Manfaat Dan Bahaya Garam Atau Makanan Asin Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Dan Bahaya Garam Atau Makanan Asin Bagi Kesehatan Tubuh - Air garam sudah dikenal sejak dahulu banyak memiliki khasiatnya dalam bidang kesehatan. Diantara manfaat garam dalam bidang kesehatan yaitu bisa menghilangkan racun dari dalam tubuh, bisa meningkatkan kekebalan tubuh, bisa mengurangi sakit gigi, dan lain sebagainya. Namun di balik segudang manfaat garam juga terdapat bahaya garam jika dikonsumsi secara sering atau berlebihan. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa manfaat dan bahaya garam atau makanan asin bagi kesehatan tubuh. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan di bawah ini, semoga bisa bermanfaat. Berikut Manfaat dan bahaya garam atau makanan asin bagi kesehatan tubuh.
Manfaat Dan Bahaya Garam Atau Makanan Asin Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Dan Bahaya Garam Atau Makanan Asin Bagi Kesehatan Tubuh

A. Manfaat garam bagi kesehatan

1. Membantu pemeliharan kelenjar tiroid

Banyak sekali manfaat garam yang bisa kita dapatkan, diantaranya yaitu bisa membantu pemeliharaan kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid memiliki peran penting dalam mengatur metabolisme tubuh.

2. Membantu menghilangkan racun dari tubuh

Garam beryodium bisa berkhasiat membantu menghilangkan racun-racun kimia di dalam tubuh, seperti racun yang berasal dari air raksa, fluoried, serta racun biologis lainnya.

3. Membantu proses pertumbuhan rambut

Garam beryodium banyak sekali khasiatnya, diantaranya yaitu bisa membantu proses pertumbuhan rambut lebih cepat, karena jika kekurangan yodium bisa menyebabkan rambut mudah sekali rontok.

4. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Diantara manfaatnya lagi dari garam beryodium yaitu bisa berkhasiat untuk mencegah perkembangan bakteri yang merugikan di dalam perut.

5. Mengurangi sakit gigi dan bau mulut

Kebiasaan berkumur menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam bisa mengurangi rasa sakit gigi yang berdenyut serta juga bisa menghilangkan bau mulut.

Baca juga : Cara ampuh dan cepat atasi sakit gigi

6. Menghilangkan pegal di kaki

Merendam kaki dalam air hangat yang telah dicampur dengan garam bisa menghilangkan rasa pegal di kaki, kemudian lakukan dengan bergantian pada air yang dingin niscaya kaki anda akan pulih sedia kala dan hilang rasa pegalnya.

B. Bahaya garam atau makanan asin bagi kesehatan

1. Obesitas

Diantara efek samping jika kelebihan asupan garam yaitu bisa menyebabkan obesitas. Obesitas merupakan kondisi tubuh yang membahayakan karena bisa beresiko terkena penyakit kronis lain. Makanan yang asin biasanya akan membuat rasa haus. Sehingga anda akan meminum cairan lebih banyak. Jika anda meminum air putih maka bisa mengurangi resiko. Namun jika anda meminum teh manis maka bisa menyebabkan obesitas.

2. Resiko asma

Konsumsi makanan yang tinggi garamnya bisa menyebabkan resiko asma. Terutama pada anak-anak di bawah usia 12 tahun. Kondisi ini bisa terjadi karena makanan yang asin bisa menyebabkan alergi yang membuat penderita mengalami sesak napas, maka dari itu sebaiknya batasi pemakaian garam pada makanan anak-anak.

3. Demensia ( kehilangan memori )

Penyakit demensia umumnya dialami oleh orang usia lanjut karena gangguan sistem memori pada otak. Demensia memiliki pengaruh besar karena menyebabkan penderita kehilangan memori. Sehingga penderita tidak bisa berfikir secara jernih.

4. Kelebihan air dalam tubuh

Orang yang terlalu sering mengkonsumsi makanan asin bisa menyebabkan tubuh kelebihan jumlah cairan. Karena ketika makan makanan yang asin akan terasa sangat haus, sehingga kondisi seperti ini bisa menyebabkan perut kembung.

5. Resiko penyakit maniere

Orang yang biasa mengkonsumsi makanan asin juga bisa menyebabkan resiko penyakit maniere. Penyakit seperti ini ditandai dengan kerusakan pada bagian telinga yang diawali dengan gejala mual, kurang pedengaran, muntah serta hilangnya nafsu makan.

6. Osteoporosis

Osteoporosis yaitu kondisi pengeroposan tulang yang sering terjadi pada wanita yang sudah mengalami menopause. Sering memakan makanan asin bisa membuat tubuh tidak bisa menyerap makanan yang mengandung kalsium dengan baik.

7. Penyakit ginjal

Kebanyakan konsumsi makanan yang asin bisa menyebabkan ginjal bekerja keras untuk mengeluarkan kalsium dalam tubuh. Ginjal akan menyaring semua zat termasuk kalsium untuk dikeluarkan menjadi urin.

8. Meningkatkan resiko tekanan darah tinggi

Konsumsi garam yang berlebihan juga bisa beresiko meningkatkan tekanan darah tinggi. Rasa asin bisa merangsang tekanan darah naik dengan cepat cepat. Bahkan resikonya bisa lebih besar jika penderitanya tidak melakukan olah raga secara teratur.

9. Resiko stroke

Stroke merupakan kondisi yang berbahaya ketika pasokan darah ke otak menjadi berhenti. Kondisi tersebut bisa menyebabkan oksigen tidak bisa mengalir ke otak serta menyebabkan sel-sel pada otak mati. Stroke bisa terjadi ketika pembuluh darah mengalami sumbatan sehingga darah berhenti mengalir ke otak.

10. Serangan jantung koroner

Penyakit jantung koroner yaitu sebuah kondisi ketika pasokan darah dalam jantung berhenti akibat tersumbat sehingga menyebabkan jantung tidak bisa memompa darah ke semua bagian organ tubuh. Serangan jantung koroner bisa berbahaya karena bisa menyebabkan kematian mendadak dan sering tidak disertai dengan gejala.

11. Resiko kanker perut

Orang yang sering mengkonsumsi makanan asin bisa memiliki resiko terkena kanker perut. Penumpukan garam di dalam usus juga bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri serta kerusakan sel di dalam perut.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Dan Bahaya Garam Atau Makanan Asin Bagi Kesehatan Tubuh. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.