21 Manfaat Luar Biasa Asam Jawa untuk Kesehatan

rina

Manfaat luar biasa asam jawa untuk kesehatan - Asam jawa adalah salah satu bumbu yang terkenal populer dalam sejumlah hidangan nusantara. Asam jawa ini memiliki aroma yang khas dengan rasa asam manisnya  yang segar menjadi penggugah selera dalam sejumlah sajian.

Berbicara tentang asam jawa. Jika di mata dunia Internasional, asam jawa ini lebih dikenal dengan nama tamarin. Asam jawa ini memiliki banyak khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak banyak yang tahu kalau asam jawa ternyata dapat digunakan sebagai bahan alami pengobatan tradisional. Ya, bagi sebagian orang, asam jawa lebih digunakan untuk pengobatan tradisional. Sebab, khasiatnya yang alami ini mampu memberikan manfaat lebih bagi tubuh.

Lantas, apa saja sih manfaat dari asam jawa ini? Sebenarnya didalam asam jawa ini tersimpan manfaat yang luar biasa yang tidak diketahui oleh banyak orang. Berikut ini beberapa manfaat luar biasa asam jawa untuk kesehatan:
Manfaat Luar Biasa Asam Jawa untuk Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Asam Jawa untuk Kesehatan

1. Mengobati disentri

Penyakit disentri ini biasanya memiliki gejala seperti perut yang terasa mulas, buang air besar, dan terkadang juga disertai dara dan lendir. Disentri ini disebabkan oleh bakteri amoeba. Tapi tenang, disentri bisa anda atasi dengan memanfaatkan asam jawa. Haluskan 5 gram asam jawa, 10 gram kunyit dan 10 gram temulawak. Campurkan dengan air hangat dan aduk. Lalu ambil air saringannya dan minumlah dipagi hari. Anda juga bisa menambahkan madu pada air saringan tersebut.t

Baca juga : Cara mencegah dan mengatasi perut kembung atau masuk angin

2. Mengatasi demam setelah nifas

Nifas adalah keluarnya darah pada rah*m seorang wanita setelah melahirkan. Pada sebagian wanita biasanya mengalami gangguan demam saat atau setelah nifas berlangsung. Namun anda bisa mengatasinya dengan asam jawa. Seduhlah asam dan gula aren dengan menggunakan air secukupnya. Lalu minumlah air seduhan tersebut setelah agak hangat.

3. Obat penyakit difteri

Difteri adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran pernafasan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri corynebacterium diphtheria. Biasanya akan memunculkan gejala seperti sakit tenggorokan, panas dingin, dan sulit bernafas, serta terkadang ada lender dalam hidung dan mulut. Anda bisa mengatasinya dengan asam jawa. Siapkan 5 gram lobak, 5 gram kencur, 5 gram bawang merah, 10 gram daun pepaya. Tumbuklah bahan-bahan tersebut bersama dengan asam jawa. Lalu seduhlah hasil tumbukan dengan air hangat. Dan gunakan air seduhan untuk berkumur, tapi jangan diminum.

4. Mengobati ambeien

Mungkin banyak orang yang tidak tahu kalau ternyata asam jawa dapat mengatasi masalah ambeien. Jika tidak percaya, silahkan dicoba. Siapkan 6 gram daun keji keling, 6 gram meniran, 3 gram temulawak, dan 1 gram asam jawa. Rebuslah semua bahan dengan air sebanyak 1 liter. Setelah mendidih dan sedikit hangat, saringlah airnya dan minum sebanyak 3 kai dalam sehari.

5. Mengobati sariawan

Sariawan memang terasa sangat menyiksa. Mau makan makanan apapun baik itu enak maupun tidak enak, tetap saja terasa tidak nyaman. Untuk mengobati sariawan, anda cukup menyiapkan satu genggam asam jawa muda, dan 5 cm kunyit rimpang. Irislah tipis-tipis dan rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minumlah saat pagi hari dan sore hari.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengobati sariawan 

6. Obat sakit perut

Jika anda mengalami sakit perut, anda jangan khawatir. Obatilah dengan bahan alami ini, yaitu asam jawa. Selain aman juga efektif menyembuhkannya. Siapkan 3 buah polong asam jawa, kapur sirih, dan minyak kayu putih. Tumbuklah asam jawa dan kapur sirih hingga halus. Tambahkan minyak kayu putih. Setelah halus lalu balurkan pada perut anda yang sakit secara merata.

7. Mengobati nyeri haid

Asam jawa bukan hanya mengobati masalah demam setelah nifas, tapi juga rasa nyeri saat haid. Namun ingat, tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil. Anda cukup menyiapkan segenggam asam jawa muda dan kunyit sebesar 2 jari. Tumbuklah semua bahan hingga halus. Lalu rebuslah bersama 1 gelas air. Saring dan ambil airnya. Kemudian minumlah setiap hari selama satu minggu.

8. Mengobati asma

Jika anda memiliki masalah pada pernafasan anda seperti asma, anda bisa mengobatinya dengan ramuan tradisional berbahan dasar asam jawa. Ambilah 2 potong kulit pohon asam jawa dan juga pohon adas pulowaras. Kemudian rebus dengan 2 gelas air. Setelah itu saring dan ambil airnya lalu minum setiap hari.

9. Obat batuk kering

Untuk mengobati batuk kering menggunakan asam jawa, anda cukup mengambil 3 buah polong asam jawa dan 1 genggam  daun saga. Rebuslah dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan ambil airnya. Lalu minum sebanyak 2 kali dalam sehari. Lakukan di waktu pagi dan sore hari.

10. Mengobati gatal alergi dan biduran

Gatal alergi dan biduran memang terasa sangat tidak nyaman. Namun anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan khasiat asam jawa. Cukup siapkan 2 buah asam jawa, seperempat sendok kapur sirih, garam secukupnya. Kemudian rebus semua bahan tersebut dengan air 3 gelas. Setelah mendidih lalu saring dan ambil airnya. Minum 2 kali sehari.

11. Menyembuhkan luka

Jika anda mendapati bagian tubuh anda terluka (Bukan luka hati loh ya), anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan asam jawa. Cukup ambil daun asam jawa secukupnya dan kemudian kunyah dengan mulut anda. Tempelkan daun yang sudah dikunyah itu pada bagian tubuh yang terluka.

Baca juga : Cara alami menyembuhkan luka yang telah bernanah

12. Mengobati rematik

Pegal linu atau rematik juga bisa anda obati dengan mengunakan asam jawa. Silahkan siapkan 1 genggam daun asam jawa dan 3 biji asam jawa. Setelah itu tumbuklah hingga bahan-bahan tersebut halus. Oleskan pada pinggang anda yang sakit.

13. Mengobati demam

Ramuan tradisional yang terbuat dari asam jawa ini juga bisa anda manfaatkan untuk mengobati demam. Ambil 1 genggam daun asam jawa dan adas pulawaras seperlunya saja. Rebuslah dengan air seliter sampai mendidih. Saring dan ambil airnya lalu minumlah 2 kali sehari.

Baca juga : Cara alami menurunkan demam tanpa obat

14. Mengobati gatal pada bekas luka yang sudah kering

Ketika luka anda sudah mengering, biasanya akan meninggalkan bekas. Ini membuat kita terkadang merasa tidak percaya diri. Dan juga terkadang masih terasa gatal. Untuk mengatasi itu semua anda bisa menggunakan asam jawa. Rendamlah asam jawa dalam air hingga mengembang. Dan gosokkan asam jawa tadi pada bekas luka yang sudah kering.

Baca juga : Cara alami dan cepat hilangkan bekas luka

15. Bengkak karena digigit serangga

Asam jawa juga terkenal akan khasiatnya yang dapat mengobati gigitan serangga secara alami. Gigitan ataupun sengatan serangga seperti lebah, tawon, kalajengking, dan lainnya, bisa anda atasi dengan ramuan asam jawa. Cukup siapkan 3 biji asam jawa dan tumbuk sampai halus. Oleskan pada bagian titik yang tersengat atau bengkak. Namun pastikan bagian tersebut bersih trlebih dulu.

16. Mengobati bisul

Anda pernah bisulan? Pasti rasanya sangat menyiksa. Anda sebenarnya bisa mengobatinya dengan memanfaatkan ramuan asam jawa. Siapkan 5 gram asam jawa, 10 gram daun kangkung, 10 gram daun bayam duri, dan garam secukupnya. Tumbuklah hingga halus Tempelkan pada bagian yang terkena bisul. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

17. Mengobati keputihan

Biasnya penyakit keputihan ini menyerang daerah kewanitaan. Ada ramuan alami yang bisa anda gunakan untuk mengobatinya, yaitu ramuan herbal dari asam jawa. Ambilah asam jawa sebesar kelereng, 25 helai daun bluntas, 5 cm kunyit rimpang, dan gula aren. Haluskan daun bluntas dan kunyit. Lalu seduhlah dengan air panas setengah gelas. Lalu campurkan gula dan asam jawanya. Aduk merata dan minumlah setiap malam.

18. Mengobati penyakit campak

Jika anda memiliki penyakit campak, jangan khawatir, obatilah dengan menggunakan ramuan herbal dari asam jawa. Anda hanya perlu menyiapkan 3 gelas daun asam jawa, 3 iris rimpang kunyit, garam, dan gula aren secukupnya. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air. Lalu saring airnya dan minum sebanyak 2 kali sehari.

19. Mengatasi alergi

Hampir sama yang telah dijelaskan diatas, bahwa ramuan herbal asam jawa ini dapat mengatasi masalah alergi. Anda cukup membuatnya dengan merebus bahan-bahan seperti 3 daun asam jawa yang masak dan garam secukupnya. Setelah mendidih, lalu minumlah airnya 2 kali sehari.

20. Menurunkan demam bayi

Bukan hanya demam pada orang dewasa atau tua saja, tapi juga bisa menyembuhkan demam pada anak atau bayi. Ambilah asam jawa dan kunyit sebesar ibu jari, 2 tangkai daun bawang, 5 lembar daun melati yang masih muda. Tumbuklah bahan-bahan semua, lalu tempelkan pada ubun-ubun si bayi hingga kering.

21. Menurunkan kolesterol

Anda juga bisa memanfaatkan ramuan asam jawa untuk menurunkan kolesterol. Anda cukup menyiapkan 200 gram asam jawa dan tumbuklah sampai halus. Lalu tuangkan 200 ml air panas kedalam tumbukan asam jawa tersebut. Saring airnya dan minum sebanyak 3 kali sehari.

Baca juga : Cara alami menurunkan kolesterol yang tinggi

Demikianlah informasi tentang  Manfaat Luar Biasa Asam Jawa untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.