Cara Alami Mencegah dan Mengatasi Masuk Angin atau Perut Kembung

Cara alami mencegah dan mengatasi masuk angin atau perut kembung - Masuk angin adalah kondisi dimana gas yang ada didalam tubuh seseorang berkumpul secara tidak merata. Masuk angin telah diyakini sebagai penyakit yang nyata, namun belum ada medis yang mendukung klaim ini. Penyakit masuk angin ini mirip dengan influenza, karena gejala dan penyebabnya yang hampir sama.

Berbicara tentang masuk angin, memang tidak ada yang tahu kapan masuk angin itu akan datang. Bahkan terkadang disaat yang tidak terduga pun datang masuk angin. Pasti akan repot dan membuat semua aktivitas tidak nyaman. Apalagi kalau datang masuk angin secara tiba-tiba disaat waktu penting. Hmm, ini akan sangat mengganggu.

Jika anda mengalami masuk angin, anda jangan khawatir. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Bukan hanya itu, anda juga bisa mencegahnya agar tidak datang kembali. Caranya yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Jadi tanpa menggunakan produk yang berbahaya. Berikut ini cara alami untuk mencegah dan mengatasi masuk angin atau perut kembung:
Cara Alami Mencegah dan Mengatasi Masuk Angin atau Perut Kembung
Cara Alami Mencegah dan Mengatasi Masuk Angin atau Perut Kembung

Cara mencegah masuk angin

1. Jauhi makanan dan minuman dingin

Biasanya masuk angin disebabkan karena suhu di sekitar kita rendah atau dingin. Suhu yang dingin tersebut akan mempengaruhi daya tahan tubuh kita dan akhirnya terserang masuk angin. Oleh sebab itu anda harus menghindari berbagai hal seperti makanan, minuman, atau lainnya yang bersuhu dingin.

2. Pola makan yang teratur

Pola makan yang teratur juga sangat perlu untuk dilakukan. Perut yang kosong karena makan tidak teratur, bisa menyebabkan anda terkena masuk angin. Angin akan mudah masuk pada perut yang sedang dalam keadaan tak terisi. Makanlah secara teratur, yaitu di waktu pagi, siang, dan malam hari.

3. Memakai jaket saat berkendara

Jika anda ingin keluar ruangan, biasakan mengenakan jaket tau pakaian yang bisa menutupi tubuh anda. Terutama ketika anda akan berkendara menggunakan kendaraan yang terbuka. Jika anda tidak memakai jaket atau penutup maka angin akan mudah masuk kedalam tubuh. Pakailah jaket kemanapun anda berkendara.

Cara mengatasi masuk angin

1. Dengan cara kerokan

Anda pernah mendengar kerokan? Keroan adalah cara tradisional yang biasa dilakukan para orang tua saat terkena masuk angin. Ya, kerokan ini dipercaya sangat ampuh mengusir masuk angin dari dalam tubuh. Anda bisa menggunakan minyak kayu putih, balsem, atau minyak lain lalu digosokkan pada punggung menggunakan koin. Cara ini dilakukan sampai meninggalkan bekas pada punggung.

2. Dengan minum wedang jahe

Selain melakukan cara tradisional diatas, anda juga bisa mengatasi masuk angin dengan cara minum wedang jahe. Ya, minuman jahe hangat ini dipercaya sangat ampuh mengusir masuk angin. Rasanya yang khas dan juga disaji dalam kehangatan, akan membuat badan menjadi lebih fresh dan hangat. Tubuh akan menjadi lebih kuat dan terbebas dari masuk angin.

3. Madu dan lemon

Madu adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Salah satunya yaitu dapat mengatasi masuk angin. Begitu juga dengan lemon. Kombinasi kedua bahan alami ini sangat efektif mengatasi masalah masuk angin. Kandungan vitamin C pada lemon mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika anda mengalami masuk angin, minumlah teh lemon hangat dengan campuran madu.

4. Daun pepaya

Anda juga bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai ramuan tradisional untuk mengatasi masalah masuk angin. Rebuslah daun pepaya lalu minumlah air rebusannya selagi masih hangat. Meski rasanya yang pahit, namun air rebusan daun pepaya ini sangat efektif mengusir masuk angin dari dalam tubuh. Anda juga bisa menambahkan madu agar tidak terlalu pahit.

5. Minum teh pappermint

Pappermint sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Teh daun pappermint ini juga bermanfaat untuk dekongestan, ekspektoran, dan anti virus yang mampu mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan anda dan juga meredakan batuk, baik batuk berdahak maupun tidak berdahak. Minumlah teh pappermint saat anda merasakan tanda-tanda masuk angin.

6. Makan sup hangat

Berdasarkan saran dari para dokter yang menganjurkan agar mengkonsumsi sup ayam hangat untuk mengatasi masuk angin. Sifatnya anti radang tersebut mampu mengurangi gejala masuk angin. Konsumsilah secara rutin jika anda ingin terhindar dari masuk angin.

7. Minum jus jeruk

Jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau daya tahan tubuh. Vitamin C pada jeruk berguna untuk antioksidan dan menganti sel tubuh yang rusak akibat sakit. Minumlah jus jeruk saat anda masuk angin. Tentunya jus jeruk dalam keadan hangat. Ini akan membuat tubuh anda menjadi lebih fresh dan nyaman.

Demikianlah informasi tentang Cara Alami Mencegah dan Mengatasi Masuk Angin atau Perut Kembung. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.