Manfaat Luar Biasa Kulit Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan

rina

Manfaat luar biasa kulit jeruk untuk kesehatan dan kecantikan - Apakah anda suka makan jeruk? Kalau anda makan jeruk, apa yang anda makan? Pasti akan menjawab buahnya, dan kulitnya pun dibuang begitu saja. Inilah yang biasa dilakukan oleh orang-orang.

Berbicara tentang jeruk, tahukah anda kalau kulit jeruk yang biasa anda buang itu ternyata memiliki manfaat yang luar biasa? Baik itu manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Memang jeruk mengandung vitamin C dan sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun kulitnya juga tidak kalah manfaatnya. Jika anda tahu lebih dalam lagi tentang manfaat kulit jeruk, pasti anda tidak akan membuangnya begitu saja.

Dibalik kulit jeruk yang jarang dilirik ini ternyata memiliki manfaat luar biasa yang perlu anda ketahui. Anda bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk perawatan kecantikan maupun kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat luar biasa kulit jeruk yang perlu anda ketahui:

Manfaat Luar Biasa Kulit Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Luar Biasa Kulit Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Anti kolesterol

Hampir semua senyawa antikolesterol pada buah jeruk ditemukan pada kulitnya. Senyawa ini mampu memerangi LDL atau kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini sangat berbahaya karena dapat menjadi penyebab sempitnya pembuluh darah yang berakibat buruk pada si penderita, yaitu mengalami serangan jantung. Anda bisa mengatasi dengan kulit jeruk.

Baca juga : Cara mudah menurunkan kolesterol

2. Mengatasi gangguan pernapasan

Pernapasan yang terganggu juga bisa anda atasi dengan menggunakan kulit jeruk. Kandungan vitamin C didalamnya merupakan antioksidan yang dapat mencegah serta mengatasi berbagai macam masalah pernapasan. Atasi masalah pernapasan dengan kulit jeruk.

3. Mengatasi penyakit pilek, flu, dan demam

Jika anda terserang gangguan pilek, flu, atau demam, anda bisa mengobati dengan obat alami, yaitu kulit jeruk. Kandungan vitamin C, A, dan kandungan lainnya dapat membantu meredakan batuk, pilek, flu, dan demam.

4. Mengobati sembelit

Untuk mengobati sembelit dengan kulit jeruk, anda bisa memanfaatkannya dengan cara merendam kulit jeruk secukupnya kedalam air mendidih. Tutup wadah tempat merendam itu selama 15 menit. Lalu minumlah airnya 2 kali dalam sehari.

Baca juga : Penyebab, gejala dan cara mengatasi sembelit

5. Mencegah mabuk perjalanan

Jika anda sering mabuh dalam perjalanan, cegahlah mabuk tersebut dengan kulit jeruk. Anda cukup menghirup kulit jeruk secukupnya. Lakukanlah cara ini selama perjalanan hingga anda merasa lebih baik dan tidak mabuk.

6. Mengobati sakit kepala

Untuk mengobati sakit kepala anda, gunakanlah kulit jeruk. Cukup rebus 30 gram kulit jeruk pada air mendidih. Tambahkan sedikit air garam. Setelah itu lalu minumlah dalam keadaan hangat. Minum secara rutin hingga sakit kepala hilang.

7. Mengatasi bau mulut

Anda juga bisa mengatasi masalah bau mulut dengan kulit jeruk. Cara alami ini bisa anda lakukan secara rutin. Kunyahlah kulit jeruk seperti anda mengunyah permen karet. Kandungan didalamnya dapat menghilangkan bau mulut anda secara alami.

8. Menurunkan berat badan

Berat badan yang berlebihan memang terasa tidak nyaman. Anda bisa menurunkannya dengan kulit jeruk. Buah dan kulit jeruk ini sangat efektif dan efisien meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sehingga akan meningkatkan pembakaran kalori lebih banyak. Akhirnya berat badan pun turun.

9. Mencegah kanker paru-paru dan kulit

Agar anda bisa terhindar dari penyakit mengerikan seperti kanker paru-paru dan kanker kulit, anda bisa mencegahnya dengan memanfaatkan kulit jeruk. Vitamin C yang terkandung didalamnya dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Konsumsilah kulit jeruk secara teratur agar resiko terkena kanker kulit dan paru-paru menjadi berkurang.

10. Memutihkan kulit

Jika anda ingin memiliki kulit yang putih dan bersih, anda bisa melakukan perawatan menggunakan kulit jeruk. Kulit jeruk ini memiliki kandungan yang dapat menyamarkan noda hitam atau bintik-bintik hitam pada kulit. Bahkan kulit jeruk ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Peraslah kulit jeruk dan gosokkan pada kulit. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

11. Mengatasi kulit yang terkelupas

Anda juga bisa mengatasi kulit yang terkelupas atau sel kulit yang telah mati. Caranya yaitu dengan mengeringkan kulit jeruk lalu tumbuk hingga lembut. Gunakan sebagai scrub alami kulit. Anda juga bisa mencampurkannya dengan madu atau susu.

12. Sebagai toner

Untuk menjadikan kulit jeruk sebagai toner, anda cukup memasukkan kulit jeruk pada air yang mendidih dan diamkan semalaman. Saringlah airnya dan simpan pada kulkas. Lalu gunakan air tersebut untuk toner wajah. Gunakan secara teratur agar kulit terlihat lebih bersinar dan sehat.

13. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang besar memang menjadi pemicu datangnya berbagai macam masalah kulit. Anda bisa mengatasinya dengan kulit jeruk. Anda cukup menggosokkan kulit jeruk pada kulit wajah anda secara perlahan. Lakukan secara rutin hingga pori-pori anda mengecil.

14. Mencegah dan mengatasi komedo

Jika kulit anda berkomedo, anda juga bisa mengatasinya dengan kulit jeruk. Bukan hanya mengatasi, tapi juga mencegahnya datang kembali. Dengan perawatan rutin menggunakan kulit jeruk akan membantu menjaga kulit anda tetap sehat, bersih, dan bebas dari komedo.

15. Mengatasi jerawat

Sama halnya dengan komedo, anda juga bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk perawtaan kulit mengatasi jerawat. Anda bisa mengatasi jerawat pada wajah maupun punggung dengan kulit jeruk ini. Cukup menggosokka secara perlahan dan halus, jerawat anda akan hilang secara alami.

16. Kondisioner

Anda juga bisa memanfaatkan kulit jeruk sebagai kondisioner alami. Kulit jeruk tidak hanya baik untuk kulit, tapi juga baik untuk rambut. Campurkan jus jeruk atau kulit jeruk dengan air dan madu. Oleskan pada rambut anda secara merata. Diamkan selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin agar rambut tampak sehat dan berkilau.

Tips mengkonsumsi kulit jeruk

Jika anda ingin mengkonsumsi kulit jeruk, harus diolah terlebih dahulu. Untuk mengolahnya tidaklah sulit. Perhatikan caranya berikut ini untuk mengolah kulit jeruk:
  • Bersihkan kulit jeruk hingga benar-benar bersih
  • Potong kecil-kecil kulit jeruk
  • Olah sebagai manisan atau bisa juga dikonsumsi secara langsung
  • Anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa dari kulit jeruk tersebut. 

Demikianlah informasi tentang Manfaat Luar Biasa Kulit Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.