Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya Secara Alami

rina

Penyebab mata bengkak dan cara mengatasinya secara alami - Mata yang bengkak memang sangat mengganggu pandangan. Pandangan menjadi tidak nyaman dan rasanya sangat menjengkelkan. Bukan hanya itu, mata yang bengkak juga membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Dan akhirnya membuat kita merasa kurang percaya diri.

Mata yang bengkak biasanya disebabkan karena terkena debu atau benda asing yang masuk ke dalam mata lalu dikucek. Akhirnya mata pun terjadi iritasi dan mengalami pembengkakan. Itulah yang menjadi penyebab mengapa mata anda bisa bengkak. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati mata bengkak. Salah satunya adalah menggunakan obat mata yang bisa anda beli di apotik untuk mata bengkak.

Namun, anda juga bisa menyembuhkannya dnegna bahan alami. Sehingga lebih aman dan sembuh dengan cara alami tanpa takut iritasi. Sebelum anda tahu bagaimana cara mengatasi mata bengkak, anda perlu tahu dulu penyebab mata bengkak lebih detail lagi.
Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya Secara Alami
Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab mata bengkak

1. Kurang tidur

Kurang tidur bisa menjadi penyebab terjadinya mata bengkak, muka yang pucat, dan terlihat kurang sehat. Bahkan kurang tidur juga bisa merusak kesehatan dan kecantikan kulit. Kulit akan berkeriput dan terdapat lingkaran hitam pada mata atau yang biasa disebut dengan mata panda. Saat seseorang kekurangan istirahat akan melepaskan hormon kortisol yang memecah kolagen, sehingg kulit akan mengerut dan tidak kenyal lagi.

Baca juga : Dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan dan kecantikan

2. Alergi

Jika anda mengalami pembengkakan pada mata anda, apakah anda memiliki riwayat alergi? Alergi terhadap paparan partikel dari lingkungan seperti debu, bulu hewan, atau serbuk sari bisa menjadi penyebab terjadinyanya pembengkakan pada kelopak mata. Selain itu, alergi terhadap makanan juga bisa menyebabkan pembengkakan. Biasanya akan terasa gatal dan kemudian membengkak.

3. Menangis

Setiap orang pasti pernah menangis. Dan itu merupakan suatu hal yang wajar. Orang akan menangis ketika dirinya tak sanggup lagi menahan perasaannya, baik itu perasaan sedih, kecewa, terharu, atau lainnya. Tapi ingat, menangis berlebihan bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan pada mata. Hal ini disebabkan karena adanya retensi cairan pada kelenjar mata disekitar kelopak mata.

4. Cedera mata

Jika anda mengalami cidera pada area sekitar mata, maka kemungkinan anda akan mengalami pembengakakan dan rasa gatal pada kelopak mata anda. Selain itu, kelopak mata yang mengalami peradangan pasca melakukan operasi katarak juga bisa memicu terjadinya pembengkakan dan rasa gatal. Hal ini merupakan gejala yang serius karena menunjukkan komplikasi pasca operasi.

5. Lensa kontak

Dalam pemakaian lensa kontak memang tidak boleh sembarangan. Jika salah dalam memakai lensa kontak dapat menyebabkan pembengkakan pada mata. Baukan hanya itu, lebih parah lagi bisa menyebabkan kerusakan pada mata hingga mencapai level kebutaan. Berhati-hatilah dalam memakai lensa mata dan ikuti petunjuk pemakaian.

6. Gigitan serangga

Gigitan serangan seperti nyamuk atau semut juga bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kelopak mata anda. Hal ini karena sengatan serangga tersebut membuat kulit sekitar mata menjadi benjol dan terjadi pembengkakan. Usahakan jangan dikucek berlebihan. Cuci tangan dulu menggunakan air bersih.

7. Bintilan

Bisa juga pembengkakan pada kelopak mata anda disebabkan karena adanya bintilan. Bintilan bentuknya seperti jerawat, hanya saja letaknya pada area bulu mata. Biasanya bintilan ini dipicu oleh infeksi bawah bulu mata. Biasanya bintilan juga terdapat nanah didalamnya. Anda bisa mengeluarkannya perlahan untuk penyembuhan lebih cepat. Lalu kompres dengan air hangat.

8. Minuman keras

Bahaya minuman keras memang sudah tidak diragukan lagi. Minuman keras dapat memberikan efek negatif pada kesehatan juga kecantikan. Bukan hanya penyakit pada organ dalam saja, tapi juga bisa menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata. Hindarilah minuman ini, selain diharamkan juga berefek negatif pada tubuh kita.

9. Sengatan matahari

Sengatan matahari bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Apalagi kalau sengatan ini berlebihan pada kulit, tentu kulit akan terlihat seperti terbakar. Jika sinar matahari ini menyengat bagian mata, maka akan terjadi pembengkakan, khususnya pada kelopak mata. Itulah alasan mengapa kita harus memakai tabir surya saat keluar ruangan.

10. Pukulan

Mata bengka juga bisa disebabkan karena pukulan atau terkena benda keras. Seperti yang kita lihat dimana orang yang dipukul pada bagian wajahnya akan mengalami mata bengkak, hal ini juga biasa terjadi pada para pemain tinju.

Cara mengatasi mata bengkak

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab pembengkakan pada mata, kini saatnya anda mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Caranya tidaklah sulit, anda bisa memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar anda agar lebih aman. Berikut ini caranya:

1. Es batu

Es batu memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Selain mengencangkan kulit, es batu juga dapat mengatasi masalah pembengkakan pada mata. Yaitu dengan mengkompresnya dengan es batu. Efek dingin pada es batu akan membuat otot-otot menjadi rileks. Secara perlahan pembengkakan akan sembuh.

2. Teh celup

Anda juga bisa memanfaatkan teh celup untuk pengobatan mata yang bengkak. Bukan hanya enak untuk diminum, tapi juga bermanfaat untuk menyembuhkan pembengkakan. Anda cukup menempelkan yang telah dipakai, tempelkan pada mata anda dan diamkan sambil tiduran. Setelah itu kompres dengan air dingin.

3. Mentimun

Mentimun adalah buah yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan, terutama pada kulit. Anda juga bisa mengobati pembengkakan pada mata menggunakan mentimun. Cukup tempelkan irisan mentimun pada mata anda. Tunggu beberapa saat sambil tiduran. Secara perlahan pembengkakan akan sembuh.

4. Kentang

Hampir sama dengan mentimun, kentang juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit, salah satunya kulit di area mata. Jika anda mengalami mata bengkak, anda bisa mengobatinya dengan kentang. Iris tips kentang lalu tempelkan pada kedua mata anda. atau pada mata yang membengkak. Tunggu sambil tiduran.

5. Obat mata

Pada kondisi tertentu, anda bisa menggunakan obat mata untuk mengatasi masalah pembengkakan pada mata. Hal ini disebabkan karena mata sakit atau gangguan pada mata. Anda bisa mendapatkan obat mata ini pada apotek terdekat.

6. Menggunakan krim

Jika cara alami tidak bisa menyembuhkan mata anda yang bengkak, anda bisa menggunakan krim anti peradangan. Krim ini mampu membantu mengecilkan pembuluh darah sehingga mata bengkak bisa terasai dengan baik. Anda cukup mengolaskan krim khusus mata yang bengkak pada area mata. Tunggu beberapa saat akan terasa lebih nyaman.

7. Bawa ke dokter

Dan jika semua cara yang anda lakukan tidak berhasil, mungkin saja ada kelainan yang perlu anda selidiki. Mungkin saja anda memiliki riwayat penyakit lainnya yang membuat mata anda bengkak. Atau juga mungkin ada kelainan pada mata anda. Segeralah untuk dibawa ke dokter terdekat atau lebih direkomendasikan pada spesialis mata.  

Demikianlah informasi tentang Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya Secara Alami. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.