Manfaat Dan Efek Samping Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

citra indah

Minuman bersoda sudah sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia - Mendapatkannya pun sangat mudah karena di setiap toko atau swalayan pasti ada minuman bersoda. Namun dibalik kenikmatan dan kesegaran yang ditawarkannya ternyata minuman bersoda juga banyak memiliki efek sampingnya. Pada artikel kali ini kami akan membahas tema mengenai beberapa manfaat dan efek samping minuman bersoda bagi kesehatan. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan di bawah ini, semoga bisa bermanfaat. Berikut Manfaat dan efek samping minuman bersoda bagi kesehatan.

Manfaat Dan Efek Samping Minuman Bersoda Bagi Kesehatan
Manfaat Dan Efek Samping Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

A. Manfaat minuman bersoda

1. Menetralisir nikotin

Menurut rumor bagi pecinta soda, mereka berpendapat bahwa minuman bersoda bisa menetralisir nikotin yang berasal dari asap rokok. Air soda juga bisa berfungsi untuk membersihkan organ dalam tubuh dari asap rokok.

2. Mencegah asma

Ada beberapa laporan yang menyebutkan jika minum dua kaleng soda yang berkaffein bisa memperlambat serangan asma. Namun ingat hal ini bukan berarti soda bisa menyembuhkan penyakit asma.

3. Membersihkan karat

Menyiramkan soda pada besi atau sesuatu yang berkarat bisa membuatnya kinclong kembali dan nampak seperti baru. Bagian yang berminyak pun mampu dibersihkan dengan mudah memakai air soda.

4. Menghilangkan noda darah

Jika anda tidak sengaja teriris kemudian darah berceceran di karpet, anda pasti bingung bagaimana cara membersihkannya. Soda bisa menjadi solusinya, karena soda juga bisa menghilangkan darah yang menempel pada kain termasuk karpet.

5. Menyembuhkan sengatan ubur-ubur

Orang yang memiliki hobi menyelam terkadang tidak sengaja tersengat oleh ubur-ubur. Jika anda pernah mengalaminya, anda bisa menggunakan soda untuk mengatasi kulit yang terkenan sengatan ubur-ubur.

6. Membersihkan jendela bersoda

Segala macam kotoran yang menempel pada jendela konon juga bisa diatasi dengan menggunakan soda. Caranya yaitu cukup dengan merendam kain pada soda kemudian diamkan selama beberapa menit sebelum anda menyapukan pada kaca jendela yang kotor.

7. Membersihkan bau jigung

Sigung merupakan sejenis musang yang memiliki bau busuk yang menyengat. Namun bau busuk sigung yang menempel pada baju bisa diatasi dengan menggunakan soda seperti parfum.

Efek samping minuman bersoda

1. Menyebabkan dehidrasi

Banyak orang yang percaya jika minuman bersoda bisa membuat tubuh menjadi lebih segar serta bia melepas dahaga, padahal anggapan tersebut ternyata salah, karena faktanya minuman bersoda bisa membuat seseorang mengalami dehidrasi. Hal ini karena mineral yang diserap oelh tubuh malah diolah menjadi urin, mau tidak mau urin harus dikeluarkan. Sehingga seseorang yang meminum soda akan meras haus yang lebih.

2. Menyebabkan kecanduan

Minuman bersoda bisa membuat peminumnya menjadi kecanduan. Orang yang biasa minum minuman yang bersoda jika merasa haus pasti memiliki keinginan untuk minum soda untuk menyegarkan tubuhnya.

3. Menyebabkan obesitas

Kandungan gula dalam minuman bersoda sekitar empat kali lipat jika dibanding minuman manis lainnya. Hal ini bisa memberi kalori berlebih pada tubuh sehingga bisa membuat tubuh lebih cepat mengalami obesitas. Selain itu minuman bersoda juga bisa membuat perut menjadi buncit.

4. Tulang dan gigi keropos

Kebanyakan penderita osteoporosis yaitu orang-orang yang suka dengan kebiasaan meminum soda dengan kadar yang tinggi. Asam sulfat yang terkandung dalam soda bisa menghambat perkembangan tulang untuk menjadi lebih kuat, selain itu juga bisa mempengaruhi erosi gigi.

5. Asam urat

Kandungan gula fruktosa yang ada dalam minuman soda bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah yang merupakan pemicu utama dari penyakit asam urat.

6. Kerusakan otak

Sering mengkonsumsi minuman bersoda bisa berpengaruh pada terhadap senyawa kimia yang dihasilkan oleh otak yang bisa berdampak pada perilaku peminum soda tersebut.

7. Merusak ginjal

Warna minuman bersoda memang menggoda, apalagi jika ditambahkan dengan es batu. Namun tahukan anda jika pewarna dalam minuman bersoda tidak baik buat ginjal, pewarna tersebut bisa merusak ginjal jika sering dikonsumsi.

8. Membuat tubuh mudah sakit

Kandungan bahaya dalam minuman soda bisa membuat tubuh mudah sekali terserang penyakit, sebab kandungan berbahaya dalam minuman soda menolong virus dan bakteri berkembang secara baik di dalam tubuh.

9. Kerusakan rahim

Minuman manis bisa meningkatkan resiko terhadap pre-eklampsia, ibu hamil memiliki resiko terserang kondisi ini jika dia sering mengkonsumsi soda setiap hari. Pre-eklampsia terjadi ketika pembuluh darah di plasenta tidak bisa berkembang dengan baik sehingga mengurangi asupan oksigen dan transfer nutrisi ke bayi.

10. Menipiskan lapisan lambung

Lambung yang mengandung asam yang sangat keras bisa terkikis lapisannya dan menyebabkan pencernaan makanan menjadi terganggu. Sehingga hal ini bisa menimbulkan rasa mulas atau sakit perut. Ini sangat tidak baik buat anda yang menderita sakit maag.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi asam lambung yang naik

11. Gangguan pada jantung

Minuman bersoda juga memiliki dampak buruk pada jantung. Kandungan natrium pada minuman ini bisa merusak kekuatan jantung dan bisa membuat gagal jantung atau penyakit jantung dadakan.

12. Menyebabkan diabetes

Selain bisa merapuhkan tulang, minuman soda juga bisa menyebabkan diabetes jika dikonsumsi secara sering setiap hari, karena dalam minuman soda ini banyak mengandung pemanis buatan yang sangat tinggi.

13. Kecacatan dan kematian pada janin bagi ibu hamil

Ibu hamil sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman bersoda, karena hal ini bisa memungkinkan janin anda mengalami kecacatan. Namun yang paling janin bisa mengalami kematian jika ibu gemar meminum soda.

14. Menyebabkan penuaan dini

Kandungan asam pada minuman bersoda juga bisa membuat kulit menjadi keriput, maka dari itu jika anda ingin memiliki kulit yang mulus dan awet muda jauhilan minuman bersoda. Para ahli menyarankan sebaiknya minum air putih yang banyak untuk menjaga kesehatan tubuh.


Demikianlah informasi tentang Manfaat Dan Efek Samping Minuman Bersoda Bagi Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.