Segudang Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Segudang manfaat kencur untuk kesehatan - Kencur adalah salah satu rempah-rempah yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia. Kunyit telah dipercaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Ramuan kesehatan yang terbuat dari kunyit ini telah dibuat turun-temurun dari orang terdahulu.

Tanaman yang memiliki nama lain keempteria galanga ini terdapat dua jenis. Yaitu jeni kencur berdaun lebar dan kencur berdaun sempit agak tegak. Untuk mendapatkan kencur ini sangatlah mudah. Bahkan hampir disetiap daerah terdapat kencur. Anda bisa memanfaakannya untuk perawatan kesehatan dan juga perawtaan kecantikan.

Untuk menggunakannya tidaklah sulit, anda bisa menjadikan kencur sebagai jamu atau campuran makanan serta minuman lain. Berbicara tentang kencur, apa lagi sih manfaat lain dari kencur? Berikut ini beberapa manfaat kencur untuk kesehatan:

Segudang Manfaat Kencur untuk Kesehatan
Segudang Manfaat Kencur untuk Kesehatan

1. Obat masuk angin

Kencur memiliki kandungan alami yang dapat mengatasi masalah batuk. Baik itu batuk biasa maupun batuk berdahak. Cukup cuci bersih kencur dan makanlah dengan garam dapur. Lalu minumlah air hangat. Lakukanlah dua kali sehari untuk mencegah masuk angin juga.

Baca juga : Cara ampuh atasi perut kembung atau masuk angin

2. Mengobati radang lambung

Jika anda memiliki masalah pada lambung anda, manfaatkanlah kencur sebagai obat alami untuk lambung anda. Kunyahlah dua rimpang kencur bersih. Telanlah airnya dan buang ampasnya. Lakukanlah pengobatan ini secara rutin sampai radang lambung anda benar-benar sembuh.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi asam lambung

3. Mengobati mulas pada perut

Perut yang mulas memang sangat mengganggu aktivitas. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan kencur. Parutlah kencur dan tambahkan dua sendoka air serta sedikit garam. Saring ramuan tersebut dan ambil airnya. Minumlah air hasil saringan tersebut 2-3 kali dalam sehari. Lakukan secara rutin agar perut tidak mulas.

4. Mengobati diare

Kunyit juga bisa anda manfaatkan sebagai obat diare. Tumbuklah dua rimpang kunyit dan dua siung bawang merah sampai halus. Bungkuslah ramuan tersebut dengan daun pisang. Kemudian bakarlah ramuan itu, dan oleskan pada pada perut anda. Lakukan hingga diare anda terobati.

Baca juga : Cara alami cepat dan aman atasi diare

5. Obat batuk dan sakit tenggorokan

Sama halnya pada poin pertama. Ramuan kunyit bisa mengobati masalah batuk, bahkan batuk yang membuat tenggorokan sakit pun bisa anda atasi dengan kunyti. Kupaslah kulit kencur dan parut. Ambil sari kunyit yang telah diparut dan saringlah. Tambahkan sedikit madu serta beberapa tetes air jeruk nipis. Minumlah 3 kali sehari sampai sakit tenggorokan dan batuknya hilang.

6. Membersihkan darah

Ramuan alami dari kencur ini juga bisa membersihkan darah dalam tubuh anda. Siapkan 4 rimpang kencur, 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering, dan adas secukupnya. Cucilah semua bahan hingga benar-benar bersih. Lalu rebus bahan dengan satu liter air. Kemudian saring dan minumlah airnya.

7. Melancarkan menstruasi

Jika anda ingin melancarkan menstruasi anda, silahkan konsumsi ramuan kencur secara rutin. Sebab, kandungan pada kencur ini mampu mengatasi masalah menstruasi yang sulit dan terganggu. Siapkan 1 rimpang kencur, 2 lembar daun trrngguli, 1 cengkeh tua, dan adas secukupnya. Lalu rebus semua bahan dengan 3 gelas air. Minumlah airnya 2 kali dalam sehari.

Baca juga : Cara alami melancarkan menstruasi

8. Mengobati keseleo

Kencur juga  bisa membantu mengatasi masalah keseleo pada kaki maupun tangan anda. Cuci bersih 1 rimpang kencur. Rendamlah segenggam beras dan masukkan kencur tersebut. Tumbuk hingga halus lalu oleskan pada bagian tubuh yang keseleo. Lakukan berulah kali secara rutin hingga sembuh.

9. Mengontrol kadar kolesterol

Anda juga bisa mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh anda dengan baik hanya mengkonsumsi ramuan kencur secara rutin. Kencur dapat membantu meningkatkan aliran empedu. Cairan empedu berfungsi memproses penyerapan makanan agar tidak terganggu, sehingga mengontrol kolesterol jahat dan menormalkannya.

10. Mengurangi lemak

Jika anda memiliki lemak yang berlebih atau berat badan yang berlebihan. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan ramuan kencur. Ramuan kencur ini akan membuat tubuh anda menjadi lebih hangat dan nyaman. Selain itu juga akan membuat metabolisme menjadi lebih lancar. Sehingga tubuh anda pun akan lebih banyak membakar lemak.

Manfaat lain dari kencur untuk kesehatan dan kecantikan

Selain semua manfaat diatas, kencur juga memiliki manfaat lain yang perlu anda ketahui. Anda bisa memanfaatkan kencur untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut ini manfaat lain dari kencur:
  • Antioksidan yang kuat
  • Sumber serat
  • Anti kanker
  • Melancarkan peredaran darah
  • Membunuh bakteri dalam usus
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Membuang racun dari dalam tubuh
  • Merupakan sumber serat
  • Baik untuk kecantikan kulit
  • Sebagai bumbu masak
  • Dan lain sebagainya
Demikianlah informasi tentang Segudang Manfaat Kencur untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.