Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Alami Mengobatinya

rina

Penyebab gusi bengkak dan cara alami mengobatinya - Sakit gigi memang terasa sangat menyakitkan, Bahkan banyak yang bilang "Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi". Hmm, mungkin itu benar. Sebab sakit gigi membuat kita susah untuk berpikir apapun. Bahkan aktivitas apapun terasa tidak nyaman. Tak jarang juga tubuh susah digerakkan hanya karena sakit gigi.

Ketika gigi anda sakit, bukan berarti selalu gigi anda yang bermasalah, mungkin saja ada masalah pada gusi anda. Ya, salah satunya adalah gusi bengkak. Gusi yang membengkak akan terlihat membesar yang hampir sama dengan gondong. Biasanya gusi yang membengkak ini disebabkan oleh kelalaian kita dalam mengunyah makanan. Ya, tidak memperhatikan makanan yang kita kunyah akhirnya terkena gusi yang sensitiv dan akhirnya membengkak.

Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang mungkin jarang diketahui oleh kebanyakn orang. Agar anda lebih berhati-hati lagi, perlu anda ketahui apa saja penyebab dari pembengkakan gusi.
Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Alami Mengobatinya
Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Alami Mengobatinya

Penyebab Gusi Bengkak

  • Gingvitis atau radang gigi yaitu infeksi yang disebabkan oleh virus atau jamur tertentu yang membuat gusi menjadi bengkak
  • Gigi yang berkarang
  • Perawatan gigi yang kurang
  • Kurangnya dalam menjaga kebersihan mulut
  • Suka mengkonsumsi makanan yang kurang sehat
  • Gigi yang berlubang
  • Pemakaian kawat gigi atau behel secara berkala tanpa perawatan atau konsultasi ke dokter gigi.

Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab dari bengkaknya gusi. Yang perlu anda ketahui selanjutnya adalah bagaimana caranya agar gusi anda bisa kembali normal dan tidak bengkak lagi. Sebab kalau gusi yang bengkak bukan hanya menimbulkan rasa sakit, tapi juga bau mulut yang tidak sedap. Berikut ini beberapa cara alami untuk mengobatinya:

1. Air garam

Jika gigi anda sakit, entah itu gusi yang bengkak atau sebagianya. Anda bisa mengobatinya dengan menggunakna air rendaman garam. Satu sendok makan garam yang dimasukkan dalam satu gelas air hangat yang anda gunakan untuk berkumur akan dapat meringankan rasa sakit pada gusi anda yang bengkak. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari.

2. Jeruk lemon

Anda juga bisa memanfaatkan jeruk lemon dengan cara diperas dan ambir air jeruknya lalu masukkan kedalam gelas. Lalu campur dengan air hangat. Gunakan berkumur setiap harinya selama 5 menit. Melakukan cara ini secara rutin akan membantu mengurangi rasa sakit dan juga mengurangi bau mulut.

3. Daun sirih

Daun sirih juga memiliki kandungan yang bermanfaat mengatasi gusi bengkak. Cukup ambil 10 helai daun sirih. Campurkan knyit dan garam secukupnya. Lalu masukkan ketiga bahan tersebut dalam 500cc air dan biarkan hingga mendidih. Saring airnya kemudian gunakan air tersebut untuk berkumur atau juga bisa diminum.

Baca juga : Manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan

4. Lada hitam dan minyak cengkih

Anda bisa memanfaatkan lada hitam dan minyak cengkih untuk mengobati gusi bengkak. Caranya cukup mudah. Oleskan minyak cengkih dengan sedikit lada hitam pada area gusi yang membengkak. Cara ini dapat membantu meredakan rasa nyeri atau rasa sakit pada gusi anda yang membengkak. Lakukan cara ini dengan rutin agar lebih cepat sembuh.

5. Pijatan gusi

Lakukanlah pijatan-pijatan ringan pada gusi anda yang membengkak. Cara ini bisa membuat rasa sakit anda lebih berkurang. Yaitu dengan cara memijatkan jari anda pada pipi yang bertepatan pada gusi yang bengkak. Pijat dengan gerakan melingkar secara perlahan. Ini akan membuat gusi anda terasa lebih baik.

6. Baking soda

Anda juga bisa menggunakan baking soda untuk berkumur selain menggunakan cara diatas. Baking soda ini juga bisa berfungsi sebagai obat kumur yang mampu mengurangi rasa sakit pada gusi dan mencegah tersebarnya gakteri penyebab gusi membengkak. Lakukan cara ini secara rutin namun jangan berlebihan.

7. Merubah pola makan

Ubahlah pola makan anda menuju pola makan yang lebih sehat. Pola makanan yang tidak teratur dan sembarangan akan mendatangkan banyak penyakit. Dan pola makan yang tidak teratur juga dapat membuat gusi anda menjadi bengkak. Makananlah teratur dan pilihlah makanan bergisi serta tidak terlalu keras.

8. Sikat gigi secara rutin

Sikat gigi secara rutin mampu menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit gigi. Dengan sikat gigi rutin pun bisa membantu anda mengobati gusi yang bengkak. Sikat gigi sehari minimal 2 kali, yaitu di pagi hari dan sore atau malam. Tapi ingat, lakukan sikat gigi dengan cara yang benar agar mendapatkan manfaat yang sempurna serta tidak mendapatkan efek negatifnya karena salah menyikat.

Demikianlah informasi tentang Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Alami Mengobatinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.