Bahaya Mengkonsumsi Daun Singkong Bagi Kesehatan

citra indah

Bahaya Mengkonsumsi Daun Singkong Bagi Kesehatan - Setelah artikel sebelumnya memberikan informasi mengenai beberapa manfaat daun singkong bagi kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa bahaya mengkonsumsi daun singkong. Walaupun daun singkong banyak mengandung zat yang bermanfaat buat tubuh, namun ada beberapa kandungan zat yang tidak cocok buat sebagian orang yang mengalami tekanan darah tinggi, asam urat dan penderita vertigo. Seperti kandungan senyawa lotaustralin dan linamarin yang bisa berpotensi menjadi raccun sianida yang bisa mengakibatkan keracunan yang ditandai dengan muntah-muntah, untuk itu sebaiknya anda mengkonsumsi daun singkong ini dengan taraf yang wajar dan jangan berlebihan. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga bisa memberikan manfaat buat anda.
Bahaya Mengkonsumsi Daun Singkong Bagi Kesehatan
Bahaya Mengkonsumsi Daun Singkong Bagi Kesehatan

Bahaya mengkonsumsi daun singkong bagi kesehatan

1. Mengakibatkan keracunan

Daun singkong mengandung senyawa lotaustralin dan linamarin yang bisa berpotensi menjadi racun sianida yang jika mengendap dan mengiritasi di jaringan tubuh bisa mengakibatkan keracunan yang biasanya ditandai dengan muntah-muntah.

2. Sakit kepala

Senyawa linamarin dan lotaustralin yang ada dalam kandungan daun singkong bisa bertindak sebagai racun yang bisa menghambat kelancaran peredaran darah pada sekitar kepaladan memicu ketegangan otot saraf kepala sehingga bisa menimbulkan sakit kepala.

3. Gangguan sesak napas

Senyawa sianida yang terdapat dalam daun singkong bisa berpotensi menyebabkan penyempitan serta penyumbatan pada saluran pernapasan yang bisa menyebabkan sesak napas, dada nyeri serta seperti terhimpit oleh benda yang berat.

4. Sakit perut

Konsumsi daun singkong yang terlalu banyak bisa membuat asam lambung, dinding lambung mendapat tekanan dan luka karena senyawa yang ada dalam daun singkong bersifat sianida yang bsia mengacaukan sistem dan kinerja jaringan perut sehingga bisa menyebabkan sakit perut.

5. Meningkatkan tekanan darah

Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi sebenarnya masih diperbolehkan mengkonsumsi daun singkong, namun harus dalam batas wajar serta tidak ditambahkan santan dalam pengolahannya, lemak dalam santan bisa mempengaruhi tekanan darah serta mengganggu aliran darah.

6. Kolesterol pada tubuh meningkat

Buat anda yang memiliki kolesterol tingkat tinggi sebaiknya anda tidak mengkonsumsi daun singkong karena bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh anda. Hal tersebut jika diabaikan bisa membuat darah menjadi tersumbat sehingga menghambat organ lain seperti jantung.

7. Dapat meningkatkan asam urat

Buat penderita asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi daun singkong karena daun singkong bisa meningkatkan asam urat pada tubuh anda. Karena dalam daun singkong terdapat senyawa yang mengandung zat purin sehingga bisa meningkatkan asam urat pada bagian persendian tulang.

Kombinasi berbahaya dengan daun singkong

Daun singkong bisa berpotensi berbahaya serta mengganggu kesehatan jika digabungkan dengan jenis makanan tertentu, terutama pada penderita asam urat, darah tinggi dan penderita vertigo.

1. Sayur daun singkong dikombinasikan dengan daging

Untuk penderita darah tinggi dan asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi daun singkong yang dikombinasikan dengan santan dan daging agar tekanan darah dan jumlah purin dalam persendian tidak mengalami peningkatan.

2. Daun singkong yang diolah dengan minyak kelapa

Daun singkong yang diolah dengan minyak kelapa menjadi oseng-oseng bisa berpotensi meningkatkan kadar senyawa linamarin dan lotaustralin yang menjadi sianida lebih aktif dan berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan penderita darah tinggi, asam urat dan vertigo karena bisa mempercepat peningkatan tekanan darah, meningkatkan asam urat dengan cepat dan memicu munculnya sakit kepala terutama pada penderita vertigo.

3. Lalapan daun singkong digabungkan dengan bayam dan kangkung

Makanan dengan lalapan daun singkong yang dipadukan dengan kangkung memang nikmat jika diolah menjadi URAP (jenis menu makanan khas daerah Jawa). Daun singkong memiliki senyawa sianida, daun bayam memiliki zat besi yang tinggi dan kangkung memiliki kandungan purin yang tinggi. Penderita asam urat dan vertigo sebaiknya menjauhi ketiga sayuran yang digabungkan tersebut karena bisa memperparah penyakit.

Demikianlah informasi tentang Bahaya Mengkonsumsi Daun Singkong Bagi Kesehatan. Daun singkong memang memiliki banyak manfaat, namun daun singkong dapat meningkatkan tekanan darah secara derastis yang pastinya berbaya jika dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.