Manfaat dan Cara Membuat Masker Kentang

Manfaat dan cara membuat masker kentang - Kentang adalah salah satu makanan sumber pati, vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk pencernaan tubuh. Anda bisa memasukkan kentang sebagai menu makanan yang anda konsumsi setiap hari.

Berbicara tentang kentang. Tahukah anda kalau ternyata kentang tidak hanya baik untuk kesehatan, melainkan juga sangat baik untuk kecantikan. Ya, anda bisa memanfaatkan kentang sebagai masker perawatan kulit wajah anda. Kentang kaya akan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit.

Sebelum anda melakukan perawatan, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dari manfaat masker kentang ini. Masker kentang memiliki banyak manfaat yang mungkin bisa menambah pengetahuan anda. Berikut ini beberapa manfaat masker kentang:
Manfaat dan Cara Membuat Masker Kentang
Manfaat dan Cara Membuat Masker Kentang

 Manfaat masker kentang

1. Mencerahkan kulit

Kulit anda akan lebih cerah dan bersih dengan menggunakan masker kentang sebagai perawatan. Kandungan dalam kentang dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang ada pada wajah anda. Sehingga wajah anda akan tampak lebih berseri, cerah, dan tentunya terlihat lebih sehat. Anda cukup melakukan perawatan dengan menggunakan masker kentang ini secara rutin.

2. Mengurangi keriput

Anda bisa mengurangi keriput pada wajah anda hanya dengan menggunakan masker kentang. Kandungan dalam kentang mampu menjaga kulit wajah anda agar tetap halus dan awet muda. Kulit anda akan tampak lebih segar dan lebih fresh. Sehingga anda akan terhindar dari masalah kulit keriput maupun penuaan dini.

3. Mengatasi kulit kering

Kulit yang kering memang terasa tidak nyaman. Bukan hanya mengganggu kenyamanan, tapi juga penampilan yang membuat kita merasa tidak percaya diri. Untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan masker kentang. Kandungan pada masker kentang ini mampu membuat kulit tetap terjaga kelembabannya. Jadi, tidak perlu takut kering lagi. Lakukan perawatan secara rutin.

4. Menghilangkan luka akibat terbakar

Luka bakar, baik itu memang terbakar atau luka karena terkena benda keras, anda bisa mengobatinya dengan menggunakan masker kentang ini. Bukan hanya pada wajah saja, tapi juga pada bagian tubuh lainnya. Cukup oleskan masker kentang pada area yang terdapat luka bakar. Anda juga bisa menggunakan masker kentang ini untuk mengatasi masalah kulit yang terasa terbakar akibat sinar matahari. Sebab kandungan kentang dapat mendinginkan dan mengembalikan kesegaran kulit.

5. Menghilangkan mata panda

Mata panda memang membuat kita merasa tidak percaya diri saat tampil didepan banyak orang. Sebab hal ini akan mengganggu penampilan. Namun anda bisa mengatasi maslaah mata panda dengan memanfaatkan kentang. Jadikanlah kentang sebagai masker yang bisa anda gunakan untuk perawatan kulit sekitar mata. Sehingga secara peralahan kulit yang menghitam sekitar mata akan hilang.

6. Mengatasi mata bengkak

Mata yang bengkak juga bisa anda atasi dengan memanfaatkan masker kentang. Kentang memiliki kandungan yang dapat mengatasi masalah bengkak pada sekitar mata. Untuk caranya, anda bisa menempelkan irisan kentang pada mata anda. Diamkan beberapa jam hingga benar-benar terasa lebih nyaman.

Baca juga : Penyebab mata bengkak dan cara mengatasinya

Cara membuat masker kentang

Dari beberapa manfaat masker kentang diatas, mungkin sudah cukup untuk menambah pengetahuan kita tentang manfaat masker kentang. Banyaknya manfaat masker kentang sangat dianjurkan bagi kita untuk memanfaatkannya sebagai bahan perawatan. Adapun cara membuat masker kentang adalah sebagai berikut:

1. Masker kentang dengan putih telur

Kombinasi kedua bahan, yaitu kentang dengan putih telur memang sangat cocok dan efektif mengatasi masalah kulit wajah. Untuk membuat masker kentang dengan campuran putih telur, caranya cukup campurkan kentang yang telah diblender dengan putih telur. Aduk hingga merata. Lalu aplikasikan pada kulit wajah anda secara merata. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk.

2. Masker kentang dengan minyak zaitun

Masker kentang dengan campuran minyak zaitun juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo, dan lain sebagainya. Rebus kentang hingga empuk. Lalu haluskan kentang dengan blender dan campurkan minyak zaitun secukupnya serta 2 sendok teh murni. Aduk hingga merata hingga seperti adonan pasta. Aplikasikan pada kulit wajah anda lalu tunggu selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Masker kentang dengan susu

Kentang yang dikombinasikan dengan susu juga sangat efektif mengatasi masalah kulit wajah yang kurang maksimal, baik itu kulit wajah yang kering, terlalu berminyak, dan sebagainya. Caranya, parut satu buah kentang hingga halus. Campurkan dengan dua sendok makan susu cair dan beberapa tetes gliserin. Setelah tercampur rata, aplikasikan pada kulit wajah anda secara merata. Bilas dengan air dingin hingga bersih.

Demikianlah informasi tentang Manfaat dan Cara Membuat Masker Kentang. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.