Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

citra indah

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Buah sering kali dikatakan sebagai buah yang merakyat, karena selain harganya yang murah, buah pepaya juga banyak mengandung nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, selain itu buah pepaya juga bisa bermanfaat dalam bidang kecantikan.

Sebagian orang hanya mengenal buah pepaya sebaga buah yang segar dan manis rasanya. Padahal jika kita teliti lebih dalam sebenarnya buah pepaya banyak sekali khasiatnya, diantaranya yaitu bisa memperlancar sistem pencernaan dan membantu metabolisme dalam tubuh.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas artikel mengenai beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan. Agar pembasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan di bawah ini, semoga bisa bermanfaat.
Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kandungan gizi buah pepaya

Vitamin A
Vitamin B komplek
Vitamin C
Niacin
Kalsium
Protein
Lemak
Karbohidrat
Kalium
Fosfor
Zat besi
kalori
Riboflavin
Papain

Manfaat pepaya untuk kesehatan

 1. Anti inflamasi

Kandungan chymopapain dan enzim papain dalam buah pepaya memiliki efek anti peradangan ( anti inflamasi ) serta membantu dalam penyembuhan luka bakar. Antioksidan seperti vitamin C dan betakarotin juga bisa menurunkan efek inflamasi, jadi buah ini sangat baik sekali untuk dikonsumsi.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh ( imunitas )

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami dengan yang namanya meriang, flu, atau demam yang datang secara tiba-tiba, hal tersebut bisa terjadi karena menurunnya sistem kekebalan tubuh seseorang. Buat anda yang sering mengalami hal tersebut anda bisa mencobanya dengan mengkonsumsi buah pepaya untuk mengatasinya.

3. Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah pepaya bisa berkhasiat untuk meningkatkan penglihatan. Dengan mengkonsumsi rutin buah pepaya setiap hari bisa menjaga penglihatan tetap normal dan terjaga kesehatannya.

4. Obat demam atau malaria

Ambil selembar daun pepaya, tumbuk sampai memenuhi setengah gelas, tuangkan air sebanyak seperempat gelas, dan masukkan sedikit garam, peras daun pepaya kemudian saring dan ambil airnya, minum tiga kali dalam sehari, lakukan langkah tersebut secara rutin hingga berangsur sembuh.

5. Obat untuk menambah nafsu makan

Jika and atau mungkin dengan si kecil sedang tidak memiliki nafsu makan, untuk mengatasi masalah ini anda mungkin bisa memakai solusi dengan daun pepaya. Caranya yaitu ambil selembar daun pepaya, cuci bersih kemudian lumatkan dengan tangan, tambahkan sedikit garam dan seperempat gelas air, peras dan ambil airnya kemudian minum.

6. Mengobati luka pada kulit

Selain daging buahnya yang enak, kulit pepaya juga memiliki khasiat untuk mengobati luka, maka dari itu jika anda menderita iritasi maupun luka gores pada kulit, anda bisa mencobanya dengan pengobatan menggunakan bahan alami ini.

7. Membersihkan racun pada tubuh

Banyak dari kita yang menyukai makanan cepat saji, padahal makanan tersebut terkadang banyak mengandung zat-zat yang berbahaya, zat tersebut bisa merubah racun yang berbahaya. Maka dari itu mengkonsumsi buah pepaya secara rutin bisa menetralkan racun-racun tersebut.

8. Melancarkan pencernaan

Sudah banyak diketahui orang jika kita kesulitan BAB maka solusi yang paling mudah yaitu dengan mengkonsumsi buah pepaya. Buah pepayan selain sanga baik untuk melancarkan pencernaan juga bisa mencegah kanker usus besar. Gabungan antara vitamin C, betakarotin, vitamin E, serat makana, dan folat bisa menurunkan resiko terkena kanker kolon.

9. Mengatasi gangguan pernapasan

Diantara gangguan pencernaan yaitu bronkitis, sesak napas dan batuk. Dengan mengkonsumsi buah pepaya bisa membantu mengatasi masalah ini. Karena dalam buah pepaya mengandung lateks yang bisa bermanfaat untuk mengatasi gangguan pernapasan.

10. Mencegah hipertensi

Buah pepaya mengandung kalium yang sangat tinggi, kandungan tersebut berguna untuk mengotrol natrium. Selain itu kandungan kalium tersebut juga bisa bermanfaat untuk menjaga tekanan darah serta meningkatkan kewaspadaan mental.

11. Melindungi dari penyakit jantung

Kandungan nutrisi yang tinggi dalam buah pepaya bisa bermanfaat untuk mencegah dan melindungi diri dari penyakit jantung, selain itu nutrisi juga bisa berguna untuk menjaga tubuh agar terhindar dari kanker usus besar, aterosklerosis, serta infeksi. Vitamin B, asam folat, serat, mineral, serta magnesium bisa membantu mencegah penyakit jantung.

Manfaat untuk kecantikan

1. Sebagai pembersih

Kandungan enzim dalam buah pepaya bisa berguna sebagai antibakteri yang bisa membunuh bakteri pada wajah kita. Wajah yang kotor bisa memunculkan sel kulit mati. Perpaduan antara pepaya dan yoghurt bisa membuat kulit menjadi lebih bersih, karena adanya kandungan laktat yang memiliki fungsi yang sama pada yoghurt.

2. Sebagai pemutih wajah

Pepaya bisa digunakan sebagai pemutih wajah yang sifatnya alami. Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak atau pergi ke klinik kecantikan untuk mencari solusi wajah yang putih, anda cukup menggunakan pepaya dan gel lidah buaya secara rutin, hal tersebut bisa membuat wajah anda menjadi semakin putih.

3. Melembabkan kulit

Buah pepaya sangat tinggi kandungan airnya, maka dari itu pepaya sangat baik untuk melembabkan kulit, caranya yaitu haluskan daging buah pepaya dan campurkan sedikit madu, kemudian jadikan masker pada wajah, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

4. Merawat kulit yang terbakar matahari

Buah pepaya bisa merawat kulit yang terbakar sinar matahari, kandungan vitamin C dan air yang tinggi bisa memberikan efek yang dingin pada kulit yang terbakar, menghentikan kerusakan kulit, serta bisa meremajakan kulit.

5. Menjadikan kulit kencang

Kandungan antioksidan dalam buah pepaya bisa berkhasiat untuk menjaga sel dari serangan radikal bebas serta mempertahankan kekenyalan, untuk menjadikan kulit terasa lebih kencang, campurkan pepaya yang telah dihaluskan dengan madu dan tepung beras. Pakailah masker pepaya pada wajah dan diamkan selama sekitar 15 menit. Lakukan langkah ini 3 kali dalam seminggu.

6. Mengangkat sel kulit mati

Jika anda memiliki masalah dengan kulit yang kusam atau bercak hitam akibat bekas jerawat, anda tidak perlu khawatir karena dalam masalah ini buah pepaya bisa menjadi solusinya karena dalam buah pepaya terkandung vitamin A dan papain yang manjur untuk eksfoliasi.

7. Mencegah jerawat

Daging buah pepaya yang berfermentasi bisa membantu melarutkan sel-sel kulit mati serta memberikan kesegaran dan kecerahan kulit. Hal ini bisa membantu membuka pori-pori yang tersumbat serta mencegah timbulnya jerawat.


Demikianlah informasi tentang  Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.