Sejuta Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Unknown

Sejuta Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Daun mint merupakan tanaman yang memiliki nama latin Mintha Spacata ini telah digunakan sebagai obat tradisional sejak berabad-abad yang lalu. Daun mint ini merupakan tanaman herbal yang mampu mengobati berbagai penyakit, baik penyakit ringan maupun penyakit serius. Selain sebagai obat, daun mint juga bisa digunakan dalam campuran masakan. Hal ini dikarenakan daun mint memiliki rasa manis dan sensasi mendinginkan serta menyegarkan.
Sejuta Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Sejuta Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kandungan daun mint

Daun mint atau daun pepppermint memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti antioksidan. Daun mint juga mengandung banyak vitamin diantaranya adalah vitamin A, C, D dan E. Daun mint juga mengandung mineral baik untuk tubuh seperti kalsium dan fosfor. Dengan kandungan didalamnya tersebut, tidak heran jika daun mint memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan juga kecantikan.

Nah berbicara tentang daun mint atau daun peppermint, semua orang juga tahu jika daun tersebut memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Lalu apasajakah manfaat daun mint tersebut. Nah sahabat, dalam kesempatan kita kali ini, kami akan menjelaskan tentang manfaat daun mint untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut sejuta mnafaat daun mint untuk kesehatan dan kecantikan.
Manfaat daun mint untuk kesehatan

1. Menyegarkan serta mengatasi bau mulut

Sudah bukan rahasia lagi jika daun mint merupakan bahan alami yang sangat ampuh sekali untuk menyegarkan serta mengatasi masalah bau mulut. Daun mint mengandung mentol yang mampu membuat mulut menjadi segar, tak heran jika banyak pasta gigi atat obat kumur yang menggunakan bahan dari daum mint. Nah untuk mendapatkan manfaat ini, anda bisa mengunya daun mint secara langsung atau juga bisa mencampurkannya dalam minuman anda.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi bau mulut

2. Mengatasi masalah hidung tersumbat

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dimana daun mint mengandung mentol yang baik sekali untuk menyegarkan mulut dan pernafasan. Itu artinya daun mint juga sangat efektif sekali untuk mengobati hidung tersumbat. Aroma menthol pada daun mint akan membuka saluran pernafasan yang tersumbat, selain itu daun mint juga memiliki sifat anti bakteri dan anti inflmasi yang mampu membunuh bakteri dan virus yang ada pada saluran pernafasan, sehingga sakuran pernasan menjadi lega.

3. Menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit

Daun mint mengandung senyawa antioksidan, anti inflamasi dan anti jamur yang dapat melawan radikal bebas, sehingga ampuh untuk mencegah berbagai penyakit yang disebakan oleh bakerti, virus, dan jamur.

4. Membantu menghilangkan rasa sakit

Daun mint juga ampuh untuk membantu meringankan rasa sakit atau nyeri pada bagian tubuh tertentu. Minyak esensial serta kandungan mentol pada daun mint berfungsi sebagai analgesik. Analgesik sendiri berfungsi sebagai penghilang atau zat yang dapat meredakan rasa sakit.

5. Peningkat nafsu makan

Banyak orang yang nafsu makannya bertambah setelah mengkonsumsi daun mint atau mengkonsumsi makanan yang dicampur dengan daun mint. Ya benar sekali, daun mint akan memberikan rasa nyaman dan tenang bagi penikmatnya, sehingga tak heran makanan akan terasa lebih lezat ketika dicampur dengan daun mint.

6. Mengatasi demam

Daun mint memiliki efek menyegarkan dan mendinginkan, dengan demikian, daun mint juga dapat kita gunakan untuk meredakan demam atau panas. Daun mint akan memberikan rasa dingin serta segar, sehingga masalah demam dapat segera teratasi.

7. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Daun mint biasa digunakan sebagai obat kumur atau pasta gigi, hal ini dikarenakan manfaat daun mint yang baik sekali untuk kesehatan mulut dan gigi. Hal ini dikarenakan daun mint mengandung zat antibacterial dan anti inflmasi yang baik sekali untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi kita, oleh sebab itu kita diwajibkan untuk menggososk gigi dengan pasta gigi 2 kali dalam sehari.

8. Mengatasi gangguan pencernaan

Nah sahabat, ketika anda mengalami gangguan pencernaan seperti susah buang air besar, kurang serat, keram perut dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan daun mint sebagai obat untuk mengatasinya. Kandungan efect anastesia bermanfaat untuk meringankan sakit perut atau keram.

9. Mengatasi iritasi lambung dan usus

Daun mint selain baik untuk mengatasi keram perut juga ampuh untuk mengatasi iritasi pada lambung dan usus. Berbagai kandungan dalam daun mint ampuh untuk menenangkan dinding usus dan lambung. Dengan demikian, daun mint baik untuk lambung dan sistem pencernaan.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi asam lambung

10. Baik untuk kesehatan mata

Daun mint mengandung vitamin A, yang tentu kita semua tahu jika vitamin A baik untuk kesehatan mata. Bahkan vitamin A yang terdapat pada daun mint baik untuk lansia yang mengalami masalah pada pengelihatan mereka. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi mint.

11. Mengatasi gatal atau alergi

Untuk masalah gatal atau alergi kita juga dapat menggunakan daun mint sebagai obat. Daun mint akan membunuh kuman dan jamur penyebab gatal, sehingga masalah gatal pada kulit dapat diatasi. caranya mudah sekali, anda cukup gosokan daun mint pada kulit yang gatal.

12. Mengurangi stres

Mint selain menyegarkan juga memberikan efek menenangkan bagi penikmatnya. Oleh sebabi itu, daun minti biasa digunakan sebagai aromaterapi untuk pasien medis. Antioksidan pada daun mint juga mampu membanti meredakan stres. Hasilnya tubuh dan pikiran akan menjadi tenang dan nyaman.

13. Mengontrool tekanan darah dan detak jantung

Daun mint mengandung banyak minerla seperti pottasium dan zat besi. Kedua mineral tersebut berguna dalam pembentukan sel darah merah, serta mengontrol detak jantung sehingga juga dapat mengontrol tekanan darah.

Baca juga : Penyebab dan cara mudah mengatasi tekanan darah tinggi

Manfaat daun mint untuk kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan, daun mint juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan. Nah berikut beberapa manfaat daun mint untuk kecantikan.

- Memutihkan gigi
- Mengatasi jerawat dan komedo
- Menyegarkan kulit wajah
- Mengatasi kulit wajah yang kering, kusam dan berminyak
- Melembabkan serta membuat kulit menjadi awet muda
- Membantu mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan noda hitam
- Membantu menghilangkan bekas luka
- Menghaluskan kulit yang kasar
- Mengatasi kulit kering dan gatal
- Dan lain-lain

Demikianlah informasi tentang Sejuta Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.