Manfaat Dan Efek Samping Daun Binahong Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

citra indah

Manfaat Dan Efek Samping Daun Binahong Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Binahong merupakan tanaman merambat yang tidak memiliki batang serta pertumbuhannya mengikuti sinar matahari. Tanaman ini sudah dikenal di Indonesia sejak dahulu, namun banyak dari orang-orang yang belum mengetahui khasiat dari daun binahong ini.

Menurut para ahli, binahong berasal dari negri Korea yang sering dikonsumsi oleh orang-orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950-1960. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman ini, hingga tanaman ini dijuluki sebagai tanaman obat herbal yang alami.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa manfaat dan efek samping daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan. Agar pembahasan tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami semoga bermanfaat.
Manfaat Dan Efek Samping Daun Binahong Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Dan Efek Samping Daun Binahong Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat daun binahong untuk kesehatan

1. Obat luka luar

Cara pemanfaatan daun binahong sebagai obat luka bakar yaitu dengan merebus 10 lembar daun binahong ke dalam dua gelas air bersih sampai tersisa sekitar segelas. Hasil dari rebusan air tersebut kemudian diminum secara rutin setiap hari.

2. Obat hidung mimisan

Cara menggunakan daun binahong sebagai obat mimisan sangatlah mudah, yaitu dengan menggunakan empat lembar daun binahong yang direbus kedalam dua gelas air bersih hingga tersisa segelas kemudian diminum.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi mimisan

3. Obat maag

Daun binahong bisa berkhasiat untuk mengobati sakit maag, caranya yaitu dengan menyiapkan 10 lembar daun binahong dan dua gelas air yang bersih. Kemudian dimasak sampai air tersisa sekitar satu gelas, kemudian diminum tiga kali dalam sehari.

4. Untuk mengasi masalah buang air besar

Daun binahong bisa mengatasi masalah pencernaan seperti susah buang air besar. Caranya yaitu dengan menyediakann 10 lembar daun binahong yang direbus ke dalam 2 gelas air hingga air mendidih dan tersisa 1 gelas. Air rebusan tersebut diminum rutin setiap hari.

5. Kelancaran haid

Daun binahong juga bisa berkhasiat melancarkan haid. Caranya yaitu dengan merebus 3 lembar daun binahon ke dalam 2 gelas air hingga air tersisa 1 gelas. Air rebusan tersebut diminum secara rutin setiap hari.

6. Obat ambien berdarah

Daun binahong juga bisa berkhasiat untuk mengobati ambeien berdarah. Caranya yaitu ambil 16 lembar daun binahong kemudian rebus bersama dengan 3 gelas air hingga mendidih dan air tersisa 1 gelas. Air hasil rebusan tersebut diminum setiap hari.

7. Obat bengkak kandung kemih

Cara pembuatan obat bengkak kandung kemih menggunakan daun binahong yaitu dengan menyiapkan 10 lembar daun binahong dan kumis kucing bersama dengan 4 gelas air hingga tersisa sekitar 3 gelas air. Minum ramuan tersebut untuk satu hari.

8. Kelancaran haid

Daun binahong juga berkhasiat untuk melancarkan haid. Caranya yaitu dengan menggunakan iga lembar daun binahong yang direbus bersama dengan dua gelas air sampai mendidih hingga air tersisa satu gelas, kemudian ramuan tersebut diminum setiap hari.

9. Obat ambien berdarah

Daun binahong bisa berkhasiat untuk mengobati ambien berdarah, cara pengobatannya yaitu dengan menggunakan 16 lembar daun binahong yang direbus bersama dengan 3 gelas air bersih hingga air tersisa menjadi segelas. Hasil rebusan tersebut diminum setiap hari.

10. Obat bengkak kandung kemih

Cara membuat obat bengkak kandung kemih yaitu dengan menggunakan 10 lembar daun binahong dan 5 lembar daun kumis kucing yang direbus dengan 4 gelas air hingga air mendidih dan tersisa sekitar 3 gelas. Minum ramuan tersebut setiap harinya sampai berangsur sembuh.

11. Meredakan kolesterol

Kolesterol yang terlalu tinggi bisa mengganggu sistem peredaran darah. Peredaran darah yang tidak lancar bisa mengganggu penumpukan. Penumpukan kolesterol tersebut lambat laun bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Daun binahong dengan kandungan senyawanya bisa mengurangi kolesterol. Caranya sangat mudah, yaitu cukup dengan merebus daun binahong bersama dengan air secukupnya. Kemudian air tersebut diminum setiap hari.

12. Mengurangi asam urat

Asam urat yang menumpuk pada sendi bisa mengganggu aktifitas sehari-hari. Jika dibiarkan dalam jangka lama bisa membentuk kristal yang menyebabkan kelumpuhan, tentu hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja, anda bisa mencari solusinya dengan memanfaatkan daun binahong ini, yaitu dengan merebusnya bersama dengan air secukupnya kemudian diminum setiap hari.

13. Kanker ginjal

Daun binahong bisa berkhasiat mengobati kanker ginjal, caranya yaitu siapkan 15 gram daun binahong dan 15 gram daun keladi tikus bersama dengan 5 gelas air bersih. Biarkan hingga mendidih hingga air tersisa menjadi sekitar 3 gelas, kemudian tambahkan gula aren secukupnya. Minum ramuan tersebut secara rutin setiap harinya.

14. Kencing manis

Daun binahong juga bisa berkhasiat untuk mengobati kencing manis, caranya yaitu siapkan 10 lembar daun binahong dan rebus bersama dengan 3 gelas air hingga air tersisa menjadi sekitar 1 gelas, kemudian ramuan tersebut diminum setiap harinya.

15. Obat patah tulang

Cara pengobatan patah tulang menggunakan daun binahong yaitu dengan menyiapkan 10 - 20 lembar daun binahong, kemudian direbus bersama dengan 3 gelas air hingga air tersisa sekitar satu gelas, minum ramuan tersebut setiap hari.

16. Obat paru-paru

Cara membuat obat paru-paru dengan menggunakan daun binahong yaitu dengan merebus daun binahong bersama dengan dua gelas air hingga air tersisa satu gelas, kemudian air ramuan tersebut diminum setiap harinya.

17. Obat gegar otak ringan

Cara membuat obat gegar otak ringan menggunakan daun binahong yaitu dengan menyiapkan 10 lembar dan air dua gelas, kemudian direbus sampai mendidih hingga air tersisa sekitar satu gelas, minum ramuan tersebut secara rutin hingga berangsur sembuh.

18. Untuk mengatasi usus bengkak

Cara untuk mengatasi usus bengkak menggunakan daun binahong yaitu dengan menyiapkan 3 lembar daun binahong bersama dengan 3 gelas air, rebus hingga mendidih sampai air tersisa menjadi sekitar 1 gelas. Hasil air rebusan tersebut diminum setiap hari.

Manfaat untuk kecantikan

1. Obat gatal-gatal eksim kulit

Cara membuat obat gatal menggunakan daun binahong yaitu dengan menyiapkan 10 - 15 lembar daun binahong yang direbus bersama dengan 3 gelas air hingga air tersisa sekitar 2 gelas. Air rebusan tersebut diminum setiap hari.

2. Untuk mengatasi jerawat

Daun binahong juga bisa mengatasi masalah jerawat. Caranya yaitu merebus 8 lembar daun binahong bersama dengan 2 gelas air hingga mendidih dan air tersisa sekitar 1 gelas, kemudian minum setiap hari. Bisa juga dengan membuat masker dari daun binahong. Caranya yaitu siapkan 5 lembar daun binahong, kemudian oleskan pada wajah secara merata menjelang tidur.

3. Menjaga kesehatan wajah

Daun binahong juga bisa efektif untuk menjaga kesehatan wajah agar selalu nampak berseri. Cara membuatnya sangat mudah sekali. Caranya yaitu tumbuk 5 lembar daun binahong kemudian oleskan pada wajah menjelang tidur.

Efek samping daun binahong

Daun binahong ini memiliki beberapa efek samping, diantaranya yaitu bisa menyebabkan pusing, imsonia, gelisah, sakit kepala. mual, muntah, kesemutan, susah buang air kecil, dan detak jantung berdebar lebih kencang.

Jangan menggunakan daun binahong dengan stimulan lainnya seperti kaffein. Hal ini bisa meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping, termasuk bisa mengancam jiwa. Buat ibu hamil dan menyusui disarankan tidak mengkonsumsi daun binahong ini. Selain itu daun binahong juga bisa menyebabkan nyeri dada.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Dan Efek Samping Daun Binahong Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.