Manfaat dan Cara Membuat Masker Semangka untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat dan cara membuat masker semangka untuk kecantikan kulit wajah - Siapa sih yang tidak suka semangka? Kebanyakan orang menyukai buah yang satu ini. Selain menyegarkan, semangka juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A serta zat alami lainnya pada semangka dapat menjaga kesehatan tubuh secara alami.

Tahukah anda kalau semangka ternyata bermanfaat juga untuk kecantikan? Ya, semangka memiliki kandungan alami yang dapat membantu merawat kulit wajah agar tetap bersih, berseri, lembab, lembut, dan tentu lebih cantik. Ada banyak manfaat dari semangka untuk kecantikan kulit, bahkan anda bisa menjadikan semangka sebagai bahan perawatan utama.

Untuk memanfaatkan semangka sebagai bahan perawatan tidaklah sulit, anda cukup menjadikan semangka sebagai masker kecantikan kulit wajah. Namun sebelum membuat maskernya, anda perlu mengetahui manfaat masker semangka lebih detail lagi.
Manfaat dan Cara Membuat Masker Semangka untuk Kecantikan Kulit Wajah
Manfaat dan Cara Membuat Masker Semangka untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat masker semangka

1. Dapat dijadikan sebagai toner alami

Semangka mengandung buah alami yang mampu membuat kulit menjadi cerah alami. Dengan menjadikan semangka sebagai toner alami, anda bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat. Anda cukup mencampurkan irisan semangka dengan madu lalu oleskan pada kulit wajah sampai leher secara merata. Lakukan perawatan ini secara rutin.

2. Pembersih make up

Semangka juga bisa anda gunakan untuk membersihkan make up pada kulit. Anda cukup memanfaatkan air perasan kulit semangka yang anda usapkan pada wajah yang sudah dibersihkan dengan air hangat. Setelah diusap perlahan lalu bilas dengan air bersih.

3. Dapat melembabkan kulit wajah

Masker semangka juga bermanfaat untuk membuat wajah menjadi lebih lembab. Anda bisa melakukan perawatan rutin menggunakan masker semangka untuk melembabkan kulit wajah anda. Tentu saja wajah akan terbebas dari kekeringan. Lakukan perawtaan secara rutin.

4. Dapat mengurangi minyak berlebih

Jika kulit anda selalu mengeluarkan minyak berlebihan, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan semangka. Gunakan semangka sebagai masker untuk mengurangi dan bahkan mengatasi masalah minyak berlebihan. 

5. Membuat kulit lebih lembut dan bercahaya

Selain mengurangi minyak berlebih, anda juga bisa membuat kulit anda menjadi lebih lembut dan bercahaya. Hanya dengan perawatan alami menggunakan masker semangka, anda sudah bisa mendapatkan kulit yang lebih lembut dan bercahaya secara perlahan. Anda hanya perlu mencampurkan semangka dengan sirsak lalu jadikan sebagai masker.

Baca juga : Cara alami mencerahkan kulit wajah dengan cepat

6. Melembabkan kulit

Kulit yang kering memang terasa tidak nyaman. Bahkan membuat penampilan menjadi tidak maksimal, akhirnya anda tidak percaya diri lagi. Untuk mengatasi masalah kulit kering, cukup gunakan masker semangka sebagai bahan perawatan. Kulit akan lebih lembab dan tidak kering lagi.

7. Menghilangkan jerawat

Anda juga bisa menghilangkan jerawat secara alami tanpa menggunakan produk yang mengandung bahan kimia berbahaya. Manfaatkanlah semangka dan gunakan sebagai masker alami. Dengan perawatan rutin menggunakan masker semangka ini akan membuat jerawat anda secara perlahan menghilang. 

8. Mencegah penuaan dini

Jika anda tidak ingin mengalami penuaan dini, rutinlah dalam melakukan perawatan kulit, terutama kulit wajah. Anda bisa memilih semangka sebagai bahan utama. Masker semangka ini mampu menjaga kulit agar tetap kencang, berseri, lembab, dan sehat.

Cara membuat masker semangka

1. Masker semangka dengan alpukat

Mengapa alpukat? Sebab, alpukat memiliki hubungan erat dengan kecantikan. Alpukat dapat melembabkan kulit dan menjaga kulit dari kekeringan. Untuk membuat masker semangka dengan alpukat, anda cukup mencampurkan semangka dengan alpukat lalu dihaluskan. Kemudian jadikan sebagai masker alami. Tunggu selama 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Masker semangka dengan pisang

Anda juga bisa mencampurkan semangka dengan pisang untuk dijadikan sebagai masker. Dengan campuran semangka dan pisang ini akan dapat membantu mengencangkan dan melembabkan kulit anda. Kandungan vitamin B2, B6, B12 pada masker semangka pisang ini akan dapat mengurangi jerawat, peradangan, dan juga masalah komedo. Cukup campurkan kedua bahan dan haluskan, oleskan pada wajah anda secara merata.

3. Masker semangka dengan gula

Gula memiliki rasa yang manis. Ternyata bukan hanya rasanya saja yang manis, tapi juga bisa membuat wajah anda menjadi manis. Anda bisa membuat masker semangka dengan campuran gula untuk perawatan kulit wajah anda. Masker ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan kotoran dalam pori-pori. Cukup campurkan kedua bahan dan haluskan lalu oleskan pada kulit wajah. Tunggu setengah kering lalu bilas dengan air bersih.

4. Masker semangka dengan yogurt

Yogurt adalah salah satu bahan yang cocok untuk digunakan sebagai campuran masker semangka. Kandungan pada yogurt mampu membuat kulit wajah menjadi lebih lembut dan cantik. Campurkan 100 gram semangka dengan 1 sdm yogurt serta 1 sdm madu. Aduk hingga merata. Lalu aplikasikan pada kulit wajah anda. Tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Cara Membuat Masker Semangka untuk Kecantikan Kulit Wajah. Semangka tidak hanya sebagai buah yang segar saja, namun juga dapat dijadikan sebagai masker kencantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.