Bahaya Makanan Olahan Bagi Kesehatan Yang Wajib Kita ketahui

citra indah

Bahaya Makanan Olahan Bagi Kesehatan Yang Wajib Kita ketahui - Makanan olahan merupakan jenis makanan yang diproses dan dikemas, yang bisa disajikan dan dimakan secara langsung. Makanan olahan tidak baik buat kesehatan karena jenis makanan ini sudah terlebih dahulu diubah dari keadaan alaminya yang sebenarnya lebih sehat. Namun walaupun begitu makanan jenis ini banyak sekali peminatnya karena sifatnya yang praktis dan bisa langsung dikonsumsi. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa bahaya makanan olahan bagi kesehatan yang wajib kita ketahui. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan di bawah ini, semoga bermanfaat. Berikut Bahaya makanan olahan bagi kesehatan yang wajib kita ketahui.
Bahaya Makanan Olahan Bagi Kesehatan Yang Wajib Kita ketahui
Bahaya Makanan Olahan Bagi Kesehatan Yang Wajib Kita ketahui

1. Menyebabkan obesitas

Karena kandungan gul, lemak dan garam yang tinggi serta rendahnya kandungan nutrisi dan serat yang terdapat dalam makanan olahan bisa menyebabkan obesitas. Makanan olahan ini juga biasa disebut dengan junk food.

2. Indera perasa alami anda menjadi tidak sensitif

Indera alami anda bisa menjadi kurang sensitif lagi terhadap makanan alami, sehingga jika anda mengkonsumsi makanan alami, akan terasa hampar di lidah serta cenderung ingin menambahkan garam atau gula. Hal ini karena lidah anda terbiasa dengan rasa yang kuat pada makanan olahan.

3. Kesulitan bernapas

Bahaya lainnya dari makanan olahan yaitu bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan saat bernapas. Menurut para peneliti, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet bisa menjadi faktor yang menyebabkan penyakit asma serta masalah kesulitan pernapasan lainnya.

4. Diare

Kandungan bahan pengawet pada makanan olahan bisa seperti nutrite dan nitrate bisa menyebabkan seseorang mengakibatkan seseorang mengalami diare setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet tersebut.

5. Sakit kepala

Bahan pengawet bisa menjadi pemicu munculnya sakit kepala atau pusing. Misalnya saja pada zat formalin, zat tersebut jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit serta masuk ke dalam tubuh bisa berdampak seseorang mengalami pusing atau sakit kepala.

6. Rasa terbakar di tenggorokan

Jika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung formalin atau boraks yang tinggi maka dampaknya bisa secara langsung menyebabkan rasa tenggorokan seperti terbakar atau terasa sangat panas.

7. Penyakit diabetes

Penyakit diabetes memang tidak terlepas dari riwayat keluarga yang menjadi faktor dominan penyebab diabetes. Namun perlu diingat bahwa masih banyak beberapa penyebab penyakit diabetes lainnya, yaitu seperti sering mengkonsumsi beberapa produk makanan olahan yang banyak mengandung bahan pengawet.

8. Penyakit leukimia

Diantara dampak yang fatal dari konsumsi bahan pengawet yaitu bisa memicu penyakit leukimia atau kanker darah. Kandungan zat pengawet seperti nitrate bisa meningkatkan resiko kesehatan terhadap terbentuknya kanker darah ini.

9. Kerusakan ginjal

Kandungan zat berbahaya lainnya yang terdapat dalam makanan olah yang mengandung bahan pengawet yaitu sodium benzoate yang digunakan untuk mencegah tumbuhnya bakteri pada makanan sehingga makanan bisa tetap awet dalam jangka waktu yang lama. Namun hal ini berbahaya karena bisa meningkatkan resiko terhadap kerusakan ginjal.

10. Bahaya kanker

Kandungan bahan kimia sintetis dalam makanan olahan bisa meningkatkan resiko menderita penyakit kanker prankeas. Kandungan kimia tersebut biasanya terdapat dalam daging bologna atau daging sosis.

11. Tumor pada perut dan liver

BHT ( Butil Hidroksi Toluen ) adalah sejenis bahan pengawet yang sering dipakai pada makanan olahan. Menurut penelitian yang menggunakan tikus sebagai bahan percobaan, ditemukan bahwa tikus yang diberi makan dengan menggunakan BHT sebagai bahan pengawet terbentuk tumor dan liver di dalam perutnya, penelitian lanjutan mengatakan jika kondisi tersebut juga bisa terjadi pada manusia.

12. Kanker otak

Nitrite dan nitrate merupakan dua zat pengawet yang sering digunakan dalam makanan olahan. Bahaya penggunaan bahan pengawet tersebut bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit kanker otak. Dan jika dikonsumsi secara terus menerus bisa memperparah kanker otak yang bisa berujung pada kematian.

13. Penyakit jantung

Kandungan lemak trans yang berasal dari makanan olahan merupakan kandungan lemak yang berbahaya karena karena bisa mengikatkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan merusak HDL atau kolesterol baik.

Demikianlah informasi tentang Bahaya Makanan Olahan Bagi Kesehatan Yang Wajib Kita ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.