Manfaat dan Efek Samping Mandi dengan Air Hangat

Manfaat dan efek samping mandi dengan air hangat - Air adalah salah satu sumber kehidupan manusia. Tanpa adanya air, manusia pasti tidak akan bisa bertahan lama. Dengan adanya air, manusia akan terhidrasi dengan baik. Ini berlaku apabila minum air secara rutin, paling tidak 8 gelas dalam sehari.

Berbicara tentang air, air sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Baik itu manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Baik itu air dingin maupun air hangat. Baik itu untuk diminum maupun untuk mandi atau sekedar membasuh. Manfaat yang begitu besar yang ada pada air putih ini bisa anda dapatkan jika dapat memanfaatkannya dengan baik. Apalagi kalau air itu dimanfaatkan dalam keadaan hangat, pasti akan memberikan kenyamanan, tubuh menjadi fresh, dan lebih bersemangat.
Manfaat dan Efek Samping Mandi dengan Air Hangat
Manfaat dan Efek Samping Mandi dengan Air Hangat

Manfaat mandi dengan air hangat

Jika anda menggunakan air hangat untuk mandi, anda akan mendapatkan banyak manfaat yang mungkin tidak bisa anda dapatkan dari lainnya. Berikut ini beberapa manfaat mandi dengan menggunakan air hangat:

1. Mengurangi stres dan insomnia

Dengan mandi menggunakan air hangat, tubuh anda akan terasa lebih santai dan rileks. Jika anda sakit, sakit pun terasa lebih ringan. Jika anda merasa stres dan bingung karena banyak beban pikiran, pikiran anda akan lebih rileks dan lebih baik. Dan jika anda susah tidur, anda akan bisa tidur dengan nyanyak. Mandilah dengan air hangat selama 10 menit di malam hari.

2. Mencegah sakit ringan

Jika anda mengalami sakit ringan seperti batuk, flu, dan sebagainya, anda hanya perlu mengatasinya dengan mandi menggunakan air hangat. Dengan menghirup uap air panas tersebut akan dapat menghilangkan phlegm penyebab iritasi pada tenggorokan. Selain itu juga bisa menghilangkan dahak serta rasa tenggorokan nyeri. Jangan lupa juga untuk tambahkan minyak ekaliptus ke kulit atau udara.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Ketika anda mandi dengan air hangat, rasa hangat pada air tersebut akan merangsang sirkulasi dan aliran darah dalam tubuh. Dan pada waktu bersamaan tersebut akan terjadi pelemasan sendi, tendon, jaringan, dan otot. Meski tidak menyembuhkan secara permanen,  mandi hangat ini dapat mengurangi sakit, merangsang penyembuhan, mengurangi radang, dan memperlancar sirkulasi darah.

4. Baik untuk penderita diabetes

Jika anda mengalami masalah diabetes, atasilah dengan mandi menggunakan air hangat. Berendamlah dalam air hangat selama setengah jam. Dengan begitu, tingkat gula darah dalam tubuh anda akan lebih menurun secara perlahan. Anda pun akan merasa lebih baik dari masalah diabetes, dan juga akan terhindar dari diabetes.

5. Obat migren

Migren atau sakit kepala ini disebabkan oleh peredaran darah pada kepala tidak lancar. Agar bisa beredar dengan lancar, anda bisa mandi dengan air hangat secara rutin. Sehingga peredaran menjadi lancar dan rasa sakit pada kepala akan teratasi dengan baik.

6. Meredakan sakit leher dan bahu yang pegal

Mungkin jika anda merasa sakit atau pegal pada bagian tubuh anda, anda akan langsung memijatnya. Anda juga bisa mengatasinya dengan menggunakan air hangat untuk mandi. Guyurlah pada bagian yang kaku dengan air hangat selama beberapa menit untuk merilekskan otot tubuh anda. Lakukan secara rutin.

7. Mengatasi sindrom kaki gelisah

Bagi penderita sindrom kaki gelisah, anda dapat mengatasinya dengan cara mandi menggunakan air hangat. Mandilah dan berendamlah dalam air hangat selama 15 menit, yaitu 1 atau 2 jam sebelum anda tidur. Maka penyakit yang terkait dengan sindrom kaki gelisah akan teratasi dengan baik. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

8. Meredakan batuk

Jika anda mengalami masalah batuk, anda juga bisa mengatasinya dengan mandi menggunakan air hangat. Air hangat yang digunakan untuk mandi dapat meredakan batuk dengan baik. Hal ini karena uap air panas yang muncul akan terhirup oleh hidung dan menghilangkan ingus atau dahak yang menyebabkan pilek atau hidung tersumbat. Bahkan mandi air hangat juga bisa mencegah iritasi tenggorokan.

Efek samping mandi dengan air hangat

Kalau air hangat ada manfaatnya, tentu juga ada efek sampingnya. Jika anda menggunakan air hangat untuk mandi dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan, maka anda akan mendapatkan manfaat yang baik, tapi jika tidak teratur atau berlebihan ada beberapa efek samping yang akan mengintai:

1. Kulit sensitif

Mandi air hangat memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun mandinya juga harus ingat waktu dan jangan berlebihan atau terlalu sering. Hal ini dapat berefek negatif pada kesehatan maupun kecantikan anda, seperti kulit yang menjadi lebih sensitif. Ini terjadi karena perbedaan suhu air dengan suhu kulit normalnya. Jika berlebihan, maka akan mengirimkan sinyal sensitif dengan berbagai reaksi seperti kulit terbakar, muncul ruam merah, dan luka pada kulit.

2. Tekanan darah menurun drastis

Berhati-hatilah jika anda mandi dengan air hangat. Jangan berlebihan dalam hal ini. Sebab bagi anda yang mengalami darah rendah akan sangat berbahaya. Mandi dengan air hangat secara berlebihan akan dapat menurunkan tekanan darah secara drastis. Kondisi juga tergantung pada kesehatan di awal baik sebelum maupun sesudah mandi. Beberapa orang merasa detak jantung terasa lebih cepat berdetak karena jantung memompa lebih cepat.

3. Sakit kepala

Memang mandi dengan air hangat bisa menghilangkan migren atau sakit kepala. Namun jika anda mandi air hangat berlebihan justru akan menyebabkan sakit kepala. Ini sangat berkebalikan bukan? Ya, perubahan suhu udara dengan suhu air ini akan membuat masalah pada aliran darah ke bagian otak. Inilah yang menyebabkan rasa sakit tiba-tiba. Kondisi ini membuat penderitanya sulit untuk berdiri, berjalan, atau duduk dengan baik.

4. Gangguan pencernaan

Jika anda mengalami masalah pencernaan, jangan mandi dengan air hangat secara berlebihan, ini bisa memperparah pencernaan anda. Hal ini akan lebih parah lagi jika dilakukan setelah anda makan. Gejala yang terjadi biasanya rasa mual dan muntah. Jika anda merasakan hal ini, maka tidak disarankan untuk mandi dengan air hangat.

5. Pori-pori membesar

Air hangat bisa membuat pori-pori anda menjadi lebih besar. Hal ini berlaku jika mandi air hangat terlalu berlebihan. Dengan pori-pori yang membesar ini akan membuat tubuh menjadi lebih mudah sakit. Hal ini terjadi karena ketika tubuh terkena air hangat atau panas pori-pori akan membuka dan pembuluh darah kulit menjadi sensitif, setelah itu pori-pori tidak mengecil lagi. Inilah yang menyebabkan penyakit kulit mudah masuk seperti jerawat, komedo, dan lainnya.

6. Bisa membahayakan janin

Mandi dnegan air hangat sangat tidak disarankan bagi itu yang sedang mengandung. Hal ini sangat membahayakan kesehatan janin, bahkan jika terlalu berlebihan bisa menyebabkan keguguran. Air hangat bisa menyebabkan kontrasi lebih cepat, bahkan sistem pembuluh darah dapat mengalami bahaya lain. Mandi air hangat juga bisa menyebabkan kecacatan pada kelahiran bayi.

Demikianlah informasi tentang  Manfaat dan Efek Samping Mandi dengan Air Hangat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.