Manfaat Dan Efek Samping Tawas Dalam Kehidupan Manusia

Manfaat Dan Efek Samping Tawas Dalam Kehidupan Manusia - Tawas sudah dikenal oleh masyarakat kita banyak memiliki manfaatnya, diantara manfaatnya yang terkenal yaitu bisa menjernihkan air yang keruh dengan cara memasukkan sejumlah tawas pada air yang keruh sehingga lama-lama bisa menjadi bening. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa manfaat tawas dan efek samping tawas dalam kehidupan kita. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan di bawah ini, semoga bisa bermanfaat. Berikut Manfaat dan efek samping tawas dalam kehidupan manusia.
Manfaat Dan Efek Samping Tawas Dalam Kehidupan Manusia
Manfaat Dan Efek Samping Tawas Dalam Kehidupan Manusia

A. Manfaat untuk kesehatan

1. Mengobati wasir

Bubuk tawas bisa berkhasiat untuk mengobati wasir serta bisa berfungsi untuk mencegah terjadinya pendarahan.

2. Mengobati sariawan

Bubuk tawas juga bisa berkhasiat untuk mengobati sariawan, caranya yaitu terapkan sejumput tawas ke daerah yang terkena sariawan.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengobati sariawan 

3. Baking powder

Tawas juga bisa digunakan sebagai campuran dalam baking powder untuk memberikan rasa logam samar.

4. Menghilangkan bau badan

Pada umumnya bau badan bersumber pada ketiak akibat keringat yang berlebih dan bercampurnya keringat dan bakteri sehingga bisa menimbulkan bau tidak sedap. Tawas bisa menjadi alternatif untuk membantu menghilangkan bau badan.

Baca juga : Cara alami dan cepat mengatasi bau badan menyengat

5. Menghambat pendarahan

Alumuniu sulfat juga bisa digunakan sebagai astringent yang berfungsi untuk mencegah serta menghambat pendarahan pada luka kecil seperti luka tergores.

B. Manfaat tawas untuk kecantikan

1. Pemutih kulit

 Memutihkan kulit ternyata juga bisa dilakukan dengan menggunakan tawas, tidak heran jika ternyata tawas juga digunakan dalam produk-produk kecantikan sebagai pemutih kulit.

2. Krim cukur

Tawas bisa digunakan dalam aftershave karena sifatnya sebagai astringent. Tawas bisa dioleskan pada kulit yang baru dicukur untuk mencegah dan mengurangi pendarahan yang disebabkan oleh luka kecil.

3. Minyak rambut

Sejak dahulu tawas sudah digunakan sebagai bahan campuran untuk perawatan rambut agar tetap sehat dan terhindar dari rambut kering.

4. Pemutih gigi dan kulit

Sebagai pemutih dan pembersih gigi, tawas juga bisa dibuat sebagai pasta gigi, selain sebagai pasta gigi tawas juga bisa digunakan sebagai bahan pemutih kulit.

5. Memutihkan ketiak

Tawas yang dicampur dengan lemon bisa berkhasiat untuk memutihkan kulit ketiak. Hal ini dilakukan dengan cara mengkombinasikan antara tawas dengan lemon. Vitamin C yang terkandung dalam tawas bisa digunakan untuk memutihkan kulit serta menutrisinya agar ketiak tampak lebih putih.

Baca juga : Penyebab ketiak hitam dan cara mengatasinya

6. Deodoran

Tawas juga dikenal sebagai krital deodoran dan digunakan secara luas sebagai solusi untuk masalah keringat berlebih.

C. Manfaat lain dari tawas

1. Sebagai bahan pengawet

Tawas juga bisa digunakan sebagai bahan pengawet dan zat adiktif makanan, namun perlu berhati-hati dengan jumlah penggunaan tawas, karena lebih dari satu ons tawas bisa menyebabkan keracunan.

2. fotografi

Tawas sudah umum digunakan oleh fotografer yang menggunakan tehnik tradisional untuk mencetak film, tawas berguna untuk mengeraskan film gelatin.

3. Bahan anti api

Larutan yang mengandung tawas digunakan pada berbagai benda seperti kain, kayu, dan kertas untuk meningkatkan ketahanan terhadap api.

4. Pemadam kebakaran

Tawas merupakan komponen dari foamite yang biasa digunakan dalam alat pemadam kebakaran.

5. Penghilang bau amis

Tawas juga sering digunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan. Biasanya digunakan pada ikan sebelum di asap agar menghasilkan ikan yang tidak berbau amis. Disamping bisa membuat ikan juga menjadi lebih bersih namun juga bisa membuat ikan menjadi lebih kesat.

6. Mengolah air

Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang, tawas merupakan salah satu bahan yang bisa berguna untuk mengolah air, dalam hal ini tawas bisa menjernihkan air. Tawas akan menangkap partikel halus dalam air serta membuat alumunium hidroksida agar mengendap di dasar.

7. Untuk mengusir datangnya siput

Keberadaan siput terkadang cukup mengganggu bagi sebagian orang, hal ini bisa disiasati dengan menggunakan tawas. Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan satu sendok tawas bubuk dengan 5 liter air kemudian siramkan pada daerah yang sering dilalui oleh siput.

8. Pembuat kristal buatan

Tawas juga bisa digunakan untuk menumbuhkan kristal, anda bisa menumbuhkan kristal dengan menggunakan bubuk tawas.

D. Efek samping tawas

Penggunaan sebuah produk yang dianggap banyak memiliki manfaat jika digunakan secara berlebihan sudah pasti bisa berakibat tidak baik serta bisa menimbulkan efek samping. Hal ini juga terjadi pada tawas jika penggunaannya berlebihan tentu bisa menimbulkan efek samping yang tidak baik terutama untuk kesehatan tubuh.

Dalam penggunaan tawas sebaiknya jangan berlebihan dan secukupnya saja karena jika berlebihan bisa menyebabkan keracunan, dan jika digunakan dalam jangka panjang bisa berakibat lebih buruk terutama pada kesehatan tubuh.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Dan Efek Samping Tawas Dalam Kehidupan Manusia. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.