Penyebab Sariawan dan Cara Alami untuk Mengobatinya

rina

Penyebab sariawan dan cara alami untuk mengobatinya - Sariawan adalah salah satu permasalahan mulut yang sering dihadapi oleh banyak orang. Biasanya sariawan ini dimulai dengan peradangan pada bagian rongga mulut. Seperti bibi yang kering dan pecah-pecah.

Berbicara tentang sariawan. Sariawan itu sendiri berbentuk bulat cekung bewarna kemerahan dan terasa nyeri. Saat sariawan tersentuh oleh makanan, rasanya menjadi perih. Bahkan akibat rasa perih yang dirasakan, nafsu makan menjadi hilang dan menajdi malas untuk makan. Inilah sebabnya mengapa banyak orang yang merasa susah ketika datang sariawan pada daerah mulut. Mau makan susah dan mau ngemil pun susah.

Lalu, bagaimana cara mengatasi sariawan agar bisa hilang lebih cepat? Memang telah banyak obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Tapi lebih disarankan untuk menggunakan obat dengan bahan alami agar lebih aman. Namun sebelum melakukan pengobatan, ketahuilah beberapa gejala dan penyebab sariawan berikut ini:
Penyebab Sariawan dan Cara Alami untuk Mengobatinya
Penyebab Sariawan dan Cara Alami untuk Mengobatinya

Gejala sariawan

  • Luka yang berwarna putih yang biasa muncul di lidah atau bagian dinding mulut.
  • Sensasi terbakar pada lidah.
  • Rasa tidak nyaman dalam mulut.
  • Terasa sakit saat menelan makanan.

Penyebab sariawan

  • Tidak menjaga kebersihan mulut.
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh.
  • Terlalu sering menggunakan obat-obat tertentu seperti antibiotik atau kortikosteroid.
  • Penggunaan gigi palsu terus-menerus.
  • Pipi, lidah, atau bibir tergigit.
  • Pemakaian peralatan gigi yang tajam seperti kawat gigi atau lainnya.
  • Penyakit gusi atau infeksi mulut lainnya.
  • Nginang atau mengunyah tembakau.
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman panas.
  • Alergi terhadap hal tertentu seperti makanan atau obat-obatan.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kemoterapi, antibiotik, obat yang digunakan untuk rheumatoid arthritis, atau obat epilepsi.
  • Paparan radiasi pada pengobatan kanker.
  • Penyakit autoimun yang dapat mempengaruhi lapisan mukosa mulut. Seperti penyakit lupus, Crohn, atau Behcet.

Cara alami mengobati sariawan

1. Daun jambu biji

Sariawan yang anda alami bisa anda atasi dengan memanfaatkan daun jambu biji. Daun jambu biji ini memiliki kandungan alami yang dapat menyembuhkan sariawan. Anda cukup mengunyahnya saja selama beberapa detik atau menit. Setelah itu berkumurlah dengan air bersih. 

2. Konsumsi jeruk

Vitamin C adalah nutrisi yang dapat menyembuhkan sariawan. Dan salah satu buah yang mengandung vitamin C adalah buah jeruk. Konsumsilah buah jeruk secara rutin untuk menyembuhkan sariawan secara alami. Tidak hanya jeruk, tapi juga buah dan sayur lainnya yang mengdung vitamin C.

3. Berkumur dengan garam

Garam bersifat antiseptik dan antibakteri yang dapat mengatasi masalah sariawan. Anda bisa melakukan penyembuhan dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Berkumurlah dengan air garam selama beberapa detik atau menit. Lalu berkumur lagi menggunakan air bersih.

4. Ramuan pisang dan madu

Anda juga bisa memanfaatkan buah pisang untuk masalah sariawan. Campuran pisang dengan madu sangatlah efektif menyembuhkan sariawan. Cukup haluskan pisang dan campur dengan madu. Oleskan pada bagian yang terkena sariawan. Lakukan hingga sariawan sembuh.

5. Air kelapa

Air kelapa juga dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengatasi masalah sariawan. Selain dapat mengatasi dehidrasi, anda juga bisa memanfaatkan untuk menyembuhkan sariawan. Minumlah secukupnya dan rutin sampai sembuh dari sariawan.

6. Yogurt

Mengkonsumsi yogurt secara rutin dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri yang ada di dalam mulut dan tubuh. Sehingg, proses penyembuhan sariawan pun akan lebih cepat. Konsumsilah secara rutin sebagai penyembuhan dan pencegahan sariawan.

7. Bawang putih dan pepaya

Bawang putih yang dikombinasikan dengan bua pepaya juga bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah sariawan. Anda bisa melakukan penyembuhan dengan cara menempelkan langsung potongan bawang putih dan pepaya, atau dengan cara menghaluskan kedua bahan dan campurkan lalu tempelkan pada area yang terkena sariawan.

8. Minyak kelapa dan madu

Minyak kelapa adalah salah satu minyak yang sangat efektif menyembuhkan sariawan. Apalagi kalau dikombinasikan dengan bahan alami lainnya seperti madu. Minyak kelapa bersifat antibakteri yang sangat cocok untuk mengatasi sariawan. Campurkan dengan madu dan oleskan pada bagian yang terkena sariawan.

9. Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang memiliki manfaat dan khasiat tinggi untuk kesehatan tubuh. Selain sebagai bumbu masak, kunyit juga bisa digunakan untuk obat alami sariawan. Anda cukup menghaluskan kunyit dan oleskan pada bagian yang terkena sariawan.

10. Istirahat cukup dan hindari stres

Selain melakukan beberapa cara pengobatan alami. Yang perlu anda lakukan lainnya adalah dengan istirahat yang cukup. Jangan terlalu memaksakan untuk beraktivitas atau bekerja. Dan juga hindari stres. Jangan terlalu memakasakan menanggung beban pikiran sendirian. Konsultasilah dengan orang terdekat anda tetang masalah yang anda hadapi agar terbebas dari stres dan juga terbebas dari sariawan.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Sariawan dan Cara Alami untuk Mengobatinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.