Segudang Manfaat Susu Untuk Kesehatan Tubuh

Segudang Manfaat Susu Untuk Kesehatan - Susu banyak mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama tulang, susu merupakan cairan kental yang berwarna putih dan rasanya manis, tentunya banyak disukai orang. Bahkan saat ini mulai berkembang manfaat serta kombinasinya, seperti mencampurkan susu dengan buah-buahan maupun sayuran.

Manfaat susu bisa dirasakan secara maksimal jika dikonsumsi secara rutin dan teratu. Susu banyak mengandung vitamin dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Susu bisa dikonsumsi baik dalam bentuk minuman ataupun makanan, dalam bentuk makanan bisa dikombinasikan dengan buah-buahan mauoun sayuran.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai segudang manfaat susu untuk kesehatan tubuh. Agar anda tidak penasaran dengan isinya langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Berikut segudang manfaat susu untuk kesehatan.
Segudang Manfaat Susu Untuk Kesehatan
Segudang Manfaat Susu Untuk Kesehatan

1. Sumber kalsium dan protein

Beberapa jenis produk susu mengandung kalsium dan protein dengan tinggi. Bahkan dalam produk susu rendah lemak sekalipun, seperti manfaat yoghurt atau keju rendah lemak. Dengan secangkir yoghurt plain tanpa lemak misalnya bisa memberikan sepertiga asupan kalsium harian yang disarankan dari 18% estimasi protein harian.

2. Membantu pertumbuhan

Setiap orang pasti mengalami pertumbuhan, namun tidak semua orang pertumbuhannya sama serta berjalan dengan baik. Pertumbuhan ada yang berjalan lancar namun ada juga yang terhambat. Seperti halnya anak-anak dan remaja mengalami pertumbuhan tinggi badan bisa dengan mengkonsumsi susu. kandungan kalsium dalam susu sangat baik sekali untuk menunjang pertumbuhan pada anak-anak dan remaja.

3. Memberikan energi

Mengkonsumsi susu bisa memberikan energi pada tubuh, buat mereka yang sibuk mungkin tidak sempat waktunya buat sarapan pagi, namun sebagai alternatifnya mereka bisa menggantinya dengan segelas susu hangat, susu bisa memberikan energi sehingga saatt beraktifitas dipagi hari tubuh bisa tetap energik.

4. Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Kalsium di dalam susu merupakan zat yang sangat penting buat kesehatan tulang. Kalsium tidak hanya baik buat pertumbuhan tulang anak-anak saja, namun orang dewasa juga membutuhkan tulang yang kuat agar dapat mencegah terjadinya resiko osteoporosis.

5. Memulihkan otot

Susu mengandung protein yang tinggi yang bisa membantu memulihkan otot kembali setelah seharian beraktifitas. Meminum segelas susu sehabis aktifitas ataupun berolah raga bisa memulihkan otot kembali menjadi segar, susu bisa mencegah rasa sakit pada perut, selain itu juga bisa menambah cairan yang hilang karena latihan.

6. Menetralisir racun

Susu bisa berkhasiat untuk menetralisir racun, susu bisa memberishkan paru-paru dari racun yang membandel, membantu tubuh dalam membuang racun akibat polusi, terutama buat mereka yang sering melakukan aktifitas di luar rumah.

7. Menjaga dan memperbaiki tekanan darah

Berdasarkan sebuah study penelitian di Spanyol terhadap lebih dari 5000 orang dewasa, orang yang tertaur mengkonsumsi susu yang rendah lemak bisa 50% lebih kecil terkena resiko hipertensi jika dibandingkan dengan orang yang tidak biasa minum susu.

8. Menurunkan berat badan

Banyak penelitian yang mengatakan jika susu bisa mengurangi serta menurunkan berat badan. Orang yang biasa rutin mengkonsumsi susu setiap hari berat badannya bisa lebih cepat turun jika dibandingan dengan orang yang jarang minum susu. Mengapa bisa terjadi? karena minum susu bisa membuat orang menjadi cepat kenyang sehingga kebiasaan ngemil makanan akan menjadi hilang.

9. Mengurangi setres dan depresi

Susu bisa mengatasi setres dan depresi, kandungan protein dalam susu bisa mengurangi tekanan darah dan hormon yang menyebabkan ketegangan dalam tubuh, minum susu bisa mengendurkan otot tubuh yang tegang. Vitamin D yang terkandung dalam susu bisa meningkatkan produksi hormon serotonim yang berfungsi untuk memperbaiki mood.

10. Dapat meningkatkan konsentrasi

Dalam susu terkandung vitamin B 12 yang bisa berfungsi untuk meningkatkan kemampuan otak, meningkatkan kemampuan kognitif dan bisa meningkatkan konsentrasi, sehingga bisa mempertajam daya ingat seseorang.

Demikianlah informasi tentang Segudang Manfaat Susu Untuk Kesehatan. Susu merupakan minuman yang kaya akan nutrisi dan sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.