Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Unknown

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Jeruk nipis biasa disebut juga dengan jeruk lemon, tumbuhan ini biasa dimanfaatkan buahnya, ada yang berwarna hijau dan ada yang kuning, kadang daunnya juga dimanfaatkan buat penyedap masakan agar terasa agak masam seperti masakan soto, karena jeruk nipis ini rasanya asam, kadang agak sedikit pahit.

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis lebih banyak daripada jeruk lainnya, selain digunakan sebagai penyedap makanan jeruk nipis juga biasa digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk menyembuhkan berbagai macam-macam penyakit.

Pada kesempatan kali ini akan kami akan menjelaskan beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan, daripada menggunakan obat-obatan kimia mungkin alangkah baiknya anda mencoba dengan menggunakan yang herbal dan alami.
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

1. Mengatasi masalah pencernaan

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis bisa mengatasi masalah pencernaan seperti sulit buang air besar atau gangguan pecernaan lainnya. Caranya yaitu dengan membiasakan rutin mengkonsumsi minum air jeruk nipis.

2. Mencegah kanker

Dengan membiasakan minum air jeruk nipis maka kita bisa lebih tercegah dari penyakit kanker, baik itu kanker kulit atau kanker lainnya, karena selain mengandung vitamin C air jeruk nipis juga mengandung antioksidan yang tinggi.

3. Mengatasi mag

Rasa asam yang ada pada jeruk nipis bisa menyeimbangkan lambung sehingga bisa mengatasi sakit mag, caranya dengan meminum rutin air jeruk nipis setiap harinya.

4. Membantu progam diet

Jeruk nipis dipercaya bisa menghancurkan lemak dalam darah dan tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi bagi yang sedang menjalani progam diet. Anda bisa mengkonsumsi jeruk nipis ini sebagai pendaping makan siang anda ataupun makan malam.

5. Mengatasi masalah tenggorokan

Jeruk nipis dikenal sangat ampuh dalam mengatasi masalah pada tenggorokan dan masalah pada mulut, seperti bau mulut, sariawan, dan juga gusi bengkak ataupun berdarah. Jeruk nipis bisa memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh kita.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan membiasakan rutin mengkonsumsi air jeruk nipis maka tubuh anda bisa lebih lebih kebal karena terlindungi dari penyakit ataupun infeksi.

7. Mengatasi masalah sembelit

Dengan mengkonsumsi air jeruk nipis yang hangat maka sembelit dan segala penyakit perut serta pencernaan bisa tersingkirkan, karena air jeruk yang hangat bisa mengatur dan merangsang usus anda.

Baca juga : Penyebab, gejala dan cara mengatasi sembelit

8. Menurunkan berat badan

Banyak pakar pengamat berat badan yang merekomendasi agar membiasakan meminum air jeruk nipis yang hangat dipagi hari, karena selain mengandung vitamin C juga mengandung serat yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca juga : Cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat

9. Menghilangkan bau badan

Bau badan memang sangat mengganggu, kadang juga bisa menjadikan orang kurang percaya diri karena bau badan. Tetapi mulai sekarang jangan khawatir lagi karena buah jeruk nipis bisa mengatasinya. Caranya yaitu dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian bagian tengah jeruk nipis diolesi dengan kapur sirih, lalu dioleskan dibagian ketiak anda sehabis mandi. Diamkan selama 5 menit kemudian bilas.

10. Mengobati amandel

Mungkin masih banyak yang belum tau kalau amandel sebenarnya juga bisa disembuhkan dengan jeruk nipis, caranya yaitu cuci 3 buah jeruk nipis kemudian potong kecil-kecil lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih, lalu disaring. Gunakan air tersebut untuk berkumur dalam keadaan hangat.

11. Pembersih alami

Jeruk nipis bisa membantu membersikan racun yang berbahaya di dalam tubuh, yaitu dengan membiasakan minum air jeruk nipis yang hangat dipagi hari.

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan

1. Mencerahkan kulit

Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk nipis bisa menghilangkan racun dari tubuh sehingga kulit bisa menjadi cerah dan awet muda.

Baca juga : Cara alami mencerahkan kulit wajah

2. Melawan penuaan

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis juga berfungsi sebagai antioksidan alami, sehingga radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan kulit bisa hilang dan melawan kerutan akibat penuaan dini.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi penuaan dini

3. Membantu mengurangi jerawat

Masalah jerawat memang mengganggu penampilan, kadang juga bisa membuat orang kurang percaya diri, jerawat bisa timbul karena adanya kotoran yang menyumbat pada pori-pori wajah. Anda bisa mengobati jerawat hanya dengan menggunakan jeruk nipis karena kandungan air yang ada dalam jeruk nipis sudah dikenal ampuh dalam mengobati jerawat. Caranya yaitu dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian peras sampai keluar airnya, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Diamkan beberapa saat kemudian bilas menggunakan air dingin, mungkin pertama akan terasa perih tapi hasilnya jerawat akan menjadi semakin berkurang atau bahkan hilang dan kulit wajah menjadi halus.

Baca juga : Cara ampuh atasi jerawat dalam semalam

4. Mengusir kulit kusam

Wajah yang kusam bisa mengganggu penampilan anda, salah satu solusi untuk mengatasi kulit kusam dengan bahan alami yaitu dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis bisa menghilangkan kotoran pada wajah anda yang membuat wajah menjadi kusam. Caranya mudah yaitu hanya dengan memeras jeruk nipis sampai keluar airnya kemudian dioleskan ke seluruh wajah. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air dingin.

Baca juga : Cara alami mengatasi kulit kulit kering dan kusam

5. Mencerahkan dan menghaluskan kulit

Jeruk nipis sudah dikenal bisa mencerahkan dan menghaluskan kulit, caranya yaitu seperti yang telah saya sampaikan di atas yaitu dengan memeras jeruk nipis sampai keluar airnya kemudian oleskan pada wajah anda. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga : Cara alami menghaluskan kulit wajah dengan cepat dan aman

6. Menghilangkan keriput dan kerutan pada wajah

Jeruk nipis bisa lebih berkhasiat untuk pengobatan-pengobatan lainnya apabila dikombinasikan denganbahan-bahan lainnya. Ambil 1 sdm susu dan tambahkan 4 tetes air jeruk nipis, campurkan keduanya lalu gosokkan bagian bagian yang keriput dan kerutan wajah menjelang tidur. Setelah bangun tidur lalu dicuci dengan air hangat dan keringkan. Agar lebih maksimal gunakan krim wajah yang biasa anda pakai, oleskan pada wajah dengan arah berlawanan dengan kerutan. Tunggu sampai setengah jam lalu bilas dengan air bersih, hindari membilas dengan menggunakan sabun.

Baca juga : Cara alami menghilangkan kerutan pada kulit wajah

Demikianlah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat, dan hal itu sudah digunakan sejak zaman nenek moyang kita. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.