Penyebab dan Cara Mengatasi Pigmentasi

Penyebab dan cara mengatasi pigmentasi - Bercak hitam pada kulit atau yang biasa disebut dengan pigmentasi memang menjadi gangguan tersendiri bagi penampilan masing-masing. Apalagi kalau bercak hitam itu muncul di kulit wajah, pasti akan lebih mengganggu penampilan.

Ketika muncul bercak hitam pada kulit anda, jangan dibiarkan. Sebaiknya anda segera melakukan tindakan untuk mengatasinya. Sebab jika idak segera ditangani bisa menjadi lebih parah dan tentunya mengganggu anda saat berpenampilan. Percaya diri anda pun menjadi berkurang. Lalu bagaimana caranya agar bercak hitam itu bisa hilang? Tentunya dengan melakukan perawatan rutin setiap harinya. Dan cara yang paling efektif dan paling aman adalah menggunakan cara alami.

Namun sebelum melakukan bagaimana cara mengatasinya, anda perlu tahu dulu apa penyebab dari pigmentasi atau bercak hitam pada kulit. Hal ini ditujukan agar anda tidak melakukan kebiasaan yang menjadi penyebab pigmentasi tersebut.
Penyebab dan Cara Mengatasi Pigmentasi
Penyebab dan Cara Mengatasi Pigmentasi

Penyebab pigmentasi

1. Sinar ultraviolet

Sinar matahari merupakan penyebab utama terjadinya pigmentasi. Sehingga penggunaan sunblock sangatlah penting bagi kita untuk melindungi kulit dari jahatnya sinar ultraviolet. Sinar tersebut merusak gugus sulfihidril di epidermi sehingga tidak berkaitan dengan ion Cu dan enzim tirosinase. Sehingga tidak ada yang menghambat proses pigmentasi yang membuat pigmen-pigmen terbentuk menjadi flek.

2. Hormon

Hormon juga merupakan salah satu penyebab timbulnya pigmentasi. Biasanya yang menjadi penyebab adalah hormon estrogen, progesteron, dan MSH. Pigmentasi ini biasanya terjadi pada ibu hamil, yaitu pada trismester ketiga, dan juga pada pemakai pil kontrasepsi.

3. Obat

Obat-obatan juga berpengaruh pada kulit. Ya, obat-obatan akan memicu timbulnya pigmentasi atau flek di kulit. Jika seseorang mengkonsumsi obat-obatan difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik, dan minosiklin maka flek bisa muncul. Begitulah yang diungkapkan oleh dr. Vinia.

4. Genetik dan ras

Faktor genetik juga mempengarhi kesehatan kulit. Jika anda berketurunan keluarga yang memiliki pigmen berflek hitam, maka wajar jika pigmentasi itu terjadi pada anda. Menurut dokter Vina, timbulnya flek karena faktor keluarga yang mempengaruhi sekitar 20 - 70%. Selain faktor keturunan, ras juga berpengaruh timbulnya flek. Biasanya dijumpai pada golongan hispanik dan golongan berkulit gelap.

5. Kosmetika

Beberapa jenis kosmetik juga dapat mempengaruhi terjadinya pigmentasi, terutama pada kulit wajah. Segala jenis kosmetik khususnya yang mengandung parfum atau bahan-bahan tertentu dapat menyebabkan fotosensitivitas.

6. Polusi udara

Sangat penting bagi kita untuk menggunakan pelindung kulit saat keluar rumah. Agar resiko pigmentasi akibat polusi udara akan berkurang. Sebab polusi udara juga menjadi penyebab terjadinya flek hitam. Terbentuknya flek hitam ini dikarenakan sel kita menciptakan antioksidan dan membebaskan melanin berlebihan untuk membasmi kerusakan akibat bahan yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi kulit.

Cara mengatasi pigmentasi

Setelah anda tahu beberapa penyebab dari pigmentasi. Sekarang saatnya anda melakukan penanganan dengan cepat dan efektif. Tentunya menggunakan bahan alami yang hasilnya akan alami juga. Berikut ini beberapa cara mengatasi pigmentasi dengan bahan alami:

1. Alpukat

Alpukat kaya akan kandungan vitamin C dan asam oleat yang sangat baik untuk peremajaan kulit. Alpukat juga dapat mengobati hiperigmentasi. Dengan menggunakan pasta yang berbahan alpukat pada kulit wajah anda, warna kulit alami pada wajah anda akan kembali normal dan terbebas dari flek hitam.

Baca juga : Manfaat masker alpukat dan cara membuatnya

2. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan vitamin A atau retinol, betakaroten, enzim papain, dan beberapa kandungan gizi lainnya. Buah pepaya ini sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk menghilangkan pigmentasi kulit, cukup membuat jus pepaya lalu oleskan pada kulit anda secara merata. Lakukan secara rutin selama satu bulan untuk melihat hasilnya.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker pepaya

3. Almond dan susu

Campuran almond dengan susu ini merupakan kombinasi yang sangat baik untuk mengaasi masalah kulit. Pigmentasi juga disebabkan oleh kulit yang kekeringan. Kandungan pada almon dan susu dapat melembabkan kulit sekaligus menghapus bintik pigmentasi kulit. Sehingga mencegah kekeringan pada kulit anda sekaligus menambah kecerahan kulit. Rendam almond semalaman kemudian buat pasta dengan cara mencampurnya dengan susu cream. Oleskan pada daerah berpigmen.

4. Madu dan almond

Blender satu sendok makan bubuk almond dengan satu sendok teh madu dan satu sendok teh lemon. Oleskan masker pada wajah anda. Tunggu selama 15 menit. Setelah itu lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Baca juga : Manfaat masker madu untuk kecantikan dan cara membuatnya

5. Lemon dan juice kentang

Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat membantu memutihkan kulit. Sedangkan kentang mengandung catecholase yang dapat membantu mencerahkan kulit. Campuran kedua bahan ini dapat anda manfaatkan sebagai masker yang dapat membantu mengatasi masalah pigmentasi.

Baca juga : Manfaat dan cara membuat masker kentang 

6. Mentimun dan lemon

Mentimun sanga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Anda bisa memanfaatkan mentimun untuk mengatasi masalah kulit. Begitu juga dengan lemon yang mengandung vitamin C yang juga sangat baik untuk kecantikan kulit. Parut mentimun dengan menambahkan beberapa tetes lemon. Oleskan pada kulit wajah anda secara merata.

7. Aloe vera

Lidah buaya atau aloe vera memang bermanfaat baik untuk kesehatan rambut. Namun tahukah anda kalau ternyata aloe vera juga sangat baik untuk kesehatan kulit? Anda bisa menggunakan bahan seperti gel lidah buaya, rumput laut, dan madu mentah. Campurkan dan aduk keiga bahan itu secara merata lalu aplikasikan pada kulit wajah anda.

Baca juga : Manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit wajah

8. Bubuk kayu cendana

Anda bisa mencampurkan bubuk kayu cendana ini dengan sesuatu yang asam seperti tomat atau mentimun yang sudah di jus. Gunakan campuran bahan tersebut sebagai masker wajah. Aplikasikan secara merata dan tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air bersih

9. Yoghurt dan tomat

Yoghurt dan tomat merupakan bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Pada zaman dulu, yoghurt dan tomat ini biasa digunakan sebagai masker perawatan kuilt pada masa ratu cleopatra. Gaunakan masker ini secara rutin untuk menghilangkan flek hitam. Cukup siapkan satu buah tomat yang sudah dihaluskan. Campurkan 1sdm yoghurt. Kemudian aduk hingga merata. Oleskan pada wajah.

10. Cuka

Cuka memiliki sifat astringent yang sangat baik untuk perawatan kulit. Kulit akan terbebas dari pigmentasi. Namun anda perlu mengencerkan cuka dengan air agar tidak bebahaya untuk kulit. Cuka memiliki sifat astrigent yang baik. Keasaman yang membuat exfoliator yang baik, menghilangkan sel kulit mati dari permukaan.
Demikianlah informasi tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Pigmentasi. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.