk itu, konsumsilah makanan seperti sayuran kacang-kacangan secara teratur agar haid juga teratur.

6. Olahraga teratur

Bukan hanya mengkonsumsi makanan dan minuman saja, tapi anda juga harus menjaga kesehatan anda. Yaitu dengan cara olahraga secara teratur. Dengan olahraga secara teratur ini dapat membantu melancarkan haid anda. Anda tidak perlu olahraga yang berat-berat, cukup olahraga ringan namun dilakukan secara rutin.

7. Istirahat yang cukup

Selain melakukan olahraga yang teratur, anda juga jangan melupakan waktu istirahat anda. Istirahat juga sangat penting untuk mengembalikan stamina anda. Dengan istirahat yang cukup juga akan dapat membantu melancarkan haid anda. Anda bisa mengatur waktu istirahat anda setiap harinya secara teratur dan cukup.

8. Pola makan sehat

Pola makanan yang sehat dan teratur juga sangat berpengaruh pada siklus haid anda. Jika pola makan yang anda jalani tidak teratur dan sembarangan, maka akan menyebabkan tidak lancarnya haid. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang cukup, seperti vitamin, serat, zat besi, dan kandungan lainnya.

9. Jamu tradisional

Anda juga bisa mengkonsumsi jamu tradisional untuk mengatasi masalah haid yang tidak lancar. Tapi ingat, konsumsilah jamu yang alami, bukan jamu yang tersedia dalam kemasan praktis dan siap minum. Buatlah jamu tradisional sendiri yang lebih aman dan bebas bahan pengawet berbahaya. Rebuslah 2 rimpang kunyit, setengah sdt ketumbar, setengah sdt biji pala, setengah genggam daun srikading, dan rebuslah didalam air sebanyak 1 liter. Setelah mendidih tunggu sampai hangat dan minumlah airnya. Jamu tradisional ini dapat melancarkan haid secara alami.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Melancarkan Menstruasi yang Tidak Teratur. Jika anda merasa menstruasi tidak lancar, anda dapat melakukan tips diatas agar menstruasi anda kembali lancar. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.