Sejuta Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

rina

Sejuta manfaat minyak zaitun untuk kesehatan - Minyak zaitun dikenal juga dengan sebutan olive oil, yaitu digunakan untuk melembabkan kulit. Ya, baik itu kulit wajah maupun kulit tubuh lainnya akan bisa menjadi lebih lembab, halus, dan tidak kering.

Selain untuk melembabkan kulit, minyak zaitun juga memiliki manfaat lain yang perlu anda ketahui, yaitu untuk kesehatan tubuh. Ya, minyak zaitun bukan hanya bermanfaat untuk kecantikan saja, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Anda bisa memanfaatkan bahan alami seperti minyak zaitun ini untuk meningkatkan kesehatan dalam tubuh anda.

Ada banyak manfaat yang terdapat pada minyak zaitun. Dan itu semua perlu untuk anda ketahui agar bisa memanfaatkannya dengan benar. Berikut ini sejuta manfaat minyak zaitun yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan kesehatan anda: 

Sejuta Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan
Sejuta Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang tinggi didalam tubuh dapat menjadi pemicu datangnya berbagai macam penyakit berbahaya. Yaitu, penyakit jantung, stroke, dan sebagainya. Sebab itu diwajibkan bagi kita untuk selalu menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil, Anda bisa menjaganya dengan mengkonsumsi minyak zaitun. Kadar lemak tak jenuh didalamnya mampu menstabilkan kolesterol pada tubuh anda.

Baca juga : Cara alami menurunkan kolesterol yang tinggi

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Minyak zaitun juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi ekanan darah tinggi pada tubuh anda. Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga berkaitan erat dengan berbagai macam penyakit lainnya. Hal ini juga berkaitan dengan kerjanya kolesterol. Apabila kolesterol turun, maka tekanan darah juga akan ikut menurun. Anda bisa memilih minyak zaitun untuk mengatasinya.

Baca juga : Penyebab dan cara mengatasi tekanan darah tinggi

3. Mengurangi resiko demensia

Demensia atau kepikunan juga bisa anda atasi dengan memanfaatkan minyak zaitun sebagai obat alaminya. Biasanya kepikunan dialami oleh orang tua, tapi tidak menutup kemungkinan dialami oleh para remaja. Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun untuk menyembuhkan. Kandungan omega 3 dan omega 6 didalamnya mampu menjaga dan mengembangkan sel otak.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung anda juga akan lebih terjaga jika anda rutin mengkonsumsi minyak zaitun. Kandungan lemak tak jenuh didalamnya akan membantu menjaga jantung agar tetap sehat. Kolesterol pun bisa terkontrol dengan baik. Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin agar kesehatan jantung tetap terjaga.

5. Mengurangi resiko stroke

Hampir mirip dengan penyakit jantung koroner, hanya saja stroke menyerang otak manusia. Yaitu terhalangnya pembuluh darah yang seharusnya mengalir ke otak. Hal ini menyebabkan si penderita tidak bisa menggerakkan tubuhnya. Salah satu cara untuk mengatasinya dan mencegahnya adalah mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin.

6. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan pada minyak zaitun yang cukup tinggi ternyata juga dapat membantu anda untuk mencegah penyakit kanker. Senyawa hidroksitirosol yang terdapat pada antioksidan sangat baik untuk membantu dalam menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh sehingga memberikan manfaat untuk mencegah pertumbuhan sel yang tidak normal penyebab kanker.

7. Mencegah diabetes

Manfaat lain dari diabetes yaitu dapat mencegah terjadinya diabetes. Kadar gula dalam darah dapat diturunkan dengan baik bila mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin. Minyak zaitun ini dapat mencegah datangnya penyakit diabetes melitus. Oleh sebab itu konsumsi minyak zaitun dengan rutin agar terhindar dari penyakit diabetes.

Baca juga : Cara mudah cegah diabetes sejak dini

8. Menyehatkan usus

Minyak zaitun mengandung senyawa bernama oleuropein aglycone yang dapat berperan penting dalam menyuplai darah ke bagian usus. Senyawa tersebut dapat mengurangi resiko rusaknya jaringan usus yang disebabkan oleh gejala leukimia atau kurangnya aliran darah dalam sel. Sebab itu konsumsilah minyak zaitun secara rutin agar terhindar dari berbagai macam penyakit usus.

9. Mengurangi terjadinya penyakit maag

Penyakit maag memang suka kambuh di waktu yang tidak tepat. Bakan disaat bekerja di kantor pun sering kambung. Anda bisa mengatasi penyakit yang satu ini dengan memanfaatkan minyak zaitun sebagai obat alaminya. Minyak zaitun memberikan efek positif yang dapat melindungi tubuh dari timbulnya kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit maag.

10. Menghilangkan nyeri

Minyak zaitun juga memiliki kandungan oleokantal yang dapat membantu mencegah peradangan. Hampir sama dengan penghilang rasa sakit ibuprofen atau sejenis obat penghilang radang lainnya. Minyak zaitun ini juga dapat membantu menyembuhkan luka lecet, luka bakar, luka sobek, atau perdadangan lainnya yang bisa menyebabkan nyeri. Bahkan nyeri yang tak tertahankan sekalipun.

Manfaat lain dari minyak zaitun untuk kesehatan

Selain manfaat diatas, ada juga manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari minyak zaitun. Kandungan didalamnya mampu memberikan khasiat dan manfaat yang luar biasah bagi tubuh. Berikut ini manfaat lain untuk kesehatan:
1. Menurunkan kadar dalam tubuh
2. Mencegah kanker kulit
3. Mencegah kanker calon
4. Menghilangkan migren
5. Mengurangi dan mencegah diabetes
6. Menghilangkan penyakit kurap
7. Meredakan konstipasi
8. Mencegah infeksi jamur
9. Menghilangkan penyakit eksim
10. Mencegah kanker lainnya

Manfaat lain dari minyak zaitun untuk kecantikan

Selain untuk kesehatan, minyak zaitun juga terbukti banyak manfaat baik untuk kecantikan tubuh, terutama kecantikan kulit. Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun untuk perawatan tubuh anda agar lebih sehat dan cantik. Berikut manfaatnya untuk kecantikan:
1. Menunda penuaan dini
2. Menghilangkan strech mark
3. Melembabkan kulit wajah
4. Melembabkan bibir
5. Memanjangkan rambut

Demikianlah informasi tentang Sejuta Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.