Daftar Pantangan Bagi Penderita Asam Lambung

citra indah

Daftar Pantangan Bagi Penderita Asam Lambung - Lambung merupakan salah satu alat pencernaan manusia yang berfungsi sebagai tempat dimana makanan dicerna dan juga sebagai tempat penyerapan sari-sari makanan. Seperti yang telah kita ketahui penyakit yang sering menyerang organa lambung ini adalah maag, atau yang biasa dikenal dengan asam lambung.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa daftar pantangan bagi penderita asam lambung. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan di bawah ini, semoga bisa menambah wawasan dan pengalaman anda. Berikut Daftar pantangan bagi penderita asam lambung.
Daftar Pantangan Bagi Penderita Asam Lambung
Daftar Pantangan Bagi Penderita Asam Lambung

1. Makanan pedas

Makanan pedas bisa langsung mengiritasi lapisan esofagus dan bisa berkontribusi menyebabkan nyeri ulu hati, anda bisa mengganti cabai dengan bahan lainnya yang tidak terlalu pedas seperti merica, atau mengganti saus cabai yang pedas dengan saus tomat.

2. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol beresiko melemaskan otot stingfer esofagus sehingga asam lambung bisa naik. Minuman beralkohol seperti wine, bir, koktail ,wisky yang sering menjadi penutup makanan utama bisa memicu naiknya asam lambung.

3. Kaffein

Sebaian orang merasakan asam lambungnya naik setiap kali mengkonsumsi kopi, soda, atau teh. Sementara itu sebagian orang lain merasa ketidaknyamanan ketika mengkonsumsi jenis minuman-minuman tersebut dalam jangka panjang.

4. Minuman bersoda

Minuman bersoda banyak sekali efek sampingnya, diataranya yaitu bisa menyebabkan perut buncit sehingga bisa meningkatkan tekanan pada ototsfingter kerongkongan sehingga hal ini bisa menaikkan asam lambung.

5. Makanan berminyak dan berlemak

Makanan yang berminyak dan berlemak sebaiknya jangan dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena, karena hal itu bisa membuat lambung mudah teriritasi. Berikut ini jenis makanan yang berminyak dan berlemak yang tidak boleh dikonsumsi :
* asinan
* cuka
* acar
* buah asam

6. Jenis kue yang tidak boleh dikonsumsi

* kue keju
* kue pisang
* kue tar yang banyak krim di dalamnya
* kue keju

7. Buah-buahan tertentu

Buah dengan jenis tertentu tidak boleh dikonsumsi oleh penderita maag, berikut ini jenis buah-buhana yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita maag karena keasamannya yang terlalu tinggi.
* Kedondong
* nanas
* belimbing wuluh
* belimbing
* mangga muda

8. Daging merah

Daging merah menurut UMMC tidak boleh dikonsumsi oleh penderita maag atau asam lambung. Hal itu karena daging merah banyak memiliki lemak trans yang tidak boleh masuk ke dalam lambung, hal itu karena efek panas dari daging merah yang bisa mengiritasi lambung.

Baca juga : Manfaat dan bahaya daging merah untuk kesehatan

9. Produk susu yang tidak boleh dikonsumsi

Susu merupakan sumber yang bagus buat kalsium dan vitamin D, namun meski begitu anda tetap harus membatasi dalam meminum susu maupun produk olahan susu 2-3 porsi setiap hari. Sebagai solusinya anda bisa mengkunsumsi susu rendah lemak atau bebas lemak agar tidak memproduksi banyak asam lambung.

10. Makanan olahan yang tidak boleh dikonsumsi

Para dokter di University Of Maryland Media centre mengatakan agar pasien dengan kondisi maag menghindari makanan olahan yang mengandung gula ( selain lemak trans ), pasta, mie dan roti putih merupakan jenis makanan olahan yang sanggup mengiritasi selaput lambung.

11. Makanan yang banyak mengandung gas

Makanan yang banyak mengandung gas tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang menderita asam lambung. Hal ini dikarenakan penderita asam lambung jika mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam atau gas bisa membuat asam di dalam lambung menjadi naik,

12. Makanan keras dan sulit dicerna

Beberapa jenis makanan yang memiliki tekstur keras tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Hal ini karena jenis makanan tersebut bisa melukai lambung dan membuat asam lambung naik. Bisa dibayangkan lambung terluka jika diisi dengan makanan kasar itu bisa menyentuh lambung serta menimbulkan rasa sakit. Berikut ini jenis makanan tekstur keras yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung:
* Penderita asam lambung yang sedang kambuh tidak boleh mengkonsumsi nasi. Nasi yang telah dihaluskan menjadi bubur baru bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung.
* Talas memiliki tekstur yang kasar serta memiliki banyak serat, sehingga bisa menghambat kerja lambung.
* Walaupun dodol teksturnya halus namun sifat alotnya membuat dodol tidak mudah dicerna oleh lambung.
* Beras ketan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena lambung tidak bisa mencernanya, jika penderita asam lambung mengkonsumsi beras ketan maka penderita bisa merasakan perih pada lambungnya.

13. Minuman berenergi

Minuman berenergi bisa berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita asam lambung, dan itu bisa mematikan bagi tubuh manusia termasuk bagi penderita asam lambung. Bahaya minuman berenergi bagi asam lambung bisa memicu naiknya asam lambung secara drastis.

14. Semua minuman dalam kaleng dan botol

Hampir semua minuman kaleng mengandung bahan pengawet, pewarna serta pemanis buatan yang tidak baik untuk kesehatan, terutama bagi penderita asam lambung. Karena lambung berfungsi sebagai tempat untuk melakukan proses-proses dari semua minuman yang dikonsumsi.

Demikianlah informasi tentang Daftar Pantangan Bagi Penderita Asam Lambung. Bagi penderita asam lambung, baiknya anda hindari makanan atau minuman diatas agar kondisi lambung anda tidak semakin parah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.