Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Selulit

Penyebab dan cara alami mengatasi selulit - Selulit adalah gumpalan kulit kecil akibat terhambatnya lemak yang mengalir melalui darah dalam tubuh. Hampir sebagian besar wanita mengalami selulit pada tubuhnya, dan biasanya selulit ini berbentuk seperti kulit jeruk yang menempel pada perut.

Berbicara tentang selulit, memang tidak ada habisnya, banyak orang yang telah terserang penyakit selulit. Biasanya selulit ini muncul pada bagian paha, perut, dan masih banyak lagi. Sebenarnya selulit ini bukan termasuk masalah kesehatan yang berbahaya, atau masalah kesehatan yang membuat penderitanya mengalami kematian. Namun jika selulit ini muncul pada area atau bagian tubuh yang mudah trlihat pasti akan mengganggu penampilan.

Lalu penyebab selulit itu apa sih sebenarnya? Mengenai faktor penyebab dari selulit itu sebenarnya sangatlah banyak. Dan yang paling umum adalah karena gaya hidup yang tidak sehat dan tidak pernah berolahraga. Untuk faktor penyebab lebih jelasnya dibawah ini.
Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Selulit
Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Selulit

Penyebab selulit

1. Faktor hormon

Faktor hormon merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya selulit pada tubuh seseorang. Faktor hormon seperti estrogen, insulin, noradrenalin, tiroid, dan prolaktin cukup berpengaruh menyebabkan selulit. Kadar estrogen yang meningkat sesaat sebelum ibu hamil juga bisa menimbulkan pengaruh datangnya selulit.

2. Faktor gen

Faktor genetik atau faktor keturunan juga bisa menyebabkan munculnya selulit pada tubuh seseorang. Beberapa karakteristik tertentu pada setiap individu bisa mempengaruhi jenis kelamin, ras, dan metabolisme yang lambat. Jika anda mengalami selulit, coba lihat apakah keluarga anda juga ada yang mengalaminya? Mungkin saja itu faktor dari genetik.

3. Pakaian

Pakaian juga bisa menjadi faktor penyebab selulit yang anda alami. Pakaian yang ketat, erat, dan elastis yang menekat darah disekitar tubuh yang terdapat banyak lemak, maka akan menimbulkan bekas yaitu selulit. Sebab itu gunakanlah pakaian yang tidak terlalu ketat agar tidak memicu pertumbuhan selulit.

4. Gaya hidup

Banyak orang yang tidak tahu kalau gaya hidup yang tidak sehat atau buruk juga bisa menyebabkan terjadinya selulit. Terlalu lama duduk, berdiri, atau yang lainnya dengan posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama. Inilah yang menyebabkan terjadinya selulit. Selain itu, perokok juga berpotensi mengalami selulit.

5. Faktor makanan

Mengkonsumsi makanan terlalu banyak dan mengandung lemak, karbohidrat, garam, dan sedikit serat itu dapat berpotensi menyebabkan terjadinya selulit. Hindarilah makanan seperti fast food, cokelat, kue manis, dan makanan yang berpotensi menyebabkan selulit. Biasakanlah mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung serat.

6. Obesitas

Obesitas atau memiliki berat badan berlebih atau kegemukan karena lemak yang tinggi, ini juga bisa menjadi penyebab munculnya selulit. Kurangilah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Lebih banyaklah minum air putih, serat, dan makanan lain yang mengandung nutrisi bermanfaat. Jaga pola hidup sehat agar tidak terjadi obesitas.

Cara alami mengatasi selulit

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab datangnya selulit, mungkin yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasinya. Jika anda benar-benar mengalami selulit, berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Olahraga

Olahraga secara teratur dapat mengurangi timbunan lemak pada tubuh anda. Selain itu, racun dalam tubuh akan keluar yang akan membuat tubuh anda menjadi lebih sehat. Lakukan gerakan ringan secara konsisten saat olahraga agar selulit dapat dengan mudah diatasi. Tapi ingat, butuh waktu untuk menghilangkan selulit, tidak ada yang instan.

2. Perbanyak air putih

Minumlah lebih banyak air putih untuk menghidrasi tubuh anda. Selain itu, minum lebih banyak air putih dapat membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh serta membakar lemak dan membantu menghilangkan selulit. Oleh sebab itu disarankan bagi setiap orang untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih daripada minuman lainnya.

3. Ampas kopi

Kandungan kafein pada kopi dapat membuat pembuluh darah menjadi melebar dan sekaligus dapat mengurangi kadar penimbunan air. Sehingga lemak tidak terdorong ke kulit dan tidak menjadi selulit. Anda bisa memanfaatkan ampas kopi untuk mengatasi masalah selulit ini. Lakukan secara rutin.

4. Konsumsi vitamin

Mengkonsumsi vitamin secara rutin dapat membantu anda mengatasi masalah selulit pada kulit tubuh anda. Vitamin yang mengandung banyak kalsium, potasium, lycopene, magnesium, vitamin b6, C, E, selenium, dan vodium dapat membantu menghilangkan selulit secara perlahan dan alami. Metabolisme dalam tubuh anda pun akan lebih lancar.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun telah dipercaya memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan, terutama untu kulit. Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk mengatasi masalah selulit. Oleskan minyak zaitun pada kulit yang terdapat selulit dengan gerakan melingkar. Lakukan selama 10-15 menit setiap hari secara rutin. Kulit akan menjadi lebih kencang dalam beberapa hari.

Baca juga : Manfaat masker minyak zaitun untuk kecantikan kulit wajah

6. Cuka apel

Cuka apel memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat anda manfaatkan untuk mengatasi selulit. Anda bisa memanfaatkan dengan cara diminum langsung atau dioleskan. Oleskan cuka apel pada daerah yang tedapat selulit. Lalu biarkan selama anda tidur. Setelah anda bangun baru bilas dengan air bersih.

7. Wortel

Wortel memang sangat baik untuk kesehatan mata. Anda bisa memanfaatkan kandungan vitamin A pada wortel ini bukan hanya untuk mata, tapi juga untuk mengatasi selulit. Rebus wortel hingga matang dan haluskan setelah itu gosokkan pada kulit yang tedapat selulit disertai pijatan. Tunggu 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.

8. Lidah buaya

Lidah buaya bukan hanya baik untuk kesehatan dan kecantikan rambut saja, tapi juga bisa membantu mengatasi selulit pada kulit anda. Cukup oleskan gel lidah buaya pada kulit yang terdapat selulit yang disertai dengan pijatan. Lakukan secara rutin hingga selulit menghilang.

9. Hindari junk food

Hindarilah berbagai macam makanan junkfood. Makanan ini sangat tinggi lemak, minyak, dan karbohidrat yang dapat menyebabkan terjadinya selulit pada sel-sel lemak. Oleh sebab itu hindarilah junk food agar anda tidak mengalami selulit.

10. Kurangi konsumsi garam dan gula

Mengkonsumsi makanan yang mengandung garam dan gula itu memang menyenangkan dan rasanya enak. Bahkan makanan tidak akan terasa enak kalau tanpa garam atau gula. Tapi ingat jangan berlebihan. Sebab mengkonsumsi garam dan gula berlebihan dapat menyebabkan terjadinya selulit. 

Demikianlah informasi tentang  Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Selulit. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.