Manfaat Dan Bahaya Santan Kelapa Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Bahaya Santan Kelapa Bagi Kesehatan - Seperti yang telah kita ketahui santan kelapa merupakan sari dari daging buah kelapa, dimana yang telah kita ketahui kelapa banyak memiliki khasiat buat menjaga kesehatan tubuh. Namun banyak juga yang berpendapat jika santan kelapa tidak baik buat kesehatan, mungkin karena santan kelapa banyak mengandung minyak atau lemak yang tinggi. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai beberapa manfaat dan bahaya santan kelapa bagi kesehatan. Agar anda tidak penasaran dengan isinya langsung saja anda simak beberapa keterangan di bawah ini, semoga bisa bermanfaat. Berikut Manfaat dan bahaya santan kelapa bagi kesehatan.
Manfaat Dan Bahaya Santan Kelapa Bagi Kesehatan
Manfaat Dan Bahaya Santan Kelapa Bagi Kesehatan

A. Kandungan gizi atau nutrisi santan kelapa

Nama bahan makananm : Santan kelapa peras dengan air
Jumlah kandungan energi : 122 kkal
Jumlah kandungan protein : 2 gram
Jumlah kandungan lemak : 10 gram
Jumlah kandungan karbohidrat : 7,6 gram
Jumlah kandungan kalsium : 25 mg
Jumlah kandungan fosfor : 30 mg
Jumlah kandungan zat besi : 0 mg
Jumlah kandungan Vitamin A : 0 mg
Jumlah kandungan vitamin B 1 : 0 mg
Jumlah kandungan vitamin C : 2 mg

B. Manfaat santan kelapa untuk kesehatan

1. Kaya akan antioksidan

Santan kelapa kaya akan kandungan antioksidan yang bisa berkhasiat untuk melawan radikal bebas serta melindungi diri dari kerusakan sel.

2. Memperkuat imunitas

Kandungan vitamin C dalam santan kelapa bisa berkhasiat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Flu serta infeksi akan semakin jarang terjadi jika mau mengkonsumsi santan kelapa secara rutin.

3. Mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam santan kelapa bisa bermanfaat dalam mencegah anemia atau kekurangan darah. Anemia bisa terjadi karena tubuh tidak memproduksi hemoglobin dengan jumlah yang cukup untuk aktifitas sehari-hari. Akibatnya anda akan menjadi cepat capek dan lemas.

4. Menguatkan tulang

Tulang yang kuat tidak hanya berasal dari kandungan kalsium saja, tetapi fosfor yang terdapat dalam santan kelapa juga bisa membantu dan menyehatkan tulang anda.

5. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan, serat dan lemak yang terdapat dalam santan kelapa bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Jadi jika anda ingin tampil selalu awet muda maka tidak ada salahnya jika anda rutin mengkonsumsi santan kelapa.

6. Menyehatkan kulit kepala

Kandungan nutrisi yang banyak terdapat dalam santan kelapa ternyata juga bisa berkhasiat untuk menyehatkan kepala jika digunakan secara teratur. Hal ini tidak terlepas dari khasiat menyuburkan rambut.

7. Mengencangkan kulit

Santan kelapa dipercaya mampu untuk memperketat kulit atau mampu untuk mencegah penuaan dari rambut anda. Biasanya dalam masalah ini wanita sangat memperhatikannya, mungkin santan kelapa bisa menjadi alternatifnya.

8. Menyuburkan rambut

Minyak yang berasal dari santan kelapa yang sudah diproses perasan kelapa yang berupa amplas kelapa bisa berkhasiat untuk menyuburkan serta menghitamkan rambut. Jika anda tidak percaya mungkin anda bisa mencobanya sendiri.

C. Bahaya makanan bersantan

Perlu diketahui jika setiap 100ml atau 100 gram santan kelapa mengandung kolesterol sekitar 90%, anda bisa bayangkan sendiri jika ternyata tiap hari anda selalu mengkonsumsi makanan yang bersantan. Kolesterol adalah prekusor utama yang membentuk vitamin D, hormon estorgen serta testosteron. Vitamin D serta kedua hormon tersebut sangat penting untuk menjaga keseimbangan pembentukan serta perusakan tulang untuk mencegah munculnya orteoporosis atau pengkroposan tulang.

Demikianlah informasi tentang  Manfaat Dan Bahaya Santan Kelapa Bagi Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.