Manfaat Masker Nanas dan Cara Membuatnya

Manfaat masker nanas dan cara membuatnya - Jika berbicara mengenai buah nanas, mungkin pembicaraan ini terdengar kurang menarik. Buah nanas lebih dikenal sebagai buah yang biasa dijadikan sebagai jus atau selai. Tapi bagaimana jadinya jika nanas dijadikan sebagai masker kecantikan?

Sebenarnya nanas bukan hanya dimanfaatkan untuk dikonsumsi saja, tapi juga untuk perawatan kecantikan tubuh, khususnya kulit. Ya, nanas bisa anda manfaatkan sebagai bahan alami masker kulit wajah anda. Kandungan vitamin C dan antioksidan didalamnya sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Selain itu, nanas juga mengandung vitamin A, kalsium, fosfor, dan potasium yang juga baik untuk kecantiakn dan kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat masker nanas dalam dunia kecantikan? Dan bagaimana cara membuat masker nanas? Anda bisa mengetahui itu semua dan langsung mempraktikkannya. Berikut ini beberapa manfaat masker nanas dan cara membuatnya:
Manfaat Masker Nanas dan Cara Membuatnya
Manfaat Masker Nanas dan Cara Membuatnya

Manfaat masker nanas

1. Mencerahkan kulit wajah

Masker nanas bisa membuat kulit wajah anda menjadi lebih cerah dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C didalamnya yang efektif merawat kulit. Anda bisa menggunakan masker nanas ini secara rutin agar mendapatkan kulit wajah yang cerah alami serta lebih lama.

2. Melembutkan dan menghaluskan kulit

Bukan hanya mencerahkan kulit saja, tapi juga dapat membuat kulit wajah anda menjadi lebih lembut dan halus. Kandungan alami pada masker nanas akan membantu mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kasar. Dengan perawatan rutin akan membuat kulit bertambah halus dan lembut.

3. Melembabkan kulit

Nanas merupakan buah yang kaya akan kandungan airnya. Ini berarti nanas merupakan buah yang sangat bagus untuk perawatan kulit wajah, sebab dengan kandungan air yang melimpah pada nanas dapat mmbuat kulit menjadi lebih lembab. Kulit pun terbebas dari masalah kering.

4. Menjaga keelastisan kulit

Dengan perawatan rutin menggunakan masker nanas akan membantu menjaga keelastisan kulit anda. Kulit akan tetap kenyal dan elastis. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan asam amino pada masker nanas yang mempengaruhi sel dan jaringan rusak agar diperbaiki dengan cepat.

5. Mengecilkan pori-pori

Kandungan dalam buah nanas juga dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah anda. Pori-pori yang membesar akibat perawatan yangs alah atau akibat faktor alam dapat diatasi dengan memanfaatkan masker buah nanas. Lakukanlah perawatan secara rutin dengan masker nanas ini.

6. Mengangkat sel kulit mati dan flek hitam

Sel kulit mati dan juga flek hitam memang sangat mengganggu penampilan dan juga kenyamanan. Jangan khawatir, perawatan menggunakan masker nanas secara rutin dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan flek hitam pada kulit wajah anda. 

7. Mengontrol produksi minyak

Berbagai macam masalah kecantikan kulit bisa muncul karena produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Hal ini sangat merugikan kesehatan dan kecantikan kulit anda. Lakukanlah perawatan secara rutin menggunakan masker nanas agar produksi minyak pada kulit bisa kembali stabil.

8. Mengatasi jerawat dan bekasnya

Salah satu penyebab jerawat adalah karena kandungan minyak berlebih pada kulit. Atasilah dengan melakukan perawatan menggunakan masker nanas. Kandungan didalamnya dapat mengatasi jerawat hingga pada bekasnya. Jerawat akan hilang dan tidak meninggalkan bekas pada kulit anda.

9. Mencegah dan mengatasi penuaan dini

Penuaan dini bisa disebabkan karena perawatan kulit yang salah dan menggunakan produk kecantikan yang salah. Agar lebih aman dan lebih efektif, anda bisa memilih masker nanas untuk perawatan. Kandungan didalamnya dapat membantu mencegah penuaan dini dan membuat kulit menjadi awet muda.

10. Menghilangkan bekas luka

Jika anda memiliki bekas luka pada kulit wajah anda, atasilah dengan memanfaatkan buah nanas. Jadikan buah nanas sebagai masker kulit wajah. Perawatan secara rutin akan dapat membantu menghilangkan bekas luka pada kulit wajah anda. Sel kulit mati bekas luka akan terangkat dan berganti menjadi kulit yang lebih halus.

11. Melembutkan dan menguatkan kuku

Bukan hanya baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah saja tapi juga sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kuku anda. Kandungan dalam buah nanas mampu membuat kulit menjadi lebih lembut dan kuat. Tentunya dengan melakukan perawatan secara rutin. Kandungan vitamin B didalamnya yang dapat membantu mengembalikan tekstur alami kuku.

Cara membuat masker nanas

Setelah anda mengetahui beberapa manfaat dari masker nanas, sekarang saatnya anda mengetahui bagaimana cara membuatnya. Untuk membuat masker nanas tidaklah sulit. Simak pembuatannya berikut ini:
  • Siapkan 100 gr buah nanas, 50 gr mentimun, dan 1 sendok makan madu murni.
  • Haluskan buah nanas dan mentimun menggunakan blender atau parut.
  • Campurkan 1 sendok madu ke dalam adonan yang telah dihaluskan.
  • Aduk hingga merata dan jadilah masker nanas yang siap untuk digunakan.
Untuk menggunakan masker nanas sebagai perawatan kulit wajah anda, sebelumnya bersihkan dulu wajah anda dengan menggunakan air hangat. Keringkan dengan lap atau handuk yang bersih. Kemudian oleskan masker nanas pada kulit wajah anda merata dengan menggunakan kuas kecil. Mungkin jika anda pertama kali menggunakan masker ini akan terasa perih, hal ini dikarenakan vitamin C yang tinggi didalamnya. Setelah dioleskan lalu diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air bersih.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Masker Nanas dan Cara Membuatnya. Nanas tidak hanya sebagai buah segar, namun juga dapat kita jadikan sebagai masker kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.