Penyebab dan Cara Menghilangkan Kapalan Secara Alami

Penyebab dan cara menghilangkan kapalan secara alami. Kapalan adalah salah satu masalah yang saat ini masih hangat dibicarakan. Ya, masalah kulit yang satu ini memang sangat mengganggu kenyamanan bagi siapapun yang mengalaminya. Terutama ketidaknyamanan saat kaki menginjak sesuatu atau alasan bawah.

Kapalan atau masalah kulit pada telapak kaki ini biasanya disebabkan karena gaya hidup yang salah. Ya, kalau keluar rumah tidak pernah menggunakan alas kaki, sehingga membuat kulit kaki menjadi rusak dan akhirnya kapalan. Apalagi kalau tidak diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tepat untuk kulit, pasti akan lebih parah lagi kapalannya.

Untuk mengatasi masalah kapalan, anda perlu menggunakan obat. Seperti salep yang dijual diapotek atau dengan obat alami yang juga dari bahan-bahan alami. Namun sebelum anda melakukan penyembuhan, anda perlu mengetahui beberapa gejala dan penyebabnya.
Penyebab dan Cara Menghilangkan Kapalan Secara Alami
Penyebab dan Cara Menghilangkan Kapalan Secara Alami

Gejala Kapalan

Ada beberapa gejala kapalan yang perlu anda ketahui. Hal ini ditujukan agar anda bisa bertindak lebih cepat dan lebih awal ketika mendapatkan gejala seperti ini. Berikut beberapa gejala dari masalah kapalan:
  • Sebagian kulit terasa kasar dan menebal
  • Rasanya sakit atau nyeri saat disentuh pada bagian bawah kulit
  • Terdapat benjolan keras pada kulit
  • Kulit berubah menjadi kering dan pecah-pecah

Penyebab Kapalan

Setiap masalah pasti ada penyebabnya masing-masing. Dan masalah dari kulit yang kapalan juga ada penyebabnya. Penyebab dari kapalan ini juga bermacam-macam. Bukan hanya karena sering tidak pakai alas kaki, berikut ini beberapa penyebab kapalan:

1. Tidak menggunakan sarung tangan

Saat anda bekerja dengan menggunakan suatu alat, biasakan untuk selalu mengenakan sarung tangan. Sebab menggunakan alat kerja tanpa mengenakan sarung tangan akan membuat kulit tangan tergesek dengan alat kerja. Semakin lama dan sering tergesek maka akan membuat alas tangan menjadi kapalan. Ini juga berlaku pada kaki anda yang juga harus memakai kaos kaki juga sepatu.

2. Jari kaki palu

Ini merupakan kondisi cacat yang dimana seseorang memiliki sendi jari kaki membengkok ke bawah seperti cakar. Hal inilah yang menjadi pemicu munculnya kapalan pada kaki. Penyebab ini bisa anda cegah dengan selalu mengenakan kaus kaki saat bersepatu dan jangan malas membersihkan kaki.

3. Sering memainkan instrumen musik atau menggunakan peralatan tangan

Jika anda hobi memainkan alat musik, ini bisa menjadi penyebab munculnya kapalan pada tangan anda. Yang perlu anda lakukan adalah jangan lupa mengenakan sarung tangan. Ini juga berlaku jika anda sering menulis. Sering menulis akan membuat tangan anda mudah kapalan.

4. Menggunakan sepatu yang tidak nyaman

Memang sepatu itu bisa anda pilih sesuai selera dan bentuknya yang bagus. Namun anda juga harus menyesuaikan kenyamanan yang anda rasakan. Jika anda merasa tidak nyaman, maka jangan memakai sepatu itu. Sebab ketidaknyamanan sepatu itu tanda kalau sepatu tersebut bisa memicu kapalan.

5. Tidak mengenakan kaus kaki

Kaus kaki sangatlah penting untuk anda kenakan, terutama ketika anda mengenakan sepatu. Tidak mengenakan kaus kaki bisa membuat kulit anda berbenturan langsung dengan sepatu yang kasar beserta selalu terjadi gesekan akan membuat kulit anda menjadi keras.

6. Bunion

Bunion adalah kondisi dimana pada sendi pangkal jempol kaki muncul benjolan yang terbentuk dari tulang. Buion ini bisa menjadi pemicu munculnya kulit kapalan. Ya, kulit alas kaki anda akan menjadi lebih mudah kapalan.

Cara Alami Menghilangkan Kapalan

Sebenarnya untuk menghilangkan kapalan ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Semua cara yang dimaksud ini tidaklah menggunakan bahan atau produk yang mengandung bahan kimia berbahaya. Berikut ini cara alami yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan kapalan:

1. Rendam dalam air hangat

Cara yang pertama ini adalah cara yang paling sederhana yang bisa anda coba untuk menghilangkan kapalan. Jika anda mengalami kulit yang kapalan, silahkan rendam kedalam air hangat selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu lalu gosoklah dengan air apung. Kapalan yang ada jangan digunting atau dipotong dengan benda tajam, karena hal itu bisa menyebabkan infeksi. Lakukanlah cara nomor satu ini setiap hari agar bisa cepat hilang.

2. Menggunakan perasan air jeruk lemon

Jeruk lemon kaya akan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan. Jeruk lemon ini dapat anda manfaatkan untuk menyembuhkan kapalan. Anda cukup mengoleskan air jeruk lemon pada kulit yang terdapat kapalan. Namun sebelumnya cuci bersih dulu kulit anda lalu oles dengan air jeruk lemon. Lakukan gosokkan perlahan dan kemudian bilas dengan air bersih lagi.

3. Baking soda

Baking soda juga bisa membantu menghilangkan kapalan pada kaki maupun tangan anda. Gunakan air hangat  yang dicampur dengan baking soda untuk merendam kaki maupun tangan anda yang kapalan. Tunggu selama 15 menit. Setelah itu lalu bilas dengan air bersih dan gunakan handuk halus atau lap untuk mengelap kaki anda.

Baca juga : Manfaat baking soda untuk kecantikan 

4. Bawang putih dan cuka

Perpaduan kedua bahan ini bisa membantu menghilangkan kapalan. Cukup campurkan kedua bahan tersebut pada sebuah wadah. Tempatkan wadah yang sudah terisi bahan tersebut pada tempat yang tersorot sinar matahari. Lalu gunakan pada waktu sebelum tidur untuk mengoleskan pada kaki atau tangan anda yang kapalan.

5. Cengkeh dan lemon

Cengkeh telah dipercaya akan manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan. Begitu juga dengan lemon yang tidak kalah manfaatnya. Campuran keduanya dapat menghilangkan kapalan pada kulit. Campurkanlah cengkeh dengan air lemon secukupnya. Tunggu 15 menit lalu keluarkan cengkehnya dan gunakan air lemonnya untuk dioleskan pada kulit yang kapalan. Lakukan secara rutin.

6. Pepaya mentah

Pepaya merupakan salah satu buah yang telah dipercaya dapat mengatasi masalah kulit. Bahkan banyak produk kecantikan yang menggunakan pepaya sebagai bahan utama. Anda juga bisa memanfaatkan pepaya untuk mengobati kapalan. Haluskan pepaya mentah lalu oleskan pada kulit anda yang kapalan. Lakukan 3 kali dalam sehari secara rutin.

7. Vitamin A dan E

Vitamin A dan E ini juga mampu membantu mengikiskan kapalan pada kulit kaki maupun tangan anda. Oleskan kedua vitamin ini pada bagian yang terdapat kapalan. Biarkan vitamin itu meresap dan bekerja mengobati kapalan. Secara perlahan kapalan itu akan mengikis dan hilang dengan sendirinya secara alami.

8. Menggunakan kentang

Kentang yang biasanya dijadikan sebagai kripik yang renyah ini juga bisa membantu anda dalam mengobati kapalan. Kandungan didalamnya dapat anda manfaatkan untuk mengatasi kapalan. Parutlah kentang secukupnya. Tempelkan parutan kentang pada daerah yang kapalan dengan kain kassa dan diamkan selama 2-3 jam.

9. Kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang digemari oleh sebagian besar orang. Namun selain enak diminum, kopi juga dapat membantu mengatasi kapalan. Ambilah sisa bekas kopi lalu gosokkan pada kulit yang kapalan. Tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2 kali dalam sehari secara rutin.

10. Pergi ke dokter

Jika anda tak bisa mengatasinya dengan semua cara diatas, mungkin saja ada suatu kelainan atau penyakit yang membuat kaki atau tangan anda menjadi kapalan. Jika anda ingin tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya, maka segeralah konsultasi dokter. Berikut ini ciri-ciri kapalan yang harus dibawa ke dokter:
  • Kapalan terasa sakit, meradang, memerah, dan membengkak
  • Jika memiliki riwayat diabetes dan kapalan, konsultasikan dokter
  • Jika semua cara tidak berhasil, konsultasikan dokter.
Demikianlah informasi tentang Penyebab dan Cara Menghilangkan Kapalan Secara Alami. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.