Manfaat dan Bahaya Daging Merah untuk Kesehatan Tubuh

rina

Manfaat dan bahaya daging merah untuk kesehatan tubuh - Daging adalah salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Sebab dengan mengkonsumsi daging, seseorang bisa terpenuhi asupan gizi seperti protein, omega 3, dan lainnya. Namun yang perlu diperhatikan, tidak semua daging baik untuk kesehatan. Daging tersebut akan bermanfaat jika dikonsumsi secukupnya.

Ada banyak jenis daging yang biasa dikonsumsi oleh manusia, salah satunya adalah daging merah. Tahukah anda apa manfaat dari daging merah ini? Mengapa orang memilih makan daging merah? Selain rasanya yang nikmat, daging merah juga mengandung berbagai macam gizi protein, karbohidrat, dan kandungan lainnya, sama seperti daging putih, hanya saja daging merah memiliki kandungan lebih tinggi dari daging putih. Itulah sebabnya kita tidak boleh mengkonsumsi terlalu banyak.

Mengkonsumsi terlalu banyak daging merah dapat menyebabkan berbagai macam masalah gangguan kesehatan, seperti darah tinggi, obesitas, dan masalah lainnya. Selain itu ada juga masalah kesehatan lainnya yang bisa disebabkan oleh konsumsi daging merah. Namun sebelumnya, simak berikut ini beberapa manfaat dari daging merah:
Manfaat dan Bahaya Daging Merah untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat dan Bahaya Daging Merah untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging merah

  1. Kandungan nutrisi pada daging merah sangat baik untuk kesehatan tubuh. Seperti protein yang sangat baik untuk membangun sel-sel yang rusak pada tubuh dan membantu membentuk zat-zat pengatur seperti enzim
  2. Daging merah juga mengandung vitamin B dan D yang baik untuk tubuh, yang paling banyak adalah B2, B3, B6, dan B12. Semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  3. Juga tedapat kandungan seng dan selenium yang merupakan nutrisi penting bagi sistem imun tubuh. Bahkan kandungan seng yang anda dapatkan dari daging merah kemungkinan besar lebih baik daripada yang berasal dari tumbuhan.
  4. Selain itu semua, daging merah juga merupakan makanan yang kaya akan kandungan omega 3 yang sangat penting untuk membantu fungsi jantung, hati, dan sistem saraf pusat. Kandungan tersebut bahkan hampir setara dengan yang ada pada ikan laut.

Bahaya daging merah

Selain manfaat, daging merah juga memiliki banyak bahaya jika dikonsumsi berlebihan. Bukan hanya bahaya untuk kesehatan, tapi juga kecantikan. Berikut ini beberapa bahaya atau efek buruk konsumsi daging merah berlebihan:

1. Gangguan pencernaan

Mengkonsumsi daging merah berlebihan dapat menyebabkan terjadinya masalah pada sistem pencernaan. Kandungan bakteri Eschericia coli pada daging merah ini dapat menyebabkan sakit perut yang merupakan gejala gangguan pencernaan. Bakteri ini muncul ketika daging merah tidak diperlakukan dengan sehat atau tidak bersih.

2. Resiko penyakit alzheimer

Penyakit alzheimer adalah penyakit yang menyerang pada otak manusia. Mengkonsumsi daging merah berlebihan dapat menyebabkan munculnya resiko penyakit alzheimer. Hal ini terjadi karena daging merah mengandung zat besi yang jika berlebihan dapat menyebabkan perubahan pada jaringan saraf dan sistem pada otak yang akhirnya berkembang dan menyebabkan alzheimer.

3. Melemahkan sistem kekebalan tubuh

Jika mengkonsumsi daging merah sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, maka ini dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Hal ini terjadi secara perlahan, yaitu ketika daging merah masuk kedalam sistem pencernaan dan menjadi racun. Daging merah bertemu enzim dan cairan dalam pencernaan dan memunculkan racun. Bukan hanya itu, kandungan gula yang sangat kecil pada daging merah ini juga akan menjadi racun yang bisa menyerang sistem kekebalan tubuh.

4. Obesitas

Daging merah mengandung lemak yang cukup tinggi, begitu juga kandungan kolesterol. Jika dikonsumsi berlebihan tentu akan membuat tumpukan lemak dan kolesterol dalam tubuh. Kandungan lemak ini dapat menyebabkan perut menjadi buncit dan berat badan meningkat drastis. Kelebihan berat badan atau obesitas inilah yang akan menyebabkan masalah hingga serangan jantung dan strok.

5. Menyebabkan diabetes

Diabetes juga merupakan penyakit serius yang juga bisa disebabkan oleh konsumsi daging merah berlebihan. Kandungan lemak dan hormon pada daging merah memicu datangnya diabetes. Bahkan olahan makanan daging merah seperti sosis, bakso, daging asap, dan lainnya dapat meningkatkan resiko diabetes hingga 50%.

6. Osteoporosis atau keropos pada tulang

Penyakit oesteoporosis ini bukan hanya menyerang pada orang yang sudah berusia lanjut saja, tapi juga pada remaja atau anak muda. Osteoporosis atau pengkroposan tulang ini dikarenakan tidak seimbangnya hormon dalam menyerap makanan yang mengandung kalsium. Penyerapan kalsium menjadi lambat dan menyebabkan tulang menjadi kropos.

7. Berkurangnya kesuburan

Jarang yang tahu kalau mengkonsumsi daging merah berlebihan ternyata dapat meyebabkan berkurangnya kesuburan. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon yang disebabkan oleh daging merah. Bukan hanya karena itu, obesitas dan diabetes pun bisa memperparah keadaan yang ada.

8. Resiko penyakit endometriosis

Penyakit endometriosis adalah penyakit yang menyerang jaringan rahim wanita. Kandungan lemak jenuh pada daging merah dapat mempengaruhi hormon dan membuat wanita mengalami perubahan hormon ketika masuk siklus menstruasi. Jika ini terjadi akan menyebabkan endometriosis.

9. Resiko pengerasan pembuluh darah

Mengkonsumsi daging merah berlebihan juga bisa menyebabkan datangnya resiko pengerasan pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena daging merah yang masuk dalam tubuh menyebabkan senyawa karnitin. Senyawa tersebut lah yang menyebabkan terjadinya pengerasan pada pembuluh darah.

10. Tekanan darah tinggi

Hal ini sudah menjadi pengetahuan yang umum bagi setiap orang bahwa daging merah dapat menyebabkan kenaikan darah. Bahkan daging kambing pun bisa menyebabkan kenaikan hingga berkali lipat. Oleh sebab itu jangan mengkonsumsi daging merah terutama daging kambing secara berlebihan.

11. Kolesterol tinggi

Daging merah mengandung lemak jenuh dalam jumlah yang besar. Bahkan lebih besar dibandingkan dengan jenis makan lainnya. Oleh sebab itu jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan kenaikan kadar kolesterol yang cukup tinggi dalam tubuh. Kolesterol yang tinggi ini dapat menyebabkan resiko penyakit jantung, penumpukan plak pada pembuluh darah, dan penyakit lainnya.

12. Resiko penyakit jantung

Seperti yang telah disinggung dalam penjelasan diatas bahwa mengkonsumsi daging merah berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung. Bakteri yang berkembang dari daging merah tersebut nantinya akan merusak sistem pencernaan dan menyebabkan pembentukan trimetilamina - N - oksida. Bahan inilah yang membentuk terjadinya pengerasan pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung.

13. Resiko penyakit stroke

Bukan hanya sebatas penyakit jantung saja yang akan terjadi. Bahkan sampai pada tahap penyakit stroke yang membuat seorang penderitanya tidak bisa bergerak. Penyakit ini terjadi ketika kadar kolesterol dalam tubuh sangat tinggi yang menghambat kerja pembuluh darah. Dan kolesterol ini bisa menjadi plak dalam pembuluh darah yang menghambat aliran darah dan oksigen ke otak.

14. Resiko penyakit diabetes tipe 2

Daging merah yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan datangnya resiko penyakit diabetes tipe 2. Penyakit ini akan menyerang organ tubuh anda dan tubuh secara menyeluruh akibat kekurangan insulin. Insulin sendiri dibuat oleh pankreas yang berfungsi mengolah kadar gula dalam darah menjadi energi. Jika mengkonsumsi daging merah berlebihan, maka glikemik yang berat dalam tubuh akan membuat tubuh menerima lemak lebih banyak. Inilah yang menyebabkan datangnya penyakit diabetes tipe 2.


Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Bahaya Daging Merah untuk Kesehatan Tubuh. Daging merah memang bermanfaat untuk kesehatan, namun mengkonsumsi daging merah secara berlebihan akan berdampak mengerikan bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.