Dampak Buruk Kurang Tidur bagi Kesehatan dan Kecantikan

Dampak buruk kurang tidur bagi kesehatan dan kecantikan - Bagi sebagian orang, tidur larut malam atau biasa disebut dengan begadang adalah suatu kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan. Entah itu karena ada tugas atau aktivitas tertentu yang membuatnya harus begadang, atau memang kemauannya sendiri untuk tidur malam, atau juga memang terdapat riwayat penyakit yang membuatnya tidur larut malam.

Memang sesekali tidak ada masalah kalau kita ingin begadang. Mungkin saja memang karena pekerjaan kita pas dapat sift malam, atau mungkin juga karena ada aktivitas lainnya. Tapi tetap ingat, tidur malam yang terus-menerus bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Bahkan dapat merusak kesehatan. Jangan jadikan tidur malam sebagai kebiasaan. Biasakan tidur tepat waktu agar kesehatan tetap terjaga.

Tidur larut malam bisa disebabkan oleh banyak hal, selain faktor keinginan dan juga kebiasaan, ada juga karena faktor penyakit yang memang membuatnya tidak bisa tidur tepat waktu, salah satunya penyakit insomnia. Sehingga membuat seseorang penderitanya menjadi kurang tidur. Apa saja sih dampak negatif dari kurang tidur? Berikut ini beberapa dampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan:
Dampak Buruk Kurang Tidur bagi Kesehatan dan Kecantikan
Dampak Buruk Kurang Tidur bagi Kesehatan dan Kecantikan

Dampak buruk untuk kesehatan

1. Kekebalan tubuh menurun

Jika anda memiliki kebiasaan kurang tidur atau selalu tidur malam, maka hal itu bisa membuat kesehatan anda terganggu, salah satunya adalah kekebalan tubuh anda menjadi menurun. Saat tidur, tubuh akan tetap memproduksi sitokin dan antibodi yang bisa melawan infeksi. Jadi kalau kekurangan tidur juga akan kekurangan sitokin yang akhirnya akan membuat tubuh menjadi lemah.

2. Gangguan tidur berat

Orang yang memiliki kebiasaan kurang tidur juga rentan terserang gangguan tidur yang berat seperti insomnia dan paranoid. Beberapa gejala yang sering terjadi adalah sakit kepala, tubuh akan lelah, dan sering tidak bisa tiduk. Jika ini selalu terjadi, maka akan bisa menyerang sistem kekebalan tubuh dan bahkan penyakit kronis.

3. Depresi

Depresi juga akan terjadi jika anda selalu kurang tidur setiap harinya. Orang yang kurang tidur, sering begadang atau tidur larut malam akan menjadi sensitif terhadap segala hal, termasuk perasaan. Jika mengalami masalah lebih besar maka akan lebih rentan tidak bisa menanganinya dan akhirnya terjadilah depresi dan stres.

4. Menghambat pertumbuhan

Hal ini berlaku untuk semuanya, namun terutama bagi anak-anak sampai dewasa. Jika lebih sering begadang, tidur terlalu larut malam, dan juga kurang tidur akan bisa menghambat pertumbuhan. Hormon pertumbuhan yang dikeluarkan akan sedikit sehingga menyebabkan otot menjadi lemah. Bahkan hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh pada titik tertentu.

5. Ingatan yang buruk

Kurang tidur bukan hanya mengganggu kesahatan tubuh, tapi juga bisa mempengaruhi ingatan. Ya, kinerja otak akan menjadi menurun yang disebabkan karena kurang tidur. Memori dalam otak pun tidak akan bisa menyimpan ingatan lebih lama lagi dari sebelumnya. Jadi, akan sangat merugikan sekali bagi yang kurang tidur. Ingatan menjadi lemah, buruk, dan bisa menjadi pikun.

6. Resiko pikun

Seperti pada poin 5. Bahwa tidur yang terlalu larut malam, sering begadang, dan juga kurang tidur bisa menyebabkan seseorang mengalami ingatan buruk dan kemudian akan mengalami kepikunan. Jika anda ingin ingatan anda tetap kuat meski sudah tua, yang perlu anda lakukan adalah jangan terlalu sering begadang dan tidurlah yang cukup. Sebab kurangnya tidur bisa menyebabkan kepikunan.

7. Berat badan berlebih

Kemungkinan juga anda akan mengalami kenaikan badan jika selalu tidur larut malam. Bukan hanya sekedar naik, bahkan naik berkali-lipat. Sebab kurang tidur atau tidur larut malam akan membuat anda mudah lapar dan makan berlebihan bahkan sembarangan tanpa memperdulikan kandungan gizi. Akhirnya lemak dan kolesterol akan bertambah dan menyebabkan berat badan berlebih sampai obesitas.

8. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah juga bisa meningkat secara drastis jika anda selalu berkebiasaan begadang dan kurang tidur. Tekanan darah tinggi atau hipertensi ini disebabkan karena tidak bisa menetralkan sistem pembuluh darah kerja jantung yangtidak bisa maksimal. Pembuluh darah yang tidak bisa bekerja dengan baik inilah yang menjadikan tekanan darah naik.

9. Penyakit jantung

Seseorang yang kurang tidur juga bisa beresiko terkena serangan jantung atau penyakit jantung lainnya. Sebab kurang tidur membuat tekanan darah naik pesat yang memicu datangnya penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena jantung tidak memompa darah dengan baik sehingga kesehatannya menjadi terganggu.

10. Stroke

Setelah membahas penyakit jantung, kemudian mungkin saja akan berlanjut pada penyakit stroke. Sebab penyakit jantung sangat identik dengan stroke. Kondisi ini disebabkan karena masalah pada pembuluh darah yang membuat sistem pada otak menjadi terganggu. Terhentinya aliran darah pada otak ini bisa menyebabkan pembekuan yang memicu stroke.

11. Kematian yang bahkan mendadak

Ini merupakan suatu kemungkinan yang bisa saja terjadi. Ya, jika sering tidur malam dan kekurangan tidur atau kurang istirahat bisa menyebabkan terjadinya kematian. Bahkan kematian ini akan terjadi secara mendadak. Tanpa diduga akibat kurnag tidur bisa menyebabkan kematian mendadak. Hal ini disebabkan penyakit komplikasi akibat kurang tidur.

12. Kurang produktif

Kurang tidur bisa menyebabkan tubuh anda terasa tidak nyaman. Anda akan mengalami berbagai macam gangguan seperti emosi, rasa ngantuk berat di siang hari, mudah marah, mudah tersinggung, malas, dan sebagainya. Akibatnya tubuh anda akan menjadi kurang produktif. Bagi pelajar atau mahasiswa tidak akan bisa mengikuti pelajaran dengan baik, dan pekerja tidak bisa bekerja dengan baik pula.

13. Resiko kerusakan tulang

Sama halnya yang telah dijelaskan diatas. Bahwa seseorang yang sering tidur larut malam atau begadang atau kurang tidur bisa menyebabkan tulang-tulang menjadi melemah dan sistem kekebalan menurun. Inilah yang bisa menyebabkan kerusakan pada tulang atau yang biasa disebut dengan osteoporosis. Mineral sum-sum tulang belakang mengalami penurunan yang menyebabkan osteoporosis.

Efek buruk bagi kecantikan

1. Mata panda

Efek buruk bagi kecantikan saat anda kekurangan tidur atau istirahat adalah mata panda. Ya, mata panda ini salah satu efek buruk bagi kecantikan kulit wajah anda. Akan terdapat lingkaran hitam pada sekitar mata anda yang sangat mengganggu penampilan. Ini disebabkan karena kurang tidur ataupun sering berada dilayar monitor.

2. Keriput

Bukan hanya mata panda, kulit anda pun akan mudah berkeriput. Jika anda kurang tidur, secara perlahan kulit akan berkeriput lebih cepat dan menyebabkan penuaan dini. Kurang tidur akan meningkatkan inflamasi yang mengurangi kolagen. Akhirnya kulit menjadi keriput dan kusam.

3. Penuaan dini

Seperti halnya poin 3. Kulit anda akan berkeriput dan muncul garis-garis halus serta tanda penuaan dini lainnya. Padahal usia anda masih jauh dibawah tua, namun kulit anda sudah mendekati tua akibat kurang tidur. Hal ini disebabkan regenerasi sel kulit yang rusak yang mengakibatkan tidak bisa berjalan dengan optimal yang akhirnya menjadikan kulit terlihat lebih tua.

4. Jerawat dan alergi

Kurang tidur akan meningkatkan inflamasi yang juga bisa memembuat kulit wajah anda dipenuhi oleh jerawat serta alergi. Kulit akan menjadi lebih sensitif dan mudah mengalami iritasi. Inilah mengapa kita harus tidur cukup serta tepat waktu agar terbebas dari jerawat.

Demikianlah informasi tentang Dampak Buruk Kurang Tidur bagi Kesehatan dan Kecantikan. Idealnya kita tidur 7-8 jam dalam semalam. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.