Penyebab Sesak Napas Dan Cara Cepat Untuk Mengatasinya

citra indah

Penyebab Sesak Napas Dan Cara Cepat Untuk Mengatasinya - Sesak napas merupakan suatu golongan kesehatan yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Hal ini dikenal dengan asfiksia, yaitu ketidaknyamanan seseorang untuk melakukan pengesesan secara manual. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa penyebab sesak napas dan cara cepat untuk mengatasinya. Agar tidak terlalu panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa konsumen di bawwh ini. Berikut Penyebab sesak napas dan cara cepat untuk mengatasinya.

Penyebab Sesak Napas Dan Cara Cepat Untuk Mengatasinya
Penyebab Sesak Napas Dan Cara Cepat Untuk Mengatasinya

A. Penyebab sesak napas

1. Asma

Pada penderita asma terjadi penyempitan napas dan tidak jarang menghasilkan lebih banyak dahak ( lendir lengket ) yang bisa menyebabkan sesak napas dan batuk.

2. Peneumonia

Menyebabkan sesak napas, demam dan batuk, hal tersebut biasanya disebabkan oleh infeksi, sehingga pengobatannya bisa membutuhkan antibiotik.

3. Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronik ( PPOK )

Seseorang yang mengidap penyakit seperti ini kemudian tiba-tiba mengalami sesak napas maka kemungkinan besar penyakit PPOK ini tiba-tiba semakin memburuk.

4. Gagal jantung

Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab sesak napas yang bisa mengancam jiwa seseorang karena jantung mengalami kesulitan untuk memompa darah yang cukup ke seluruh tubuh. Hal ini bisa menyebabkan penumpukan air di dalam paru-paru, sehingga bisa menimbulkan sesak napas.

5. Serangan jantung

Ada jenis serangan jantung yang tanpa mengalami gejala yang jelas, seperti kecemasan yang luar biasa dan nyeri dada. Dalam hal ini sesak napas mungkin satu-satunya tanda bahwa orang tersebut mengalami serangan jantung.

B. Penyebab sesak napas akut lainnya

  • Keracunan karbon monoksida
  • Collapse ( runtuh ) sebagian paru-paru yang disebabkan oleh sobekan kecil pada permukaan paru-paru, sehingga udara terjebak dalam ruangan paru-paru.
  • Penyumbatan pada salah satu pembuluh darah di paru-paru.
  • Fibrosis paru idiopatik, suatu kondisi paru-paru yang langka dan sulit untuk dipahami yang menyebabkan penyumbatan pada paru-paru.
  • Koleksi cairan di samping paru-paru ( efusi pleura )
  • Komplikasi diabetes yang dikenal sebagai diabetic ketoacidosis, dimana asam sangat tinggi kadarnya dalam darah dan urine.

C. Penyebab sesak napas jangka panjang ( Kronis ). Sesak napas jangka panjang biasanya disebabkan oleh :

  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Asma yang tidak terkontrol dengan baik
  • Penyakit paru obstruktif kronik ( PPOK ), yaitu kerusakan permanen pada paru-paru biasanya disebabkan oleh perilaku. merokok dalam kurun waktu yang lama.
  • Tuberkulosis ( TBC )
  • Anemia
  • Gagal jantung
  • Masalah denyut jantung atau iramanya, seperti fibrilasi atrium atau takikardia supraventricular.

D. Cara cepat mengatasi sesak napas

1. Minum air jahe

Jahe merupakan bahan alami yang sangat penting untuk mengatasi sesak napas dan melegakan tenggorokan. Jahe mengandung antioksidan yang bisa mengatasi infeksi
pada saluran pernapasan. Anda bisa mencobanya dengan merebus dua gelas air mineral dengan sepotong ruas jahe, rebus hingga mendidih kemudian minum selagi hangat.

Baca juga : Manfaat wedang jahe untuk kesehatan

2. Minum kopi hitam

Kopi hitam juga bisa berkhasiat mengatasi sesak napas, cara ini bisa dilakukan pada orang dewasa, namun sebaiknya jangan dilakukan pada orang yang terkena penyakit komplikasi darah tinggi. Kandungan kaffein dalam kopi bisa membantu mengatasi otot pernapasan yang yang terlalu lelah. Namun cara ini bisa membuat denyut jantung menjadi lebih cepat serta kenaikan tekanan darah.

Baca juga : Manfaat dan efek samping kopi bagi kesehatan

3. Lakukan posisi duduk bersandar

Anda bisa mencoba posisi duduk bersandar pada dinding atau tempat tidur  untuk mengatasi sesak napas, cara ini dilakukan dengan kaki yang rata ke bagian lantai atau tempat tidur, kemudian busungkan dada ke depan sedikit, setelah itu letakkan tangan pada pada kedua sisi tubuh dan letakkan bagian kepala pada bantal, posisi seperti ini bisa membantu anda bernapas dengan lebih baik.

4. Lakukan posisi berdiri santai

 Diantara cara mengatasi sesak napas yaitu dengan melakukan posisi berdiri santai. Anda bisa mencobanya dengan melakukan berdiri dengan bagian kaki yang lebarnya sama dengan posisi bahu. Lalu sandarkan bagian pinggul ke dinding atau benda apa saja yang bisa menjadi tumpuan tubuh, kemudian buat bagian paha menjadi sangat santai. Setelah itu atur bahu agar menjadi lebih santai, dada membusung sedikit dan posisikan bagian lengan menganggantung ke arah tanah.

5. Latihan pernapasan hidung

Cara lain yang bisa anda lakukan yaitu dengan latihan pernapasan hidung. Anda bisa mencobanya dengan menarik napas dari hidung dengan beberapa hitungan, kemudian tahan udara yang sudah masuk secara perlahan, lalu cobalah untuk menghembuskan nafas dari bagian mulut.

6. Berjalan lambat sambil bernapas pelan

Berjalan lambat juga bisa menjadi alternatif anda untuk mengatasi sesak napas, anda bisa menarik napas secara perlahan sambil berjalan-jalan. Cara ini bisa membantu anda mendapatkan fungsi otot diafragma serta mengembalikan fungsi paru-paru yang sebenarnya.

7. Makan sering porsi kecil

Pola makan yang tidak baik juga bisa menyebabkan terjadinya sesak napas, anda harus bisa mengatur pola makan dengan baik. Makan yang sering dengan porsi yang kecil lebih bagus daripada makan yang banyak sekali waktu. Anda bisa mencobanya dengan makanan ringan tidak harus makanan pokok, cara ini bisa membantu anda menjaga kondisi kesehatan secara umum dan bisa mengendalikan berat badan.

8. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok juga bisa memicu sesak napas. Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok bisa menyebabkan penyakit yang mengganggu paru-paru seperti kanker paru-paru, asma dan lainnya. Untuk mengatasi hal ini anda harus bisa berhenti merokok.

9. Atur emosi

Emosi yang sangat tinggi juga bisa menyebabkan terjadinya sesak napas, emosi bisa membuat sesak napas menjadi lebih buruk, untuk mengatasi hal ini anda harus bisa mengendalikan tingkat emosi anda. Emosi bisa menyebabkan rasa sedih, perasaan marah dan kondisi depresi yang berat.

10. Cobalah mengendalikan tingkat stres

Penyebab sesak napas tidak hanya berasal dari penyakit, namun ada beberapa faktor lainnya seperti karena tekanan pikiran yang menyebabkan setres. Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini untuk mengendalikan setres seperti :
* Membuat pikiran menjadi santai
* Melakukan latihan ringan dan olah raha santai.
* Menghindari panik dan membuat pikiran jangan sampai tertekan.

11. Latihan yoga

Melakukan rekresi atau pun yoga dengan menurun, yoga bisa membuat kondisi pernapasan lebih, anda bisa mencobanya untuk tidur malam dalamnya. Latihan ini bisa membantu mengendalikan fungsi pari-paru dan otot perut.

12. Istirahat yang cukup

Terlalu lelah atau pun kurang tidur bisa menyebabkan munculnya sesak napas, untuk membantu mengatasi masalah ini anda bisa tidur siang dan mengatur jam istirahat dengan baik, istirahat yang cukup bisa mengatasi masalahnya.

E. Kapan harus ke dokter ?

Periksa ke dokter jika anda mengalami sesak napas yang disertai dengan:
* Bengkak pada kaki dan pergelangan kaki
* Demam tinggi, batuk dan menggigil
* Sesak napas ketika berbaring
* Mengi atau whezzin stridor, suara yang bernada tinggi yang mebel kunci 
* Bibi atau ujung jari membiru
* sesak napas yang semakin memburuk kondisinya

Demikianlah informasi tentang Penyebab Sesak Napas Dan Cara Cepat Untuk Mengatasinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.