Manfaat serta Bahaya Gula untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat serta bahaya gula untuk kesehatan dan kecantikan - Gula adalah salah satu bahan yang biasa digunakna untuk campuran teh, kopi, atau minuman lainnya. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa manis pada makanan atau minuman yang diberi campuran gula.

Berbicara tentang gula, gula memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, apalagi gula dibuat dari tanaman tebu, aren, dan juga tanaman lainnya. Jadi sangat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi. Tapi tentunya dalam takaran yang pas dan tidak berlebihan. Dalam dunia kecantikan, gula juga digunakan untuk perawatan kulit. Gula memiliki kandungan alami yang mampu membuat kulit menjadi lebih lembab, lembut, dan lebih berseri.

Dari keterangan itu semua, mungkin anda penasara, apa saja sih sebenarnya manfaat dari gula. Banyak orang yang menganggap gula itu hanya menyebabkan diabetes saja. Nah, berikut ini manfaat gula untuk kesehatan dan kecantikan.
Manfaat serta Bahaya Gula untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat serta Bahaya Gula untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat gula untuk kesehatan

1. Meningkatkan energi secara instan

Gula dapat meningkatkan energi seseorang secara instan. Inilah yang menjadi penyebab mengapa banyak orang yang sering mengkonsumsi teh manis atau kopi manis di pagi hari. Dengan mengkonsumsi minuman manis ini tubuh anda akan lebih berenergi dan lebih bersemangat. Gula tersebut akan menjadi glukosa saat masuk dalam tubuh, dan kemudian akan dirubah menjadi energi.

2. Meningkatkan tekanan darah

Bila anda memiliki tekanan darah yang rendah, anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi minuman atau makanan manis yang mengandung gula. Minuman atau makanan manis tersebut akan dapat membantu menaikkan tekanan darah secara perlahan.

3. Mengobati infeksi

Gula telah dipercaya dari dulu dapat mengobati luka infeksi. Gula yang digunakan ini adalah gula pasir. Anda bisa menyembuhkan berbagai macam luka seperti borok, amputasi, luka baring, dan sebagainya. Anda cukup menempelkan gula pasir pada area tersebut. Bakteri akan terbunuh dengan mudah.

4. Menyembuhkan depresi

Jangan meremehkan gula, gula juga mampu mengatasi masalah depresi atau stres. Gula mampu menenangkan saraf pada otak, sehingga membuat otak menjadi lebih tenang pikiran menjadi adem ayem serta fresh dan rileks. Konsumsilah makanan atau minuman manis yang mengandung gula, hal ini akan mempermudah mengatasi stres anda.

5. Meningkatkan fungsi otak

Gula juga dapat membantu meningkatkan kefokusan anda pada suatu titik. Ketika otak anda sedang kacau dan susah berkonsentrasi, hal ini disebabkan oleh pasokan gula pada otak berkurang. Oleh sebab itu minumlah minuman yang mengandung gula agar pasokan gula pada otak menjadi stabil lagi.

Manfaat gula untuk kecantikan

1. Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati pada kulit tubuh anda juga bisa anda atasi dengan menggunakan gula, terutama pada bagian wajah. Anda cukup menjadikan gula pasir sebagai scrub alami. Campurkan satu sendok gula pasir dengan setengah sendok madu. Kemudian oleskan pada kulit wajah anda. Pijat dan tunggu selama 20 menit. Bersihkan dengan air dan keringkan dengan handuk halus.

Baca juga : Cara alami mengangkat sel kulit mati

2. Membersihkan dan mencerahkan kulit

Gula juga bisa anda manfaatkan untuk membersihkan kulit anda. Perawatan secara rutin dengan gula ini bisa membuat kulit menjadi lebih bersih dan cerah. Cukup campurkan gula dengan minyak zaitun secukupnya lalu oleskan pada kulit wajah anda. Diamkan selama 25 menit dan bilas dengan air bersih. Kotoran pada pori-pori akan menghilang dan wajah menjadi lebih cerah.

Baca juga : Cara alami mencerahkan kulit wajah

3. Melembabkan kulit

Kulit wajah yang kering memang terasa tidak nyaman. Anda bisa membuat kulit kering anda menjadi lebih lembab hanya dengan perawatan menggunakan gula. Gunakan gula sebagai masker wajah, yaitu dengan mencampurkan gula dengan minyak zaitun, minyak almond, minyak kelapa, atau lainnya. Lalu aplikasikan pada kulit wajah anda merata. Lakukan secara teratur agar kulit lebih lembab.

Baca juga : Cara alami melembabkan kulit wajah

4. Anti aging

Gula juga dapat mengatasi masalah kerutan atau garis halus pada kulit wajah. Bukan hanya itu, tapi juga tanda penuaan lainnya. Anda bisa melakukannya dengan cara mengoleskan gula pada kulit wajah anda secara teratur. Cara ini bisa membuat kulit anda menjadi lebih halus tanpa kerutan dan bebas dari penuaan dini.

Baca juga : Cara alami mengatasi penuaan dini

5. Mengatasi selulit

Bila anda mengkombinasikan gula pasir dengan bubuk kopi, anda bisa memanfaatkan campuran tersebut untuk menghilangkan selulit. Kedua bahan tersebut mampu memperbaiki struktur kulit. Selulit akan demi sedikit tersamarkan dan hilang. Beri campuran minyak zaitun juga agar lebih maksimal. Gunakan secara teratur untuk oleskan pada bagian selulit.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi selulit

6. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Jika anda memiliki bibir kering dan bahkan pecah-pecah, jangan panik. Anda bisa mengatasinya dengn memanfaatkan gula. Anda cukup mencampurkan satu sendok gula dengan sedikit madu dan minyak zaitun. Setelah itu oleskan pada bibir anda merata. Tunggu selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari sebelum anda tidur.

7. Menghaluskan tumit

Tumit yang pecah-pecah memang terasa tidak nyaman. Haluskan tumit anda dengan menggunakan gula. Campurkan gula dengan minyak zaitun secukupnya. Setelah diaduk dan berbentuk pasta, lalu gosokkan pada tumit anda yang pecah-pecah. Tunggu selama 10 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur.

Bahaya gula bagi kesehatan

Gula memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Tapi ingat, gula juga memiliki efek negatif untuk kesehatan maupun kecantikan juga. Hal ini akan terjadi bila tidak dikonsumsi secara benar atau berlebihan. Berikut ini beberapa bahaya gula yang perlu anda ketahui:

1. Gula merusak gigi

Gula memang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan, namun gula juga akan merugikan kesehatan serta kecantikan jika dikonsumsi secara berlebihan. Secara tidak sadar, jika anda mengkonsumsi gula belebihan akan dapat merusak kesehatan gigi.

2. Menurunkan kemampuan otak

Gula yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Kerusakan yang dimaksud adalah, otak tidak bisa mengingat kejadian masa lalu dengan baik, dan memori otak juga terganggu, Dan ujung-ujungnya bisa sampai sulit memahami hingga kepikunan.

3. Menurunkan kesehatan jantung

Mungkin hal ini sudah lama diketahui kalay gula memang dapat menimbulkan resiko penyakit jantung. Berdasarkan studi tahun 2013 telah ditemukan bukti terkuat tentang mekanisme bagaimana gula merusak jantung. Molekul yang terkandung pada gula, yaitu glukosa 6 fosfat merupakan penyebab perubahan otot jantung yang akhirnya bisa menyebabkan gagal jantung.

4. Membentuk lemak perut

Salah satu penyebab lemak perut selalu terkumpul, baik itu pria maupun wanita, anak kecil maupun dewasa, yaitu karena mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Berdasarkan studi menemukan, mengkonsumsi fruktosa bisa menyebabkan meningkatnya lemak perut dan resiko penyakit jantung serta diabetes.

5. Gula memberi makan sel kanker

Setiap manusia memiliki sel kanker dalam tubuhnya. Meski begitu, namun tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk mematikan sel kanker, sehingga sel kanker tidak berkembang menjadi kanker yang mematikan. Nah, namun jika mengkonsumsi gula berlebiha, ini akan merusak mekanisme tersebut, sehingga akan membuat sel kanker cepat berkembang.

6. Ketagihan gula bisa turun-temurun

Gula memiliki sifat aditif yang menyebabkan ketagihan gula. Tahukah anda kalau ketagihan gula ini bisa bersifat genetik? Jadi, kalau anda sekarang ketagihan gula, maka kemungkinan keturunan anda akan ketagihan gula juga. Hal ini terjadi karena melibatkan perubahan hormon gherlin, yaitu hormon perangsang otak saat lapar. Inilah yang membuat tubuh sering lapar dan ingin makan terus.

7. Gula dan alkohol menyimpan racun yang hampir sama

Anda pasti tahu yang namanya alkohol. Alkohol menyimpan kandungan yang bisa berubah racun ketika dikonsumsi. Sama halnya dengan gula, jika gula dikonsumsi berlebihan, kandungan fruktosa dan glukosa tersebut akan dapat memberikan efek racun pada hati. Efek ini hampir sama dengan yang diberikan dari alkohol.

8. Gula membunuh diam-diam

Berdasarkan studi tahun 2008 menunjukkan bahwa mengkonsumsi fruktosa dapat meningkatkan resiko resistensi leptin. Leptin adalah yang memberi tahu otak saat perut kenyang. Jika mengalami resistensi leptin, tubuh tidak akan merasa terpuaskan, padahal sudah kenyang. Ini yang menyebabkan terus makan dan terus makan. Dalam jangka panjang akan bisa menyebabkan obesitas yang bisa membunuh diam-diam.

9. Bisa memperpendek umur

Berdasarkan studi tahun 2013 terdapat kesimpulan dari para peneliti bahwa kemungkinan kematian dikarenakan hubungan minuman manis dengan resiko seperti diabetes, jantung, dan kanker. Ini berarti bisa disimpulkan kalau mengkonsumsi gula terlalu sering bisa menyebabkan pendeknya umur seseorang.

10. Gula membuat gemuk

Sudah dijelaskan pada poin-poin atas bahwa gula dapat menyebabkan resistensi leptin. Leptin adalah perangsang otak saat perut sudah kenyang. Jika terjadi resistensi leptin, maka yang akan terjadi seseorang akan terus makan dan sulit merasa kenyang. Inilah yang membuat seseorang menjadi gemuk, yang akhirnya bisa menyebabkan obesitas. Hindarilah konsumsi gula berlebihan.

Demikianlah informasi tentang Manfaat serta Bahaya Gula untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.