Manfaat dan Cara Membuat Masker Kopi

Manfaat dan cara membuat masker kopi - Kopi adalah salah satu bahan minuman yang diminati oleh banyak orang. Terlebih lagi bagi mereka yang sering kerja malam atau sering begadang. Kopi bagaikan minuman wajib yang harus dikonsumsi setiap kali begadang. Tapi tahukah anda kalau kopi tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering atau terlalu berlebihan.

Namun kalau untuk perawatan, kopi memang memiliki segudang manfaat baik untuk kulit, terutama kulit wajah. Anda bisa memanfaatkan kopi untuk perawatan kulit wajah anda agar terlihat tetap sehat, cerah, tidak kering, dan tentunya terlihat lebih cantik. Kopi memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi seperti flavonoid dan polifenol. Kandungan tersebut sangat efektif melindungi dan mencegah kulit dari serangan radikal bebas.

Dengan memanfaatkan bubuk kopi sebagai masker, anda bisa mendapatkan kulit wajah yang cantik sempurna. Tentunya harus dilakukan secara rutin perawatan tersebut. Berikut ini beberapa manfaat dari kopi yang anda jadikan sebagai masker:

Manfaat dan Cara Membuat Masker Kopi
Manfaat dan Cara Membuat Masker Kopi

1. Mencerahkan kulit wajah yang kusam

Kulit wajah yang kusam memang terasa tidak nyaman dan sangat mengganggu, baik mengganggu aktifitas maupun penampilan. Anda bisa memanfaatkan masker kopi ini untuk mengatasi masalah kulit yang kusam. Dengan masker kopi, kulit anda akan menjadi lebih cerah dan terbebas dari kekusaman.

2. Menangkal radikal bebas

Kopi memiliki kandungan dua zat antioksidan yaitu flavonoid dan polifenol. Kandungan tersebut dapat menangkal radikal bebas yang akan menyerang kulit wajah. Sehingga wajah terbebas dari serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini. Gunakanlah kopi sebagai bahan perawatan rutin agar kulit anda tetap sehat dan cantik.

3. Meminimalkan resiko kanker kulit

Kanker kulit memang telah menjadi momok menakutkan bagi semua orang, terutama bagi wanita yang lebih memperhatikan kecantikan dan kesehatan kulit. Untk mencegah atau meminilaisir resiko terjadinya kanker kulit, anda bisa memanfaatkan masker kopi untuk perawatan. Kandungan didalamnya mampu mencegah terjadinya kanker kulit.

4. Mengontrol kelurnya minyak

Minyak yang berlebihan memang sangat mengganggu penampilan. Anda bisa mencegah keluarnya minyak secara berlebihan dengan memanfaatkan kopi sebagai masker perawtan kulit. Kandungan didalamnya mampu mengatur keluarnya minyak dengan baik. Jadi anda akan terbebas dari minyak yang berlebihan maupun kekurangan.

5. Menghilangkan selulit

Pernah mengalami selulit? Selulit sangat mengganggu penampilan. Meski tidak begitu terlihat, tapi akan sangat memalukan jika sampai terlihat. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan kopi untuk mengatasi masalah selulit. Kandungan pada kopi mampu mengatasi masalah selulit yang sulit untuk dihilangkan. Anda bisa menjadikan kopi sebagai perawatan dengan mencampurkan sedikit minyak zaitun.

Baca juga : Penyebab dan cara alami mengatasi selulit

6. Menghilangkan bekas luka, bekas jerawat dan noda hitam

Bekas luka pada kulit, baik itu di wajah maupun bagian tubuh lainnya, anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan kopi. Bukan hanya itu, kopi juga mampu menghilangkan noda hitam dan bekas jerawatan pada kulit wajah anda. Anda cukup menjadikan kopi sebagai masker perawatan wajah secara rutin.

7. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang besar memang menjadi penyebab terjadinya berbagai masalah kulit wajah. Seperti datangnya jerawat, komedo, dan masalah kulit lainnya. Agar itu tidak trjadi, anda bisa mulai melakukan perawatan dengan menggunakan kopi. Jadikan kopi sebagai masker kulit wajah yang anda aplikasikan secara rutin.

8. Mengencangkan kulit

Kulit yang kencang memang idaman bagi setiap orang, khususnya para wanita. Anda bisa mengencangkan kulit wajah anda dengan mudah dan aman hanya dengan memanfaatkan kopi. Jadikan kopi sebagai masker kulit wajah dan aplikasikan pada wajah anda secara rutin. Kandungan didalamnya akan membantu anda dalam mengencangkan kulit, sehingga kulit akan awet muda.

Baca juga : Cara alami mengencangkan kulit wajah

9. Menghilangkan flek hitam

Flek hitam pada kulit wajah memang sangat terlihat. Jadi ini sangat mengganggu penampilan. Agar anda bisa lebih percaya diri, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan masker kopi. Kandungan pada kopi mampu menyamarkan flek hitam dan menghilangkannya secara perlahan. Cukup menggunakan masker kopi dan lakukan perawatan secara rutin.

Cara membuat masker kopi

Setelah anda mengetahui beberapa manfaat dari masker kopi. Kini saatnya anda melakukan perawatan menggunakan masker kopi. Untuk cara pembuatannya, anda bisa menyimak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Campurkan 3 sdt bubuk kopi dengan 1 sdt minyak zaitun atau susu murni
2. Oleskan campuran ketiga bahan tersebut pada wajah anda secara merata
3. Lakukan pijatan secara perlahan dengan gerakan memutar dalam waktu lima menit
4. Diamkan makser tersebut antara 15-20 menit hingga masker mengering
5. Kemudian bersihkan dengan air dingin hingga benar-benar bersih. 

Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Cara Membuat Masker Kopi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.