Pantangan bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Pantangan bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi - Hipertensi adalah suatu penyakit dimana seseorang mengalami kondisi peningkatan tekanan darah yang cukup tinggi hingga melebihi batas normalnya. Hipertensi ini sama halnya dengan penyakit lainnya yang mengharuskan penderitanya untuk menghindari makanan tertentu.

Berbicara tentang hipertensi, ada beberapa zat makanan yang menjadi pantangan bagi seseorang penderita hipertensi atau darah tinggi. Oleh sebab itu wajib bagi penderita hipertensi untuk berhati-hati dalam memilih dan mengkonsumsi makanan. Salah satu makanan yang menjadi pantangan adalah makanan yang berlemak tinggi. Kandungan lemak ini dapat membuat darah menjadi lengket dengan dinding pembuluh, sehingga lebih mudah menggumpal.

Selain itu, ada juga pantangan lainnya yang perlu dihindari oleh penderita hipertensi. Pantangan ini tidak boleh dilanggar agar tekanan dara pada tubuh bisa turun dan kembali normal. Berikut ini beberapa pantangan bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi:
Pantangan bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi
Pantangan bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Pantangan penderita tekanan darah tinggi

1. Daging berlemak atau daging merah

Daging berlemak seperti daging kambing, domba, sapi, sangat dilarang untuk dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Daging merah yang berlemak tersebut mengandung berbagai jenis racun yang bisa meningkatkan tekanan darah dalam waktu yang lebih cepat, terutama daging kambing.

2. Makanan olahan

Berbagai macam makanan olahan yang berasalh dari daging seperti sosis, dendeng, dan makanan lain seperti makanan kaleng dan lainnya. Makanan tersebut tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Kandungan zat pengawet kimia didalamnya dapat memperparah hipertensi. Dan juga kandungan natrium yang tinggi hingga 1200 mg ini sangat berbahaya bagi penderita hipertensi.

3. Saus tomat

Saus tomat adalah salah satu jenis makanan yang dilarang dikonsumsi oleh orang penderita hipertensi. Hal ini dikarenakan kandungan sodiumnya yang tinggi dan melimpah. Kandungan sodium tersebut sangat berbehaya bagi kesehatan penderita tekanan darah tinggi.

4. Makanan asin

Berbagai macam makanan asin juga merupakan pantangan bagi penderita hipertensi. Hal ini disebabkan karena garam yang dituangkan secara langsung pada suatu makanan dapat membuat pembuluh darah dan arteri dalam jantung menjadi rusak. Sehingga sangat rentang mengalami stroke dan serangan jantung.

5. Makanan manis atau gula

Makanan yang manis-manis atau tambahan gula memang terasa menyenangkan jika dikonsumsi, apalagi dengan campuran bahan makanan lainnya seperti eskrim dan sebagainya. Namun ingat, makanan manis jika dikonsumsi berlebihan dapat berbahaya bagi penderita hipertensi. Kadar gula darah akan meningkat dan menyebabkan berat badan meningkat. Hal ini akan menyebabkan resiko tersumbatnya pembuluh darah dan terjadinya penyakit stroke dan jantung.

6. Makanan kaleng, termasuk buah kaleng

Berbagai macam makanan kaleng seperti seperti ikan sarden dam makanan lainnya sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi. Hal ini ditujukan agar penyakit darah tinggi yang dialami tetap aman. Karena kandungan soduium yang tinggi pada makanan kaleng dapat menyebabkan banyak macam penyakit, termasuk memperparah hipertensi.

7. Produk roti

Berbagai macam produk roti juga harus anda waspadai untuk tidak dikonsumsi jika anda menderita hipertensi. Umumnya roti memiliki bumbu yang gurih. Makanan dengan campuran bumbu tersebut dapat memicu datangnya obesitas dan meningkatkan tekanan darah. Sehingga hipertensi menjadi lebih parah.

Baca juga : Daftar makanan sehat untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi

8. Kafein

Mengkonsumsi berbagai makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat membuat tekanan darah dalam tubuh anda menjadi semakin meningkat. Hal ini sudah jelas, kalau anda memiliki riwayat hipertensi akan semakin parah. Kafein biasanya terdapat pada cokelat, teh, kopi, dan lainnya.

Baca juga : Efek buruk kafein bagi kesehatan dan kecantikan

9. Kentang goreng

Kentang goreng memang memiliki rasa yang gurih dan enak. Ini yang membuat banyak orang menyukainya. Namun disamping rasanya yang enak, kentang goreng memiliki kandungan yang dapat memperparah hipertensi. Sebab, kandungan garam yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah lebih cepat. Hal ini akan memicu resiko penyakit jantung.

10. Susu

Susu memang sangat menyehatkan tubuh. Namun jika anda memiliki riwayat hipertensi, sebaiknya jangan terlalu banyak minum susu atau olahan susu. Meskipun kalsium yang tinggi disarankan bagi penderita hipertensi, namun kandungan lemak didalamnya cukup tinggi dapat meningkatkan tekanan darah.

Kegiatan atau kebiasaan yang dialarang

1. Terjun payung

Memang olahraga terjun payung bagi sebagian orang itu sangatlah menyenangkan. Tapi anda harus tahu, jika anda memiliki penyakit hipertensi, maka hindarilah kegiatan atau hobi terjun payung ini. Sebab, terjun payung dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Bahkan bisa menyebabkan serangan jantung jika anda memaksakan diri.

2. Menyelam

Menyelam melihat pemandangan bawah air. Sungguh indahnya dan menyenangkannya bisa melakukan kegiatan ini. Tapi, jangan sekali-sekali mencoba bagi anda yang menderita hipertensi. Apalagi kalau melakukannya tanpa pendampingan. Sebab menyelam dapat beresiko tinggi bagi yang menderita tekanan darah tinggi.

3. Angkat beban

Angkat beban memang merupakan olahraga yang menurut sebagian besar orang adalah olahraga wajib. Selain menyehatkan juga bisa membesarkan otot tangan, pundak, dan leher. Namun anda harus tahu kalau olahraga angkat beban ini tidak disarankan bagi penderita hipertensi. Angkat beban akan dapat menyebabkan parahnya hipertensi. Namun jika ingin tetap berolahraga angkat beban ini, gunakan beban yang lebih ringan dan tidak terlalu memaksakan tubuh anda.

4. Merokok

Ini merupakan kebiasaan yang sering dilakukan anak remaja maupun orang tua. Bahkan banyak yang bilang kalau merokok adalah kebiasaan yang wajib setiap harinya. Padahal kebiasaan merokok sangat tidak baik untuk kesehatan dan dapat menyebabkan banyak penyakit seperti kanker, jantung, gagal janin, dan lainnya. Bagi penderita hipertensi, rokok dapat memperparah keadaan.

5. Kebiasaan minum alkohol

Kebiasaan minum alkohol bukanlah kebiasaan yang baik untuk dilakukan. Alkohol dapat berpotensi merusak dinding arteri yang sehingga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Bahkan jika minum alkohol dijadikan kebiasaan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit serius yang sangat berbahaya.

6. Stres

Memang stres itu sulit untuk dihindari. Apalagi kalau masalah selalu datang bertubi-tubi, kalau tidak bisa mengatasinya dengan baik, maka stres akan selalu menyerang. Jika anda memiliki riwayat hipertensi, sebaiknya hindari stres dan tekanan pikiran sebisa mungkin. Jangan terlalu dipaksakan melakukan suatu hal yang membuat pikiran anda menjadi stres. Sebab, hal ini bisa memperparah keadaan hipertensi anda.

 Demikianlah informasi tentang Pantangan bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.