Cara Alami Menghilangkan Garis Halus dan Kerutan di Bawah Mata

rina

Cara alami menghilangkan garis halus dan kerutan dibawah mata - Kerutan yang muncul dibawah mata memang terkadang mengganggu penampilan setiap orang. Bahkan kita sendiri terkadang merasa kurang percaya diri bila terdapat kerutan yang muncul dibawah mata.

Kerutan atau garis-garis kecil pada area mata ini biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti radikal bebas, merokok, sinar matahari, stres, dehidrasi, kekurangan nutrisi kulit, faktor genetik, gizi buruk, kurangnya perawatan, polusi udara, dan lain sebagainya. Jika tidak diimbangi dengan selalu memberikan asupan nutrisi baik untuk kulit dan juga olahraga rutin, tentu kulit bawah mata anda akan lebih mudah mengerut. Apalagi kalau tidak pernah melakukan perawatan.

Berbicara tentang kerutan atau garis halus dibawah mata, sebenarnya anda bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Jadi, anda tidak perlu menggunakan produk yang mengandung bahan kimia berbahaya. Berikut ini beberapa cara alami menghilangkan garis halus dan kerutan dibawah mata:

Cara Alami Menghilangkan Garis Halus dan Kerutan di Bawah Mata
Cara Alami Menghilangkan Garis Halus dan Kerutan di Bawah Mata

1. Mentimun

Kandungan air yang melimpah pada mentimun ini mampu menyegarkan dan melembabkan kulit di area wajah. Anda bisa memanfaatkan mentimun untuk mengatasi masalah kulit seperti garis halus dan kerutan bawah mata. Anda cukup iris mentimun tipis-tipis lalu tempelkan pada area mata anda. Tunggu 15 menit hingga kering.

2. Masker semangka

Anda juga bisa menjadikan semangka sebagai masker perawatan kulit wajah. Masker semangka ini mampu menghilangkan garis halus dan kerutan yang ada dibawah mata. Haluskan buah semangka. Ambil air perasan semangka tersebut. Simpan dalam kulkas selama 24 jam. Oleskan air semangka yang sudah beku ini pada kulit wajah anda terutama pada bagian kerutan.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker semangka

3. Masker nanas

Nanas kaya akan kandungan serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, nanas juga memiliki manfaat baik untuk kecantikan, yaitu mengatasi masalah kerutan dan garis halu dibawah mata. Cucilah buah nanas lalu ambil dagingnya. Usapkan daging nanas pada kulit wajah anda merata. Diamkan 15 menit. Lalu cuci wajah anda dengan air hangat.

4. Madu

Madu telah dipercaya khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Anda bisa memanfaatkan madu ini untuk mengatasi garis halus dan kerutan dibawah mata. Oleskan madu pada kulit wajah anda khususnya apda area mata. Tunggu 20-30 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin. 

5. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang banyak dipilih para orang-orang cerdas. Sebab buah ini mampu menguatkan ingatan setiap orang yang memakannya. Namun anda juga bisa memanfaatkan untuk masalah kecantikan. Pisang ini dapat menghilangkan kerutan pada area mata. Haluskan 1-2 buah pisang hingga seperti krim. Oleskan pada permukaan kulit wajah. Tunggu 30 menit dan bilas dengan air hangat.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu minyak yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Kandungan pada minyak kelapa ini mampu menghaluskan dan melembutkan kulit wajah. Jika terdapat kerutan pada wajah, anda bisa mengatasinya dengan minyak kelapa. Oleskan pada kulit wajah anda dan tunggu 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

7. Minyak zaitun

Sama halnya dengan minyak kelapa. Minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Anda bisa melakukan perawatan kulit dengan menggunakan minyak zaitun. Kandungan didalamnya dapat mengatasi masalah kulit seperti kerutan. Oleskan pada kulit wajah disertai pijatan perlahan. Diamkan beberapa menit lalu bersihkan.

8. Alpukat

Apukat merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin E, B, folat, dan kandungan lainnya yang sangat baik untuk kecantikan kulit. Anda bisa melakukan perawatan kulit dengan menggunakan alpukat. Letakkan sepotong buah alpukat pada area mata. Lakukan tekanan buahnya perlahan agar minyak alpukat keluar dan terserap oleh kulit. Setelah itu tunggu dan bilas dengan air bersih.

9. Kantung teh celup bekas

Anda sering membuat teh celup setiap pagi atau malamnya? Jika anda sering, jangan dibuang kantung celupnya. Kantung celup bekas tersebut  bisa anda manfaatkan untuk perawatan kulit wajah. Mata yang bengkak maupun kerutan pada area mata bisa anda atasi dengan kantung teh celup bekas. Simpan pada lemari es. Setelah membeku lalu tempelkan pada area mata.

Baca juga : Manfaat luar biasa kantung teh bekas untuk kecantikan

10. Air mawar

Air mawar biasa digunakan untuk mandi para ratu di jaman dahulu. Sebab, manfaatnya yang sangat baik untuk kecantikan kulit. Tahukah anda kalau ternyata air mawar dapat mengatasi masalah kerutan pada area mata? Anda bisa memanfaatkannya untuk perawatan kulit area mata dan seluruh wajah. Anda cukup oleskan langsung air mawar pada kulit wajah. Namun untuk lebih maksimal bisa mencampurkan bahan lain seperti madu, minyak zaitun, minyak kelapa, dan kapsul vitamin E. Campurkan semua bahan dan gunakan kapas untuk mengusapkannya pada kulit wajah.

11. Es batu

Es batu dapat memberikan sensasi dingin pada kulit wajah anda. Es batu juga mampu mengatasi masalah kerutan pada area mata anda. Cukup gosokkan es batu pada area mata anda. Lakukan selama 5 menit. Jangan terlalu keras menggosok. Nikmati sensasi dinginnya. Lakukan berulang-ulang dan secara rutin.

12. Putih telur

Telur kaya akan kandungan protein yang sangat baik untuk kesehatan. Namun telur juga sangat baik untuk kecantikan kulit, terutama kulit wajah. Anda bisa memanfaatkan putih telur untuk perawatan kulit wajah. Rebus telur hingga dalamnya mengeras. Belah menjadi dua dan buang kuningnya. Letakkan belahan telur tersebut pada kedua mata anda. Tunggu 1 jam sambil tiduran atau istirahat. Lalu bilas dengan air bersih.
 

Tips mencegah kerutan atau garis halus dibawah mata

Setelah anda melakukan berbagai cara untuk mengatasi atau menghilangkan garis halus atau kerutan dibawah mata. Sekarang anda perlu mengetahui bagaimana cara mencegahnya. Ini ditujukan agar anda tidak lagi mengulangi kesalahan yang menjadi penyebab timbulnya kerutan. Berikut ini beberapa tips untuk mencegahnya:
  • Batasi aktivitas di siang hari dan usahakan selalu rileks. Saat beraktivitas disiang hari hindarilah terik matahari yang menyengat. Sinar tersebut akan membuat kulit menjadi kendur. Dan aktivitas berlebihan di siang hari akan memperparah kerutan pada kulit. 
  • Biasakan untuk tidak merokok serta tidak mendekati orang yang sedang merokok. Sebab, rokok maupun asapnya dapat menyebabkan hilangnya kelembaban kulit alami. Bukan hanya itu, rokok dan asapnya juga dapat menyebabkan penuaan dini lebih cepat. 
  • Pastikan anda selalu memenuhi cairan dalam tubuh anda. Sebab kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan terjadinya kerutan pada kulit bawah mata. 
  • Istirahatlah dengan cukup. Jangan terlalu sering begadang dan usahakan untuk selalu tidak begadang. Sebab selalu begadang bisa membuat kerutan dibawah mata bahkan pada seluruh kulit.
  • Usahakan selalu menghindari masalah yang membuat anda stres. Jika anda memiliki masalah berat selesaikan dengan hati yang tenang agar tidak stres. Stres bisa membuat kulit anda semakin lebih cepat tua. Bukan hanya itu, diet yang buruk dan dan tekanan berlebihan pada mata seperti sering didepan layar juga bisa menyebabkan kerutan. Hindari itu semua.
  • Lebih seringlah mengkonsumsi ikan salmon. Sebab sangat baik untuk menyingkirkan kerutan pada area sekitar bawah mata. Kandungan protein ekstra serta omega 3 dan asam lemak pada ikan salmon sangat baik untuk kulit dan tubuh kita.
Demikianlah informasi tentang Cara Alami Menghilangkan Garis Halus dan Kerutan di Bawah Mata. Garis harus dibawah mata merupakan tanda penuaan yang dapat merusak penampilan kita, jadi harus segera kita atasi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.