Sejuta Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan

citra indah

Sejuta Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan - Lemon merupakan buah yang sudah umum dan mudah sekali didapatkan. Sebagian orang-orang suka memanfaatkan buah lemon sebagai jus karena bisa menyegarkan tenggorokan, terutama di saat cuaca terik yang sangat panas. Namun sedikit dari orang-orang yang mengetahui jika buah lemon ini banyak memberikan manfaat buat kesehatan tubuh. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai sejuta manfaat buah lemon untuk kesehatan. Agar anda tidak penasaran dengan isinya untuk itu langsung saja anda simak keterangan kami di bawah ini, semoga bisa bermanfaat. Berikut Sejuta manfaat buah lemon untuk kesehatan.
Sejuta Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan
Sejuta Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan

1. Membantu menstabilkan ph tubuh

Keseimbangan asam dan basa merupakan hal yang penting buat kesehatan. Diantara manfaat jeruk lemon yaitu bisa menetralisir asam yang berlebih di dalam tubuh. Uniknya jeruk lemon yang sifatnya asam bisa dirubah menjadi basa ketika sampai di lambung, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat maag yang sifatnya alami.

2. Mencegah sesak napas atau asma

Lemon juga bisa berkhasiat untuk mencegah dan meringankan asma, resiko terjadinya asma bisa dicegah dengan mengkonsumsi viamin C yang mencukupi kebutuhan tubuh. Kandungan vitamin C ini bisa didapatkan dari sari buah lemon.

3. Melancarkan pencernaan

Buah lemon bisa membantu mempermudah pembuangan sisa pencernaan, sehingga bisa memperlancar buang air besar. Lemon seperti pemurni darah dan agen pembersih, sehingga minuman ini sangat baik untuk dikonsumsi setelah makan siang ataupun makan malam.

4. Membantu menurunkan berat badan

Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan, anda bisa memasukkan lemon ke dalam daftar menu sehat anda. Hal ini karena lemon cukup ampuh dalam menurunkan berat badan. Lemon bisa melancarkan sistem pencernaan sehingga hal ini bisa membantu tubuh untuk menjadi langsing dan ramping.

5. Obat sariawan

Bukan rahasia lagi jika buah lemon bisa mengobati sariawan, hal ini karena buah lemon banyak mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut serta mengatasi masalah sariawan, selain itu buah lemon juga bisa mengatasi bau mulut.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengobati sariawan 

6. Mengatasi sakit tenggorokan

Tidak hanya jahe yang bisa mengatasi masalah sakit tenggorokan, buah lemon juga sangat efektif untuk mengatasi masalah tenggorokan. Untuk pengobatan batuk dan pilek menggunakan buah lemon caranya yaitu siapkan secangkir air hangat, kemudian tambahkan 2 sendok makan air perasan lemon dan beri sedikit madu, gunakan ramuan tersebut sebagai obat kumur.

7. Detoksifikasi racun dalam tubuh

Terkadang makanan yang kita konsumsi tidak semuanya mengandung zat yang baik, zat racun yang menumpuk pada tubuh tidak baik untuk kesehatan. Dalam hal ini buah lemon bisa menjadi solusinya. Mengkonsumsi jus lemon bisa berkhasiat untuk menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh.

8. Mempercepat proses penyembuhan

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah lemon bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu vitamin C juga memiliki sifat anti inflamasi. Vitamin C merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan seperti untuk pemulihan setres dan cidera.

9. Mencegah dehidrasi

Air dari jeruk lemon kaya akan kandungan mineralnya. Kandungan mineral tersebut bisa membantu kita agar terhindar dari dehidrasi. Saat seseorang terkena dehidrasi maka organ tubuh kurang bisa berfungsi secara optimal.

10. Merawat kesehatan mulut

Buah lemon bisa berkhasiat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut, selain itu juga bisa membantu menghilangkan rasa sakit pada gigi. Buah lemon juga bisa membantu mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh berbagai macam penyakit ataupun kondisi gusi.

11. Menstabilkan tekanan darah

Kandungan kalium dalam buah lemon bisa berkhasiat untuk menstabilkan darah bagi penderita sakit jantung. Kalium bisa mengontrol tekanan darah yang tinggi, rasa mual dan pusing. Kandungan kalium bisa memberikan sensasi menenangkan pikiran sehingga bisa mengurangi masalah setres.

12. Mencegah serangan jantung dan stroke

Seperti telah kita ketahui bahwa penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi ataupun obesitas. Dengan mengkonsumsi lemon secara teratur masalah tekanan darah tinggi dan obesitas bisa teratasi.

13. Menyegah penyakit kanker

Selain penyakit jantung, penyakit kanker juga merupakan salah satu penyakit yang dikenal mematikan. Buah lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang bisa bertindak sebagai antioksidan serta bisa menangkal berbagai macam radikal bebas sehingga bisa melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit yang mematikan seperti kanker.

14. Mencegah pembentukan batu ginjal

Kandungan asam sitrat yang terdapat dalam buah lemon bisa memberikan rasa asam serta bisa berkhasiat untuk mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Hal ini karena asam sitrat bisa menangkal urine serta meningkatkan jumlah urine yang keluar.

15. Mencegah anemia

Anemia sering disebabkan oleh defisiensi zat besi terutama pada wanita yang berada pada tahap pra-menopause. Lemon mengandung zat besi serta kaya akan vitamin C dan asam sitrat yang bisa meningkatkan penyerapan makanan dan zat besi sehingga bisa mencegah timbulnya anemia.

Demikianlah informasi tentang Sejuta Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan. Lemon memang buah yang memiliki banyak sekali manfaat. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.