Manfaat Dan Bahaya Cabai Untuk Kesehatan

citra indah

Manfaat Dan Bahaya Cabai Untuk Kesehatan - Cabai biasa dikenal sebagai bumbu masakan yang memiliki cita rasa khas yang pedas. Tanaman cabai terkadang banyak kita jumpai di pekarangan rumah. Hal ini karena tanaman cabai sangat mudah sekali untuk ditanam serta tidak memerlukan banyak tempat. Meskipun cabai sering kita kaitkan dengan gangguan perut, namun ternyata cabai banyak menyimpan manfaat yang sangat berguna bagi tubuh. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa manfaat cabai dan bahaya cabai untuk kesehatan. Agar anda tidak penasaran dengan isinya langsung saja anda simak beberapa keterangan dari kami, semoga bisa bermanfaat. Berikut Manfaat dan bahaya cabai untuk kesehatan.
Manfaat Dan Bahaya Cabai Untuk Kesehatan
Manfaat Dan Bahaya Cabai Untuk Kesehatan

Manfaat cabai untuk kesehatan

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Warna meraah pada cabai merupakan sinyal kandungan tinggi betakarotin dan pro vitamin A. Hanya dengan dua sendok teh cabai merah bisa memberikan sekitar 6% dari nilai harian untuk vitamin C. Selain itu ditambah dengan 10% nilai harian vitamin A. Vitamin A tersebut bisa berfungsi sebagai pertahanan tubuh yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Ada peneliti medis yang baru-baru ini mengabarkan jika kandungan capsaicin dan dihydrocapsiate pada cabai bisa membantu meningkatkan pengeluaran energi selama beberapa jam setelah mengkonsumsi cabai. Selain itu rasa kenyang yang diberikan secara teknis bisa membantu tubuh dalam rencana penurunan berat badan untuk mengurangi asupan kalori.

Baca juga : Cara alami menurunkan berat badan dengan cepat

3. Membantu sistem pencernaan

Diantara manfaat cabai yang terkenal yaitu bisa membantu melancarkan proses pencernaan. Cabai juga bisa meningkatkan produksi enzim dan asam lambung, sehingga hal ini bisa membantu dalam proses metabolisme makanan.

4. Membantu produksi air liur

Cabai rawit bisa berfungsi memberikan stimulan dalam membantu produksi air liur yang merupakan kunci penting dalam sistem pencernaan yang baik serta menjaga kesehatan mulut secara optimal.

5. Meredakan nyeri sendi

Cabai sangat kaya kandungan capsaicin, cabe rawit bisa menyebabkan munculnya rasa sakit sementara pada kulit, yang mengirim pesan kimiawi dari kulit ke sendi, sehingga bisa meredakan rasa nyeri pada sendi.

6. Meredakan sakit kepala

Ada sebuah study uji klinis yang telah sukses melakukan penelitian bahwa capsaicin yang dikemas dalam cream Zostrix telah terbukti bisa meredakan sakit kepala, terutama jika diterapkan dalam hidup dua kali dalam sehari.

7. Melancarkan sistem pernapasan

Kandungan capsaicin tidak cuma mengurangi rasa sakit, namun juga bisa merangsang sekresi yang membantu membersihkan lendir pada hidung serta mengatasi sesak pada paru-paru.

8. Mencegah kanker prostat

Capsaicin cabai adalah senyawa yang bertanggung jawab menghentikan penyebaran sel-sel kanker prostat melalui berbagai mekanisme. Kandungan capsaicin bisa membunuh sel kanker prostat serta merangsang pertumbuhan hormon laki-laki agar tidak terpengaruh.

Bahaya cabai untuk kesehatan

1. Kandungan capsaicin dalam cabai awalnya memunculkan peradangan lokal setelah terjadi kontak dengan selaput lendir halus pada ronggo mulut, perut dan tenggorokan. Kemudian menghasilkan sensasi terbakar parah yang dianggap sebagai panas melalui ujung saraf bebas di mukosa.

2. Hindari menyentuh mata dengan jari yang telah terkontaminasi dengan cabai. Bilas mata secara menyeluruh dengan air dingin untuk mengurangi iritasi.

3. Kandungan senyawa kimia seperti aflatoksin bisa kita temukan dalam cabai yang telah diketahui bisa menyebabkan gangguan hati, perut dan usus besar.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Dan Bahaya Cabai Untuk Kesehatan. Cabai tidak hanya sebagai pemberi rasa pedas saja pada masakan, namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Namun mengkonsumsi terlalu banyak cabai atau makanan pedas juga tidak baik untuk kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.